Translate

Tuesday, August 16, 2016

Makanan Kota Padang Yang Harus Anda Coba Sekarang Juga

Setelah melakukan perjalanan jauh tentu anda harus mencicipi makanan di kota Padang. Makanan di kota Padang sangat enak dan anda tentu harus mencobanya. Harga yang masih kompetitif dan tersebar di penjuru kota Padang. Saya pernah mencoba makanan ini dan mempunyai kualitas rasa dan sangat ramah dengan harga. Tempat penjualan sangat mudah dijangkau bahkan anda tentu sangat familiar sekali tempatnya. Saya mengambil jenis menu ini karena dijual dan dimiliki oleh orang Padang asli atau "urang awak" serta keyakinan akan masakan halal. Berikut ini daftar makanan yang harus anda coba sekarang juga jika berada di kota padang. 


1. Martabak Kubang Hayuda.


Martabak yang sangat penomenal sekali di kota Padang. Semua lapisan masyarakat pernah mencoba martabak ini. Rasanya sangat guring dengan campuran bumbu yang sangat sempurna menghasilkan menu hidangan yang sangat enak dan sulit dilupakan. Sebenarnya martabak kubang berasal dari Payakumbuh dimana awal cerita pemilik ingin membuat martabak dengan bahan dasar rendang serta dimodifikasi seperti martabak. Pemilik sangat berhasil membuat makanan ini dan sangat digemari oleh masyarakat. Outlet yang dibuka telah sampai di Jakarta.

Harga : IDR 20,000 an untuk satu porsi martabak kubang.
Jenis Menu Lain : Roti cane, nasi goreng, sate, dll.
Buka Toko : Jam 17:00 - Sampai tengah malam
Alamat : Jl H.Agus Salim dan Jl M.Yamin.


2. Sate Itjap.


Mungkin sate ini pernah anda dengar, karena rasanya berbeda dengan sate Padang pada umumnya. Sate Itjap merupakan jenis sate Padang yang sudah cukup lama tersedia dan hadir di kota Padang, dengan rasa kuah yang sudah disesuaikan dengan lidah nasional serta daging yang sangat empuk. Saya sudah pernah mencoba sate ini dan saya suka dengan rasa dan tekstur daging yang disajikan. Warna kuah merah ditambah dengan taburan bawang goreng membuat sate ini tetap gurih dinikmati.

Harga : IDR 20,000 an untuk satu porsi sate Itjap.
Jenis Menu Lain : Tersedia minuman pilihan.
Buka Toko : Jan 17:00 - Sampai tengah malam.
Alamat : Jl HR Rasuna Said - Padang Baru. Bersebelahan dengan Mesjid Muhsinin.

3. Sate Bundo.


Sate ini sangat berbeda dengan kualitas kuah yang sangat jempolan. Kuah yang tersaji ada campuran dari tulang iga sapi serta sum-sum yang keluar dari proses memasak inilah membuat sate bundo ini menjadi pilihan saya. Dengan ketupat yang lembut dan daging yang empuk ditambah dengan kualitas kuah yang gurih membuat jenis sate ini sangat disukai oleh banyak konsumen.

Harga : IDR 20,000 an untuk satu porsi sate Bundo.
Jenis Menu Lain : Tersedia minuman pilihan.
Buka Toko : Jan 16:00 - sampai tengah malam.
Alamat : Jl Aur Duri - Air Camar. Tepatnya setelah rel kereta jika dari ganting. Posisi sebelah kiri.

4. Nasi Goreng Petai.


Nasi goreng tersaji di meja pada tengah malam sangat berbeda. Dengan tambahan petai sebagai menu utama dalam nasi goreng tentu menjadi hal yang unik serta rasanya gurih. Dengan petai dikunyah kress dan nasi goreng yang nikmat menjadi paduan sempurna untuk satu porsi. Saya sudah mencoba nasi goreng ini dan selalu terus mencoba karena keotentikan dari dulu sampai sekarang tetap sama rasanya. Banyak nasi goreng petai lain yang tersedia disekitar toko, tetapi saya memilih lokasi pertama penjualan nasi goreng petai sebagai pionir di kota Padang.

Harga : Kurang dari IDR 20,000
Jenis Menu Lain : Mie goreng, teh telur, dan menu lainnya.
Buka Toko : Jam 17:00 - sampai tengah malam.
Alamat : Jl MH Thamrin - Alang Laweh. Posisi toko ditengah pertigaan dan lampu lalu lintas serta hotel.


5. Lontong Malam.


Biasanya penjualan menu ini pada pagi hari. Tetapi juga tersedia ditengah malam. Awalnya saya heran kok ada penjual lontong ditengah malam. Dengan konsep masakan tradisional dijual pada waktu malam hari mempunyai sensasi yang berbeda jika dinikmati. Saya mencoba sudah sering kali dengan variasi kuah gulai yang sangat gurih. Mulai dari jenis tauco, nangka, serta sayur pakis menjadi pilihan untuk setiap konsumen. 

Harga : kurang dari IDR 10,000
Jenis Menu Lain : Lontong Pical, Gorengan, dan minuman.
Buka Toko : Jan 18:00 - sampai tengah malam.
Alamat : Jl Dr Sutomo dan disektar Tugu Padang Area.

6. Es Cendol


Minuman tradisional cendol yang ada di kota Padang tentu sangat berbeda. Namanya Es cendol Patimura. Kombinasi antara ampiang (jenis ketan yang disangrai dan ditumbuk) ditambah kelapa, gula merah, dan santan kelapa membuat satu gelas es cendol tidak pernah terlupakan. Sangat unik memang dan disukai disemua lapisan masyarakat.

Harga : kurang dari IDR 15,000
Jenis Menu Lain : Sate Padang dan lainnya.
Buka Toko : Jam 09:00 - sampai sore.
Alamat : Jl Patimura ujung jika dari Permindo dan dekat rumah sakit.

7. Soto Padang.


Jenis soto yang tersedia di Padang tentu berbeda dengan daerah lain. Satu porsi soto Padang terdiri dari jenis bihun, irisan daging atau paru sapi goreng, serta perkedel kentang. Semua bahan ini disiram kuah yang telah berbumbu membuat lidah anda tetap akan bergoyang apabila dicampur dengan satu piring nasi hangat. Saya sering mencoba soto Padang ini dengan tekstur gurih daging dan paru sapi goreng membuat satu piring nasi tidak akan cukup untuk menyantap masakan ini.

Harga : IDr 15,000 - IDR 20,000 per porsi.
Jenis Menu Lain : Tersedia di Toko.
Buka Toko : Jam 10:00 - Sore.
Alamat : Jl Patimura , JL Veteran Pasar Pagi, dan Jl S.Parman (Soto Garuda).

Bagaimana dengan daftar makanan yang ada di kota Padang ini. Tentu menggugah selera anda untuk mencobanya. Semua menu sangat terjangkau dengan kantong anda dan tentunya halal karena proses memasaknya dilakukan oleh orang Padang asli "urang awak" yang memberikan kualitas dalam bumbu serta penyajian. Semoga daftar makanan yang ada di kota Padang ini menjadi referensi wisata kuliner anda jika berkunjung ke kota ini dan selamat menikmati.

No comments:

Post a Comment