Translate

Sunday, September 17, 2017

Kenapa Beras dari Padang Kualitas Tumbuhnya Lebih Baik dan Rasanya Lebih Enak Gurih

Banyak yang ingin mengetahui kenapa varietas beras yang dijual di kota Padang Sumbar sangat enak gurih jika dibandingkan beras lain yang ada dijual di kota ini. Sempat terjadi simpang siur pendapat penyebab sangat berbeda beras yang dihasilkan di provinsi ini menjadi komoditi unggulan petani sebagai penopang ekonomi. Apapun nama jenis berasnya dimulai dari beras-solok-asli, beras-ampek-angkek, dan beras-kuriak-kusuik sudah menjadi legenda selera dari generas ke generasi.

Salah satu pertanian sebuah nagari di Batusangkar.


Pertanyaan ini perlu dijawab untuk memberikan penjelasan dari para petani dan penjual beras yang ada di Padang dengan varietas beras lain yang juga ada di kota ini tetapi beras-Padang tetap menjadi unggulan.

1. Jenis beras kualitas baik yang saya sebutkan diatas ditanam di perbukitan yang mempunyai kualitas tanah yang begitu sempurna dengan unsur hara terbaik untuk tanaman padi. Kesempurnaan inilah menjadikan kualitas bulir padi untuk varitas unggulan ini padat bernas dan tidak hampa. 

2. Tanaman padi pada saat mulai tanam membutuhkan kualitas air yang steril dan belum ada campuran dari limbah berbahaya dari penduduk sekitar. Air yang mengalir di persawahan inilah yang berasal dari hutan bukit barisan, gunung-gunung, serta mata air yang sangat jernih. Bahkan kita juga bisa langsung meminum air yang keluar dari mata air sebagai air minum pengganti air kemasan galon.

3. Curah hujan yang sangat cukup sepanjang tahun di provinsi Sumatera Barat menjadikan kualitas umur tanam sesuai dengan jadwal panen. Kecukupan air dan ditambah dengan curah hujan yang stabil menjadikan varietas padi yang ditanam cukup subur bahkan sangat super.

4. Walaupun gabungan penggunaan pupuk kimia yang direkomendasikan oleh petugas pertanian dengan pupuk alami dari hewan ternak yang lebih banyak menjadikan porsi naturalnya lebih terasa. Petani yang telah menerapkan cara seperti ini menjadikan kualitas padi yang dipanen akan menjadi komoditi unggulannya dan bahkan penjual dan pedagang rela membeli lebih tinggi sedikit dari varietas padi tertentu.

Sebagai penjual beras inilah alasan yang sangat penting kenapa beras-Padang Sumatera Barat ini cukup bisa bertahan dengan gempuran jenis beras lain yang didatangkan dari luar. Karena kualitas inilah beras prima super diatas sudah mempunyai pangsa pasar yang jelas. Apalagi urang awak yang tidak bisa melupakan beras ibu dari Ranah Minang, rela membayar mahal jika mendapatlan beras yang benar murni untuk memanjakan selera enak dan gurih.

No comments:

Post a Comment