Translate

Sunday, February 19, 2017

Bagaimana Cara Mulai Bisnis Sukses

Bosan jadi pegawai?. Memulai bisnis tapi bingung harus mulai dari mana. Setiap orang ingin mulai bisnis menjadi sukses tapi bagaimana cara?. Pertanyaan ini selalu muncul di benak seorang pegawai kantoran yang ingin mencoba peruntungan dibidang bisnis atau perniagaan salah satu cara mencari rezeki yang halal dan di redhoi oleh Allah SWT.

Pertanyaan ini harus dijawab segera supaya angan-angan bisa dimulai dan tidak tertunda lagi. Banyak sekali pertanyaan yang timbul seperti apakah saya mampu? bagaimana nanti jika bisnis ini tidak sukses? apakah usaha ini bisa dijalankan dan dapat menghasilkan untung dikemudian hari? berapa modal yang harus disiapkan, dan seterusnya. Sebenarnya, banyak sekali pertanyaan yang akan muncul sebelum mulai bisnis, bisnis harus ada proses dan akhirnya sukses akan diraih.



Bagaimana cara mulai bisnis sukses perlu ditelisik ke pribadi masing-masing. Dimulai dari mana?. Ini pertanyaan awal yang harus dijawab. Mulailah dari hobi apa yang disukai misalnya potografi, masakan, dagang, atau lain sebagainya. Berangkat dari hobi bisa dimulai sebagai langkah awal untuk menciptakan bisnis yang akan ditekuni sehingga sukses yang diinginkan itu ada pada tangan anda.

Bisnis sukses tidak datang dalam waktu semalam seperti sulap simsalabim. Panjang sekali prosesnya dimulai dari setup awal, perkenalan, perkembangan, serta ketekunan. Bisnis harus punya sabar tingkat tinggi dan bisnis tidak berhasil dengan instant. Bisnis ibarat seperti tanamaan harus dipupuk, disiram, dan dirawat. Jadi, fokuskan dengan strategi yang harus diambil jika bisnis sudah mulai berkembang.


Tahap selanjutnya adalah perkenalkan bisnis ke konsumen, dapat dilakukan dari lingkungan sendiri seperti keluarga, tetangga, rekan kerja, bahkan promosi langsung. Inilah cara merawat bisnis tetap berjalan dengan baik, harus dikenalkan supaya mereka tahu bahwa anda telah membuka bisnis yang mereka butuhkan. Apabila konsumen anda sudah mengetahui maka jangan lupa kualitas bisnis harus dipertahankan, berikan hasil yang profesional dan terkesan oleh konsumen anda.

Hal yang digarisbawahi adalah cara bisnis sukses yang terpuji adalah memberikan hasil yang maksimal, sempurna, dan sesuai dengan konsumen inginkan atau harapkan. Jangan pernah abaikan keinginan konsumen, mereka adalah raja yang harus anda layani sebaik mungkin. Mereka ingin mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapat, jangan sampai mereka kecewa sehingga peluang anda akan berkurang dengan beralihnya konsumen tersebut ke tempat lain.

Semakin berkembangnya bisnis mengharuskan anda untuk memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan promosi lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Jika anda mempunyai kapasitas untuk membuat website, blog, atau vlog sangat direkomendasikan. Media seperti inilah yang langsung bisa terkoneksi ke jaringan internet dengan smartphone dari konsumen dimana saja berada. Secara otomatis, bisnis anda dapat diakses langsung oleh konsumen baru 7/24/365 dan tercipta konsumen baru. Jangan salah, media sosial tersebut sekarang sudah bisa melakukan promosi instant dengan adanya Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan lain sebagainya. Semua cara ini dapat anda lakukan sendiri di rumah bahkan dari smartphone anda sendiri dengan sentuhan jari.

Jadi, bagaimana cara mulai bisnis seperti saya uraikan tadi. Untuk mejadi sukses proses tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Bisnis tidak bisa diwakilkan, disubkonkan, atau dijalankan oleh orang lain. Bisnis harus anda sendiri yang menjalankan, sesuai dengan karakter anda, cara anda, and langsung bagaimana eksekusi anda dilapangan. Jangan remehkan bisnis hanya sebagai batu loncatan saja, tetapi harus dikukuhkan sebagai tempat mencari rezeki yang halal yang diredhoi oleh Allah SWT.

Semoga tulisan sedikit ini dapat mencerahkan kebingungan anda selama ini. Bagaimana cara bisnis sukses tidak datang dari langit, harus dimulai, dan harus diayomi supaya tumbuh dan berkembang di masa yang datang. Semoga impian anda terwujud dengan bisnis yang selama ini dicari.


No comments:

Post a Comment