Translate

Sunday, April 2, 2017

Jenis Beras Kualitas Prima Super Dari Padang Sumatera Barat

Sebagai anak nagari ingin membagi cerita mengenai jenis beras yang sangat super prima di Padang Sumatera Barat. Tentu, beras yang saya uraikan ini berdasarkan pengalaman yang banyak ditemui uraian pengalaman tersebut dari konsumen beras yang selalu memberikan apresiasi kualitas beras yang telah mereka konsumsi. Perlu diketahui, sebenarnya jenis beras yang berkualitas prima ini tergantung dari selera dan sesuai dengan anggaran belanja.


Jenis beras berkualitas super yang ada di Padang Sumatera Barat sudah merambah ke seluruh penjuru daerah seperti DKI Jakarta, Pekanbaru, Batam, dan lain sebagainya bahkan sampai ke manca negara. Jenis beras ini sudah teruji dan banyak digunakan berbagai kebutuhan bisnis seperti hotel, cafe, rumah makan, bahkan beberapa food court yang terkenal.


Salah Satu Daerah Penghasil Beras di Sumatera Barat. Poto oleh: Instagram @b.yavril


1. Beras Super dari Daerah Solok.

Siapa yang tidak tau beras yang berasal dari kota Solok ini. Hampir semua jenis beras yang yang ditanam di kota ini mendapat tempat di hati masyarakat. Karena rasanya yang sangat enak, gurih, dan tidak cepat basi tentu menjadi prioritas beras yang akan dibeli oleh semua lapisan konsumen. Varietas beras yang telah ditanam oleh petani di daerah Solok apabila ditanam di daerah lain akan memberikan perbedaan dari segi rasa.



Berikut beras yang kualitas super yang berasal dari daerah Solok.

a. Beras Solok Sokan Super.


Beras tingkat pertama yang dihasilkan dari kota Solok. Beras Solok sokan super mempunyai harga yang tinggi dan mempunyai konsumen tetap. Konsumen perlu ingat, jenis sokan juga ditemukan di daerah lain tetapi kualitasnya tidak akan persis sama dari varietas yang ditanam di daerah Solok.


b. Beras Solok Anak Daro Super atau Pengantin.


Beras tingkat dua yang mempunyai bentuk bulir beras yang unik. Bentuk bulir yang agak kecil dan menghasilkan kuantitas double setelah menjadi nasi jika dibandingkan dengan takaran masak beras dengan jenis beras lainnya dari daerah Solok.


c. Beras Solok Banang Pulau Super.


Beras ini sebenarnya bisa masuk ke dalam standar beras Solok anak daro atau pengantin. Kualitas yang hampir sama dengan harga dibawah sedikit dari Anak Daro tetapi permintaan beras ini relatif cukup tinggi.  



2. Beras Super Dari Daerah Agam Bukittinggi dan Sekitarnya.

Agam Bukittinggi bukan hanya terkenal dengan eloknya pemandangan alam serta pariwisatanya tetapi juga  menghasilkan beras super yang mempunyai konsumen fanatik. Tetapi perlu diingat, beras super dari daerah Agam Bukittinggi ketersediannya tidak terlalu banyak karena jumlah persawahan yang terbatas tetapi permintaan beras yang cukup tinggi. Sehingga harga akan mempengaruhi terhadap ketersedian beras yang berasal dari Agam Bukittinggi.

Berikut jenis beras yang sangat terkenal dari Agam Bukittinggi dan sekitarnya yang telah diakui keberadaannya.

1. Beras Ampek Angkek.


Varietas jenis beras ini termasuk asli dari kota Bukittinggi. Tetapi dengan berjalannya waktu, jenis varietas ini mulai tergusur atau mulai ditinggalkan oleh petani asli, lebih suka menamam jenis varietas lain karena alasan waktu tumbuh jenis beras ampek angkek ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan tenaga-biaya ekstra sampai panen.


2. Beras Kuriak Kusuik.


Beras berbentuk unik hanya dapat ditemukan di Agam Bukittinggi. Varietas jenis beras ini sebagai nasi yang digunakan oleh rumah makan, cafe, dan restoran ternama karena rasanya enak, gurih, dan tidak cepat basi. Jika sekilas akan terlihat hampir sama dengan jenis beras Solok sokan super prima berkualitas tinggi.


Jenis rincian beras yang berasal dari Padang Sumatera Barat ini berdasarkan dari pengalaman saya sebagai penjual, pedagang, agen, dan distributor beras. Beras kualitas super prima diatas banyak sekali ditanyakan oleh konsumen tetap dimanapun beliau berada. Konsumen tetap rata-rata dari urang awak sendiri yang lahir dan dibesarkan di seluruh nagari Minang Kabau yang tentu akan mencari beras ibu yang telah mereka rasakan pada masa di nagari masing-masing. Jadi, jenis beras yang berasal dari Padang Sumatera Barat ini telah menjadi buah tangan atau oleh-oleh dari kampung untuk keluarga yang ada di rantau. Beras dari bundo kanduang yang ada di Minang Kabau tidak akan tergantikan dengan jenis beras apapun yang telah teruji dalam rasa, kenikmatan sepiring nasi berasal dari Ranah Minang Padang Sumatera Barat. 




No comments:

Post a Comment