Translate

Sunday, May 28, 2017

Tips Berdagang Bisnis Retail Solusi Tercipta Peluang Usaha

Banyak sekali pegawai kantoran yang ingin beralih profesi menjadi seorang enterpreneur tentu harus melihat peluang dimasa yang akan datang. Beberapa dari rekan semua tentu masih melihat, apa sih yang cocok peluang usaha dagang yang sesuai dengan minat bakat dan eksekusinya nanti. Penelitian ini penting demi terciptanya lapangan usaha baru seperti berdagang sebagai solusi tepat terciptanya peluang usaha yang dirindukan selama ini.

Ada beberapa referensi yang pernah saya baca, kebingungan awal itu hal yang lumrah, apalagi ketakutan tidak mampu untuk bersaing dengan kompetitor menjadi momok yang harus segera dibuang jauh-jauh. Setiap pelaku usaha punya karakter masing-masing, tidak selalu sama walaupun jenis barang yang dijual relatif sama. Pertanyaan dengan ketakutan ini harus segera dijadikan cambuk untuk tercipta peluang usaha yang akan menjadi lahan baru jika rekan akan hijrah dari pegawai kantoran menjadi seorang enterpreneur sejati.


Berdagang Bisnis Retail Solusi Tercipta Peluang Usaha



Saya ada beberapa tips untuk rekan pemula ingin berdagang atau menciptakan lapangan kerja baru sebagai peluang usaha strategis dimasa yang akan datang sehingga tercipta peluang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

1. Lihat Kemampuan

Tanya ke diri sendiri bagaimana kemampuan untuk memulai usaha dagang atau enterpreneurship lainnya. Maksudnya begini, jika seorang pemula harus melihat kemampuan awal untuk mempersiapkan semua sumber daya seperti modal awal. Tidak usah terlalu banyak modal awal yang dipersiapkan tetapi kemampuan kuat untuk menciptakan peluang baru dalam berniaga itu hal yang penting.  

Contoh

Rekan semua mempunyai modal awal sekitar IDR 20 Jt cash ditangan. Lihat peluang yang cocok dengan jumlah modal ini, misalnya jual beras seperti saya, usaha tempat makan ala warteg, atau jualan mie ayam pake gerobak, dst. Jadi, prinsipnya ketahui kemampuan jangan lihat bisnis orang lain yang sudah berkembang dan sudah mempunyai cabang banyak tetapi jadikan sebagai semangat bagi rekan pemula untuk menciptakan bisnis gaya baru yang akan ditekuni dimasa yang akan datang.

2. Siapkan Lokasi

Sudah mempersiapkan jumlah modal awal tentukan lokasi tempat berbisnis yang sesuai dengan kemampuan rekan semua. Saya merekomendasikan untuk awal berdagang dimulai dari rumah sendiri. Kenapa demikian, karena akan menghemat biaya sewa tempat dan uang  biaya sewa ini dapat disiapkan untuk kepeluan lain.

Untuk bisnis rumahan yang sangat cocok dimulai dengan modal yang saya sebutkan diatas seperti bahan pokok rumah tangga seperti beras, makanan seperti tempat makan ala warteg atau mie ayam, dan seterusnya. Jadi, dimulai dari rumah bisa menciptakan lapangan kerja baru yang akan menjadi lahan bisnis rekan lainnya. Saya asumsikan rumah tempat tinggal rekan semua dekat dengan keramaian, dan apabila melakukan bisnis ini akan diminati.


3. Berikan Terbaik

Bisnis apapun perlu komitmen tinggi untuk setiap jenis barang yang ditawarkan untuk dijual. Apapun bentuknya, jika saya berjualan beras harus berikan beras yang terbaik tidak dioplos dan kualitas tinggi. Begitu juga dengan jualan makanan atau jasa lainnya. Jadi, dengan berjalannya waktu serta kualitas yang diberikan kepada konsumen pasti akan dicari karena mereka sudah percaya dengan kualitas barang yang disediakan.


4. Harga Menentukan Kualitas

Harga akan menentukan kualitas menjadi hal yang berhubungan secara langsung. Jika rekan semua menjual suatu produk dengan kualitas baik tentu akan menerapkan harga dan konsumen dengan suka rela membayarnya. Karena kualitas akan menentukan harga jual. Seperti beras yang kami jual sesuai dengan kualitas tinggi yang konsumen harapkan. Mereka akan menerima dengan hati terbuka bahwa harga yang kami terapkan sesuai dengan kualitas beras prima yang mereka cari selama ini.


5. Jujur Diatas Segalanya

Membuka bisnis dagang retail membutuhkan kejujuran tingkat tinggi, apalagi bahan pokok penting yang kami jual. Komitmen kejujuran inilah kami tetap bertahan dimana maraknya beras oplosan dan campuran kimia berbahaya kian marak. Pengalaman kami, dengan keteguhan hati dan siap membantu sesama maka konsumen kami yang dulu beralih ke kompetitor lain akhirnya kembali lagi kepada kami. Hal yang sangat manusiawi sekali, konsumen tidak akan rela dibohongi dengan harga yang telah mereka bayar ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keinginan mereka.


6. Promosi

Setelah bisnis berdiri dan berjalan, lakukan promosi secara berkala dengan membuat konsumen baru baik secara langsung atau tidak langsung. Maksudnya, promosi ini dapat berupa pameran atau dunia maya dengan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Cara ini sangat efektif untuk memperkenalkan usaha dagang rekan semua dengan lingkup lebih cepat. Sebagian perniagaan seperti jual beras, food court, atau bisnis lainnya juga memanfaatkan cara ini sebagai strategi yang cukup instant dengan cara beriklan. Promosi penting untuk memperkuat bisnis lebih cepat dikenal oleh konsumen baru.


7. Berbagi Sesama

Mencari rezeki yang halal juga melibatkan berbagai pihak termasuk berbagi sesama. Maksudnya, saya beragama islam tentu akan melakukan sedekah kesesama. Bukan hanya dalam bentuk materi tetapi berbagi dalam ilmu pengalaman juga salah satu cara berbagi kesesama. Dengan berbagi sesama akan merasa berkah menjalankan bisnis tanpa ada rasa tersaingi atau bahkan rasa kecemburuan dalam enterprenur. Justru, akan tercipta grup yang akan sharing pengalaman dan nasehat penting jika kita masih kurang dalam segi ilmu tertentu. 


8. Konsumen adalah Raja

Pepatah ini benar adanya. Konsumenlah yang akan menentukan berkembangnya bisnis ini. Merekalah yang akan merekomendasikan jasa yang kita geluti sehingga referensi ini akan terus bergulir sehingga omset akan meningkat. Lakukan yang terbaik sehingga konsumen akan percaya dengan bisnis yang rekan miliki sehingga bisnis retail yang telah dirintis akan berkembang dengan bertahap.


9. Bisnis Berkembang Butuh Waktu

Bisnis sudah berjalan baik membutuhkan waktu tidak dalam waktu semalam. Bisnis instant yang dijalani oleh seseorang sangat butuh proses, berkembang, dan berdiri tegap. Sangat masuk diakal jika bisnis dirintis membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan proses yang begitu lama akan tercipta pelanggan setia yang selalu setia membeli jenis barang yang rekan sediakan. 


10. Selalu Dekat dengan Konsumen

Sebagai pelaku bisnis selalu dekat dengan konsumennya. Dengan disediakan media yang terkoneksi dengan segala bentuk gadget baik smartphone dan PC. Ini penting, karena dengan cara ini pebisnis akan selalu tau apa yang diinginkan konsumen dengan adanya komentar yang ditulis oleh konsumen. Nah, dengan komentar yang membangun ini bisnis yang dirintis akan bertahan secara otomatis pelanggan baru akan melihat ternyata produk yang telah dipakai oleh konsumen setia rekan tadi juga dicari oleh pelanggan baru. 


Tips berdagang bisnis retail solusi tercipta peluang usaha terbentuk dimulai dari cara konvensional. Berjalannya waktu akan disinergikan dengan cara modern seperti media sosial dan internet. Zaman sekarang bisnis akan terkoneksi dengan dunia maya yang akan selalu hari 24 jan sehari, 7 seminggu, dan 365 hari. Konsep ini harus diterapkan supaya kelangsungan hidup bisnis akan selalu bertahan untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor rekan semua.

No comments:

Post a Comment