Translate

Saturday, April 1, 2017

Ukuran per Kilogram [Kg] atau per Gantang Beras

Di Sumatera Barat terkenal dengan berat per gantang untuk ukuran beras yang dibeli oleh konsumen. Pada saat sekarang lagi trend ukuran per kilogram [kg] untuk pembelian beras. Kenapa? Peralihan ini pasti ada penyebabnya, alasan yang diambil oleh penjual pedagang agen bahkan distributor untuk menjual semua jenis beras yang tersedia di toko atau di gudang mereka. Tetapi konsumen selalu mencari informasi dengan kata kunci seperti ini: "berapa takaran atau konversi satu gantang ke kilogram" atau "satu gantang berapa kilo", "1 gantang berapa Kilo" dst. Memang di Sumatera Barat ukuran pembelian beras sudah lama menggunakan gantang sebagai takaran untuk membeli beras, tetapi sekarang sudah ada yang menyediakan kemasaran beras dalam kilogram. 

Kilas Balik per Gantang Untuk Berat Beras.

Ukuran beras per gantang ini sudah dimulai sejak dulu sebelum berat kilogram [kg] mulai mempengaruhi selera konsumen untuk membeli beras. Per gantang ini sudah di mulai dari penggilingan padi hingga ke pejual bahkan ke pengecer beras. Proses ini sangat populer sekali di Sumatera Barat setelah Indonesia merdeka dan tidak diketahui tahun pastinya. Para pemilik beras pada saat itu belum mengenal kilogram [kg] sebagai standar untuk berat. Jadi ukuran per gantang beras ini sudah bertengger beberapa dasawarsa untuk ukuran beras.

Kilogram [kg] Standar Ukuran Berat Nasional.

Kilogram [kg] sudah menjadi standar ukuran berat beras nasional untuk keseluruhan kepentingan. Tidak hanya rumah tangga, industri sudah menerapkan standar ini sebagai takaran resmi yang telah disepakati sebagai prinsip jual beli apapun. Dapat kita lihat sekarang, semua ukuran yang dibeli mulai dari bahan sandang dan pangan sudah mengikuti. Bahkan untuk papan sudah terpengaruhi seperti pembelian semen dan lain sebagainya. Standar baku kilogram [kg] ini merupakan standar mutlak yang sangat kompeten untuk ukuran berat, karena kepastian unsur barang yang dibeli yang sangat dapat dipertanggungjawabkan.

Formula atau Takaran untuk:  Gantang --> Liter --> Kilogram
1 Gantang = 2 Liter = (+/-) 1,4 - 1,5 Kilogram [kg]


Konversi 1 Gantang Beras ke Satuan Berat Kilogram [kg]



Apa Keuntungan Kilogram [kg] Sebagai Ukuran Berat Beras.


Beralihnya selera konsumen untuk ukuran berat ke kilogram sangat menguntungkan termasuk konsumen beras. Apa saja keuntungan kilogram [kg] sebagai standar ukuran berat.

1. Sudah menjadi standar ukuran berat nasional untuk kebutuhan rakyat banyak. Satuan berat ini juga diadopsi oleh pasar tradisional untuk pembelian sandang dan pangan. Jadi beras sudah mulai mengikuti.

2. Satuan kilogram [kg] juga sudah termasuk sebagai standarisasi berat international. Jika anda membeli online di dunia internasonal untuk ukuran berat akan mengacu kepada kilogram [kg] termasuk pengiriman barang menggunakan satuan kilogram [kg].

3. Kilogram [kg] satuan berat yang sudah diakui oleh semua pihak yang terlibat baik dari segi pedagang dan penjual. 

4. Ukuran berat kilogram [kg] dapat dipertanggungjawabkan oleh seluruh pihak. Dan teruji satuan ini untuk pembelian barang.

Apa Kerugian per Gantang untuk Satuan Berat Beras.


Satuan ukuran berat per gantang hanya terfokus di suatu daerah seperti provinsi Sumatera Barat. Apabila di bawa ke daerah lain justru akan menjadi perdebatan walau dapat dikonversi ke satuan lain. Berikut ada beberapa kerugian per gantang untuk satuan berat pada ukuran beras.

1. Hanya terfokus pada satu daerah. Apabila dibawa ke daerah lain belum tentu semua pihak bisa menerima satuan berat ini walau dari kuantitas beras yang telah dibeli masih dapat dikonversi ke satuan kilogram [kg].

2. Pada waktu seseorang menghitung satuan gantang untuk kuantitas beras yang akan dibeli tentu tidak akan sama dengan gantang an yang dilakukan ulang oleh pihak lain. Karena, proses gantang an ini tentu akan berbeda dari pihak pertama dengan pihak lain. Mulai dari posisi gantang berdiri, miring, atau batas maksimal gantang tidak dapat disepakati kurang atau lebih. 

3. Ukuran gantang ini sebagai satuan ukuran beras akan terjadi perdebatan di daerah lain. Karena satuan berat yang banyak disepakati di pasar tentu bukan satuan berat seperti ini.

4. Gantang pembelian beras jika dikonversi dengan ukuran lain ada perbedaan yang cukup jauh apabila pembelian beras dalam jumlah banyak. Kalau untuk ukuran konsumsi rumah tangga tidak dipermasalahkan, tetapi untuk skala industri akan merugikan sekali.

5. Gantang hanya bisa dilakukan pada pembelian beras saja, untuk jenis bahan lainnya tidak dapat diterima oleh pihak-pihak yang terlibat dalam jual beli.

Poto Gambar Bentuk Takaran Gantang


Bentuk Takaran Gantang dari Depan

Bentuk Takaran Gantang dari Atas.
Gambar Bentuk Ukuran Gantang dari Dekat.


Setelah melihat perbedaan kilogram [kg] dan gantang ukuran beras bisa terlihat mana yang jauh menguntungkan. Kesukaan konsumen ada yang telah beralih kepada satuan berat kg dan di lain pihak masih menggunakan gantang untuk proses jual beli beras. Terfokus pada daerah di Sumatera Barat tentu bisa digunakan sebagai satuan pembelian. Tetapi hanya untuk ukuran beras, beras ketan, atau beras lainnya. Sebenarnya penjual hanya menyediakan pilihan kilogram [kg] atau gantang untuk ukuran beras. Tetapi ukuran beras kilogram [kg] jauh lebih praktis, sudah standar, dan dapat diakui validasi nya. Dapat di ulang lagi penimbangannya jika anda mempunyai timbangan di rumah. Kalau untuk gantang, tentu tidak semua orang mempunyai.

No comments:

Post a Comment