Translate

Thursday, June 8, 2017

Nagari Muara Panas Bukit Sundi Kabupaten Solok

Muara Panas [Muaro Paneh] sebutan Bahasa Minang adalah sebuah nagari atau daerah yang terletak di kecamatan Bukit Sundi di Kabupaten Solok Sumatera Barat. Sebagai nagari yang mempunyai peranan penting ini terdapat lima jorong. Jorong adalah bentuk pembagian daerah administratif yang kedudukannya dibawah Nagari. Dimana setiap jorong ini dipimpin oleh seorang Kepala Jorong atau disebut juga dengan Wali Korong. Keseluruhan istilah ini hanya ada di Provinsi Sumatera Barat. 

Jadi, Nagari Muara Panas Bukit Sundi Kabupaten Solok ini mempunyai lima jorong yang mengelilingi Muara Panas [Muaro Paneh], yaitu: Jorong Koto Panjang, Jorong Koto Kaciak, Jorong Sawah Ampang, Jorong Galagah Tanah Kuniah, dan Jorong Balai Pinang. Keseluruhan Jorong ini mempunyai peranan sangat penting di Nagari Muara Panas baik dalam segi pemerintahan atau perekonomian.

Kenapa namanya Muara Panas? Seolah-olah pengertiannya dalam Bahasa Indonesia ada unsur muara dan panas. Dalam arti yang sebenarnya untuk Nagari Muara Panas ini bukan istilah dari muara dan bukan pula pertemuan antara laut dan sungai tetapi pertemuan antara anak sungai kecil terhubung dengan sungai yang besar. Dan Panas artian disini adalah sangat panas dan terik sekali yang menyengat kulit pada siang hari. Jadi itulah artian Muara Panas.

Nagari Muara Panas [Muaro Paneh] yang juga bertetanggan dengan Nagari tetangga yang saling keterkaitan yaitu Nagari Kinari dan Nagari Koto Anau yang ketiganya terletak dibawah kaki Gunung Talang. Dengan masih asrinya menjadikan daerah ini terus berbenah untuk membangun baik dalam swadaya masyarakat ataupun dari bantuan Pemerintah Kota Kabupaten Solok.


Demografi Nagari Muara Panas


Nagari Muara Panas sangat strategis sekali lokasinya. Berdekatan dengan beberapa nagari tetangga yang saling berhubungan ibarat simbiosis mutualisme baik dalam pemerintahan dan perekonomian. Nagari ini mempunyai peranan penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan adanya Pasar Muara Panas dan Pasar Ternak Muara Panas. Keseluruhan Fasilitas Pasar Muara Panas ini terintegrasi dengan Nagari Muara Panas itu sendiri sehingga denyut nadi perekonomian tercipta dengan adanya komponen ini. 

Nagari Muaro Paneh [sebutan Bahasa lokal Minang] mempunyai kondisi daerah yang mempunyai hasil alam seperti beras, rempah, dan ikan kolam tangkar. Keseluruhannya membuat Nagari Muara Panas menjadi sebuah nagari yang mempunyai kondisi alam yang cukup baik untuk segala keperluaan. Untuk infrasturktur baik jalan dan akses untuk menuju lokasi ini cukup baik dan masih selalu dipantau oleh Pemerintah Kota Solok untuk peningkatan kualitasnya.


Lokasi Map dari Nagari Muara Panas





Sumber: Wikipedia, Media lainnya.







No comments:

Post a Comment