Translate

Monday, April 3, 2017

Pemandian Air Panas [Aia Angek] Bukit Gadang Solok Sumatera Barat

Daerah Solok tidak hanya sebagai penghasil beras yang phenomenal juga terdapat pemandian air panas [aia angek] yang berlokasi di Bukit Gadang tepatnya di daerah Sungai Janiah, Jorong Aia Angek, Nagari Koto Gadang, Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok Sumatera Barat Indonesia. Pemandian air panas [aia angek] berasal dari sumber air panas alami dari Gunung Talang.


Demografi Pemandian Air Panas [Aia Angek] Bukit Gadang Solok.

Lokasi pemandian air panas [aia angek] Bukit Gadang Solok terletak di perkampungan masyarakat tepatnya di Jorong Aia Angek yang sifatnya masih secara swasta pribadi yang menyediakan lokasi untuk para wisatawan. Secara fisik lokasi pemandian cukup baik dan masih butuh tangan yang lebih representatif lagi agar tercipta situasi yang lebih nyaman dan bersih. Saat sekarang direkomendasikan pemandian aia angek [air panas] pincuran tujuh.

Pemandian Air Panas [Aia Angek - Hot Water Spring] Koto Gadang Solok. Poto oleh: Aimizu Cuap Cuap



Bagaimana Cara ke Pemandian Air Panas [Aia Angek] Bukit Gadang Solok.

Pertanyaan ini selalu dicari oleh para wisatawan untuk mengetahui bagaimana cara ke pemandian air panas [aia angek] di Solok tepatnya di Jorong Aia Angek ini. Lokasi pemandian ini cukup mudah sekali dituju dengan jarak kurang lebih 7 km dari jalan utama di daerah nagari Talang-Solok, dengan petunjuk sebelum memasuki pasar nagari Talang lama berbelok ke kanan jika wisatawan berada dari kota Padang atau Arosuka.

Setelah berbelok ke kanan, perjalanan harus ditempuh sekitar 7 km menuju pemandian air panas [aia angek] dengan melalui nagari atau pedesaan. Kondisi jalannya tidak terlalu lebar dan hanya cukup untuk ukuran satu mobil. Apabila kendaraan roda empat berpapasan, salah satu harus mengalah dengan memperhatikan posisi yang tepat untuk berhenti. Untuk mobil besar seukuran bus pariwisata tidak direkomdasikan untuk memasuki pemandian air panas [aia angek] di Koto Gadang Nagari Koto Anau ini. Sampai di lokasi hanya tersedia parkir untuk satu lajur bagi wisatawan membawa kendaraan roda empat dan untuk roda dua jangan kawatir tersedia lokasi yang cukup luas.

Selama diperjalanan menuju pemandian Aia Angek terbentang sawah penduduk di sisi kanan dan kiri. Pemandangan yang elok ini terlihat betapa suburnya daerah ini dengan mekarnya padi di sawah yang bertingkat-tingkat.

Siang vs Malam di Pemandian Air Panas [Aia Angek].

Pemandian air panas tentu mempunyai perbedaan yang sangat berarti apabila wisatawan ingin mengunjungi pada siang atau malam hari. Jika wisatawan ingin menikmati suasana pemandian air panas [aia angek] dan sekelilingnya dapat ambil waktu pada siang hari. Tentu, hamparan sawah penduduk dan panorama alam menyatu disekeliling pemandian air panas ini akan menjadi daya magis lain sebagai ekstra lain selain pemandian.

Khusus untuk wisatawan yang hanya ingin merasakan alaminya pemandian aie angek [air panas] ini disarankan untuk berkunjung pada malam hari.

Jam buka pemandian ini 24/7/365, dimana kesiapan mereka untuk menyambut wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini.


Tarif atau Biaya di Pemandian Air Panas [Aia Angek] Koto Gadang Solok. 

Untuk tarif atau biaya-biaya yang akan dikeluarkan jika telah mencapai pemandian Aia Angek [Air Panas] Solok adalah sebagai berikut:

Tarif masuk siang IDR 5.000 dan Malam IDR 10.000. Untuk anda membawa kendaraan dikenakan biaya parkir IDR 3.000 untuk sepeda motor dan untuk kendaraan roda empat IDR 5.000.

Untuk parkir kendaraan roda empat atau roda dua dapat memperhatikan posisi parkir agar rapi disisi jalan yang telah diatur oleh petugas parkir. Dan selalu mengikut arahan petugas agar kenyamanan menikmati pemandian Air Panan [Aia Angek] dapat terjaga dengan baik.

Fasilitas Lain di Sekitar Pemandian Air Panas [Aia Angek].

Disekitar lokasi juga tersedia beberapa penginapan untuk wisatawan yang butuh tempat beristirahat sejenak. Lokasinya tidak jauh dari lokasi pemandian. Apabila butuh tempat makan juga tersedia beberapa food court yang menyediakan beberapa menu yang mereka sediakan. Untuk tempat ibadah seperti mesjid juga tersedia di sekitar pemandian.

Tips:

Saya ada beberapa tips yang dapat melengkapi liburan singkat ke pemandian Air Panas [Aia Angek] Koto Gadang Solok:

1. Disekitar lokasi pemandian tidak ada ATM Bank Nasional, jadi siapkan uang yang cukup untuk melakukan transaksi.

2. Pastikan membawa peralatan mandi untuk melakukan bilasan setelah berendam di kolam air panas.

3. Disini juga ada pemandian air panas untuk private bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandian hanya untuk keluarga. Harganya tentu sangat berbeda dengan yang umum.

4. Pastian kenyamanan jika berkunjung kesini tidak pada hari libur nasional, libur sekolah, atau cuti panjang. Karena lokas pemandian Air Panas [Aia Angek] ini akan dipadati oleh wisatawan.

5. Sangat minimnya petunjuk jalan ke pemandian, wisatawan dapat menanyakan ke penduduk sekitar apabila terjadi keraguan memasuki lokasi.

No comments:

Post a Comment