Translate

Tuesday, April 4, 2017

Bagaimana Cara Memilih Rice Cooker dan Steamer Skala Rumah Tangga.

Setelah beras dibeli tentu akan segera di masak untuk hidangan makan pagi, siang, atau malam bagi keseluruhan keluarga tercinta. Pemilihan rice cooker ditambah dengan steamer akan menjadi alat yang cukup komplit pada saat memasak nasi sekalian dengan beberapa item kecil seperti telur, sayuran, atau bahkan menghangatkan lauk pauk pelengkap menu lainnya bisa dilakukan pada saat bersamaan. Sebagai ibu rumah tangga yang pintar akan memilih rice cooker dan steamer sebagai andalan masak nasi di rumah.



Salah satu merek  Made in USA untuk pemasak nasi dan pengukus [rice cooker dan stemaner]. Poto oleh: Walmart.


Apa itu Rice Cooker

Rice cooker adalah alat memasak nasi menggunakan listrik untuk proses memasak nasi. Rice cooker mempunyai beberapa ukuran mulai dari besar kecilnya dengan sebutan berapa liter, berapa wat, warna, serta nama merek.

Apa itu Steamer

Steamer adalah proses pengukusan yang menggunakan uap untuk proses pematangan. Steamer ini berguna untuk membuat masakan yang tidak perlu dimasak lama dan tidak menggunakan minyak sehingga cocok sekali untuk ibu-ibu dalam mengikuti proses diet sehat atau membuat menu lainnya seperti vegetarian. 


Menjadi bingung dengan banyaknya merek yang ditawarkan akan membuat seorang ibu akan berfikir mana yang terbaik dan mana yang kurang baik. Tentu harus mengetahui bagaimana cara memilih rice cooker dan steamer untuk skala rumah tangga yang akan membantu proses memasak nasi di dapur lebih mudah dan efisien. Kami ada beberapa tips hal yang perlu diperhatikan.

1. Carilah kebutuhan rice cooker dan steamer sesuai dengan kapasitas anggota keluarga. Kapasitas disini berhubungan dengan budget [anggaran], wat listrik, serta besarnya [liter nya].

2. Bahan dasar pembuatan rice cooker dan steamer harus dari bahan yang berkualitas tinggi seperti tidak mudak penyok, tidak mudah pecah, anti lengket, standar SNI, dan setiap lapisan yang ada pada rice cooker dan steamer tidak mudah terkelupas.

3. Pilih lah merek rice cooker yang cukup baik performance nya di pasaran. Ini perlu, karena sudah mendapat rekomendasi dari konsumen lainnya yang telah memakai produk yang ibu cari selama ini mulai dari review ataupun komentar forum khusus.

4. Setelah merek yang dipilih dan telah direkomendasikan oleh para pengguna lainnya tentu juga memiliki service center yang ada di lokasi ibu tinggal. Hal yang sangat penting apabila ada kerusakan atau penggantian alat dapat dengan mudah proses garansi yang telah mereka berikan.

5. Teknologi terus berkembang untuk rice cooker dan steamer ini seperti saat sekarang ini telah tersedia beberapa produk yang melengkapi alat pemasak nasi [rice cooker] ini dengan pembuatan bubur bayi secara cepat. Jika kebutuhan ibu termasuk dalam perkembangan teknologi seperti ini dapat dipertimbangkan fungsi dan manfaatnya di masa yang akan datang.

6. Pilih lah alat memasak nasi [rice cooker] ini dengan warna yang sesuai dengan selera dan karakter ibu. Karena warna akan mempengaruhi suasana yang ada di dapur bahkan estetika gaya dalam bentuk rumah.

7. Mudah tata cara operasional untuk memasak nasi dengan tidak banyaknya alat pematik yang membingungkan. Sederhana dan menyeluruh untuk proses memasak pada sisi kiri atau kanan rice cooker dan steamer ini.

8. Produk memasak nasi atau pengukus [rice cooker dan steamer] yang prima berkualitas ditunjukan dengan adanya kartu garansi. Hal yang sangat penting terjaminnya produk yang telah ibu beli.

9. Pembelian dapat dilakukan secara online, pasar tradisional, toko eletronik serta rumah tangga, bahkan di pasar tradisional. Dimana tempat membelinya tidak menjadi masalah asalkan produk yang tersedia masih dalam keadaan baik, tidak cacat, serta kondisi prima.

10. Khusus untuk pembelian secara online, cari provider yang sudah mempunyai reputasi baik. Jangan salah pilih dengan provider yang masih baru dan belum berpengalaman dengan memberikan fasilitas lain banyak, tetapi kualitas dari pemasak nasi dan pengukus [rice cooker dan steamer] tidak baik. Perlu waspada untuk hal ini.


Rice cooker dan steamer merupakan alat yang diadopsi konsep kemudahan dalam memasak nasi serta proses lainnya secara bersamaan. Beralihnya selera masyarakat dari konvensional ke modern serta tidak banyak waktu yang terbuang percua menjadikan alat ini salah satu andalan ibu untuk menyediakan nasi dengan waktu cepat, singkat, mudah, serta tidak mudah lengket. Semoga tips bagaimana cara memilih alat pemasak nasi dan pengukus [rice cooker dan steamer] ini dapat terjawab sehingga tidak ada keraguan untuk membelinya sekarang juga. 

No comments:

Post a Comment