Translate

Saturday, February 10, 2018

Kenapa Beras Kualiatas Prima Umurnya Terbatas Tidak Lama

Beras memang komoditas pokok yang menjadi menu harian yang akan selalu dimasak dan tetap hadir di meja makan. Sebelum makan nasi belum kenyang dan pepatah ini sudah mengakar di seluruh penduduk Indonesia. Pembelian beras yang baik tentu tidak mengandung bahan kimia apalagi bahan tambahan lain dan yang mengesalkan adalah dioplos dengan beras yang kurang baik. Tentu seorang pecinta beras prima akan selalu mencari informasi penjual yang terpercaya sehingga pembelian beras dengan harga yang pantas akan mereka dapatkan.


Poto oleh: pritikin.com

Kondisi beras yang umurnya tidak terlalu lama terbatas berarti beras tersebut sangat baik karena apa, tidak disentuh dengan zat apapun yang ditambah ke dalam karung oleh pedagang beras. Pengalaman ini ingin kami sharing, beras yang sangat baik dan super umurnya sangat terbatas tidak sampai dengan 2-3 bulan saja. Rentang waktu ini waktu terbaik untuk konsumsi dan sebaiknya pembelian yang telah dilakukan harus habis semua agar tidak terjadi terbuang percuma. Inilah alasannya.



1. Beras baik akan mempunyai masa kadarluarsa atau expire, lama waktu sekitar 2-3 bulan saja. Apabila lebih dari masa ini di khawatirkan beras tersebut sudah dioplos, adanya zat peningkat umur pada beras, serta tambahan zat lainnya yang sangat membahayakan kesehata tubuh jika konsumsi beras seperti ini.

2. Proses penggilingan padi oleh para pedagang beras dimulai dari padi yang mereka jemur sampai waktu yang ditentukan, langsung digiling dan dipaking ke dalam karung. Tidak ada jeda waktu yang lama terbuka di udara bebas. Inilah proses yang sebenarnya dilakukan tidak tersentuh oleh tangan jahil oknum. Carilah penjual beras dan pedagang yang menjual dengan jujur dan komitmen tinggi.

3. Beras satu jenis untuk satu ukuran, sama-sama digiling waktu yang sama dan dipaking pada waktu yang sama pula. Jadi kondisi di dalam karung mempunyai rentang waktu yang sama sehingga bisa diprediksikan kapan beras ini masa waktu terbatasnya.

4. Mempunyai suhu ruang yang terbaik untuk kondisi beras. Beras harus disimpan pada suhu ruangan agar kestabilan udara akan mempengaruhi suhu yang ada diberas. Simpan di ruangan dan ditempat beras agar beras tersebut tidak terganggu dari ancaman seperti air dan binatang lain {cecak, kecoa, semut, dsb}.

5. Pada saat anda menyimpan beras pada tempat penyimpanan sebaiknya beras yang lama harus habis terkuras semua agar tidak tercampur dengan beras baru. Sebelum memasukan beras baru yang telah anda beli sebaiknya beras lama dikeluarkan habis dan tempat penyimpanan beras harus dibersihkan, dicuci, dan dikeringkan untuk menyimpan beras baru yang telah dibeli. Biasanya poin ini banyak sekali ibu yang meremehkan, jika anda alpha beras yang paling bawah mempunyai umur yang lebih lama dari beras baru sehingga akan mempengaruhi kondisi beras baru menjadi cepat rusak dan bahkan umurnya bisa kurang dari 2 bulan.

Alasan inilah yang umumnya terjadi pada saat anda membeli beras untuk konsumsi seluruh keluarga. Untuk mempertahankan beras yang telah dibeli harus habis sesuai dengan jumlah anggota keluarga, anda harus meneliti dan menghitung berapa kebutuhan beras untuk satu minggu hingga satu bulan. Setelah mengetahui jumlahya maka anda bisa memprediksikan berapa banyak yang akan dibeli. Cara cermat smart seperti ini akan membuat siklus beras anda akan selalu baru asalkan anda harus membeli beras pada pedagang dan penjual yang jujur selalu menyediakan beras selalu baru di gudang beras mereka dan akan mempengaruhi pembelian beras prima super yang anda inginkan untuk konsumsi di rumah. Apapun jenis berasnya disesuaikan dengan selera dan karakter lidah seluruh anggota keluarga. Pada saat sekarang ini masih ada pedagang dan penjual yang jujur menyediakan beras yang diinginkan oleh konsumen.

No comments:

Post a Comment