Translate

Tuesday, November 14, 2017

Cara Cerdas Nyata Bedanya Beras Asli dan Beras Plastik

Memang untuk mendapatkan beras-asli ini sudah menjadi peduli konsumen. Biarlah harga penjualan untuk dibeli sedikit lebih mahal tetapi keutuhan prima seluruh bulir beras yang ingin anda dapatkan tetap berkualitas. Seperti negara tetangga Malaysia juga marak beras asli dan beras palsu plastik yang dilakukan oleh oknum pedagang nakal menjadi trending topik untuk diperhatikan pihak otoritas negara. 

Rata-rata negara Asia konsumsi beras sebagai bahan pokok yang akan mereka cari untuk kebutuhan sehari-hari sudah tidak bisa ditawar lagi. Yang menjadi kendala utama adalah beras yang dibeli ini masih dibayang-bayangi oleh oplosan oleh penjual, butuh peduli cermat yang harus diperhatikan konsumen. Berikut Cara Cerdas Nyata Bedanya Beras Asli dan Beras Plastik dan anda sebagai konsumen harus mendapatkan informasi ini. Rangkuman ini gabungan penemuan yang telah dilakukan oleh para pembeli dan penjual yang membandingkan beras asli dan beras plastik yang berhasil kami telisik.

Gambar Perbedaan Beras Asli dan Beras Plastik. Poto oleh: en.tempo.co


Keyword: ciri ciri beras plastik setelah dimasak. gambar beras plastik. cara mengetes beras plastik. ciri ciri beras plastik jika dibakar. contoh beras plastik. ciri ciri beras plastik dan gambarnya
ciri2 beras plastik. cara membedakan nasi plastik dan nasi asli

1. Perhatikan pada saat beras di tes dalam perendaman.
Inilah cara yang banyak dilakukan untuk menguji keaslian beras, apakah beras asli atau beras plastik. Perbedaan yang nyata dan jelas adalah beras asli apabila direndam bulir beras akan terendam seluruhnya sedangkan beras plastik otomatis akan mengapung. Sifat plastik yang ringan apabila bertemu dengan air akan terlihat pengapungan di permukaan air akan banyak terlihat. Jika terlihat fenomena seperti ini makan dicurigai beras plastik telah anda beli.

2. Tes penumbukan beras.
Sebagian konsumen ada mencoba melakukan eksperimen seperti ini. Jelas kalau beras asli apabila ditumbuk akan menjadi bubuk tepung putih dan hancur seluruh bulirnya jika dilakukan penumbukan keseluruhan bulir beras. Inilah ciri beras asli yang telah anda beli. Apabila beras palsu jika ditumbuk bulir beras tidak akan hancur malah akan terlihat penyok dan sama sekali tidak ada bubuk seperti tepung pada beras asli. 

3. Uji eksperimen dengan cara dibakar.
Cara ini juga bisa dilakukan apabila beras asli dan beras palsu dilakukan percobaan seperti ini. Ambil sedikit beras asli dan dibakar dibara api dengan waktu tertentu. Anda akan melihat beras asli berakhir menjadi abu yang ringan setelah terjadi pembakaran sempurna. Jika beras plastik apabila dibakar secara sempurna akan meleleh dan menghasilkan gumpalan hitam. Perbedaan nyata ini sudah banyak yang menguji dan masuk dalam logika secara fisika. Plastik jika dibakar akan menghasilkan masa akhir yang menggumpal dan hitam, inilah ciri ciri beras plastik jika dibakar. Plastik adalah unsur utamannya berasal dari minyak bumi yang berbentuk plastik turunan berwarna putih mengkilat.

4. Percobaan dengan cara menggigit.
Cara yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga pada saat membeli beras. Biasanya mereka mengambil sedikit beras dan kemudian digigit dan bisa langsung dirasakan apabila beras asli digigit akan hancur menjadi tepung dan hancur. Sedangkan beras plastik tidak akan menjadi hancur malah keras untuk digigit terasa keras dan tidak akan hancur. Walaupun sebagian orang ada menyangkalnya tidak bisa diambil acuan, tetapi apabila anda menemukan dan melakukan eksperimen seperti ini bisa dicurigai beras ini sudah dioplos dengan beras plastik dan jangan dilakukan pembelian. 

5. Lihat warna beras.
Secara kasat mata jelas terlihat beras asli akan terlihat warna beras  putih agak keruh dengan bagian tertentu bulir beras ada pecah terlihat warna putih susu. Jika dicermati secara keseluruhan bentuk bulir ukuran beras tidak seluruhnya utuh. Inilah ciri beras asli yang banyak diketahui oleh masyarakat. Apabila beras plastik seluruh bulirnya utuh tidak ada pecah pada permukaan beras dan seluruh bulir bentuknya serupa. Perbedaan warna dan bentuk juga bisa anda bandingkan ya.

6. Rasakan bulir beras ditangan anda.
Sebelum membeli beras konsumen akan melakukan bulir beras akan mereka raba atau rasakan di permukaan tangan. Cara ini bisa membedakan beras asli atau beras palsu. Beras asli akan terasa kasar bahkan kesat jika dilakukan pada cengkraman di tangan terasa kuat kesat, sedangkan beras plastik akan terasa licin dan dicengkram akan mudah terlepas.

7. Lihat fisik luar beras.
Anda juga bisa melakukannya untuk melihat ciri fisik luar beras sebelum melakukan pembelian. Lihatlah bulir beras akan terlihat adanya sedikit lapisan halus berbentuk tepung pada beras asli. Apabila dipegang atau dicengkram akan menempel ke jari tangan berupa warna putih seperti terkena tepung. Inilah ciri khas beras asli yang sudah sangat umum diketahui oleh masyarakat. Beras plastik tidak ada lapisan putih sama sekali bahkan tangan anda akan tetap bersih seperti sebelum memegang bulir beras plastik ini. 

8. Lihat hasil akhir setelah dimasak.
Bukti nyata terlihat beras asli dan beras plastik apabila setelah dilakukan pemasakan di rice cooker di rumah anda. Untuk beras asli hanya butuh waktu untuk takaran dua gelas ukur rice cooker butuh waktu +/-30 menit sampai beras tersebut masak. Jika beras plastik butuh waktu lebih lama memasaknya. Patut dicurigai bahwa durasi waktu masak termasuk dalam perbedaan diantara kedua beras ini. Untuk beras asli tertentu juga ada durasi waktu masaknya relatif lama tetapi setelah anda perhatikan semua tata cara yang ada pada tulisan menjurus pada beras asli maka beras tersebut adalah asli. Jadi konsumen harus sangat kritis untuk melihat secara seksama. Inilah cara membedakan nasi plastik dan nasi asli setelah menjadi sepiring nasi.



9. Cium aroma beras.
Pasti ada perbedaan antara beras plastik dan beras asli dari aroma beras yang dihasilkan disetiap bulirnya. Beras asli ada aroma khas beras dengan bercampur aroma gabah alami ada sedikit apek yang sudah pasti anda mengetahui. Aroma ini merupakan ciri khas beras asli yang umum sebelum anda membeli beras. Beras plastik aromanya seperti adanya campuran bahan kimia dengan aroma yang tidak khas bahkan jika dicium seperti parfum wangi seperti melati atau pandan. Caranya ambil sedikit letakan ditangan kemudian cium setelah anda mengocok beras tersebut ditelapak tangan. Perbedaan ini pasti anda akan merasakannya.

10. Uji laboratorium sebagai pamungkas akhir mengetahui perbedaan beras.
Cara ini mungkin tidak banyak yang akan melakukan karena butuh biaya yang relatif banyak dan butuh waktu. Biasanya cara ini dilakukan oleh distributor atau agen yang ingin mendapatkan setiap bulir beras asli dengan sertifikat yang akan dikeluarkan oleh otoritas pemeriksa di laboratorium. Biasanya BPOM dan Dinas Pertanian setempat yang akan memberikan informasi lengkap dan lebih komprehensif untuk setiap point penting yang terisi informasi yang dibutuhkan. Inilah cara yang paling khusus dilakukan untuk pedagang besar untuk menguji kualitas beras dari penjual dan pedagang padi.

FYI. Kasus beras asli dan beras plastik sangat marak di media sosial karena adanya temuan dari konsumen yang telah membeli beras merasa tertipu dan dilaporkan kepada pihak kepolisian. Dengan adanya kasus ini anda sebagai konsumen harus tetap waspada setiap jenis varietas beras yang ada dipasaran untuk memperhatikan cara ini sebagai senjata pamungkas konsumen untuk mendapatkan beras berkualitas bahkan setiap bulirnya asli. Sebaiknya anda bisa mengetahui secara langsung penjual dan pedagang beras yang masih ada kejujuran untuk membantu anda menyediakan beras berkualitas tinggi asli tanpa ada oplosan bahkan terbebas dari beras plastik yang akan merusak kesehatan. Jangan percaya dengan harga beras murah dan kualitasnya sangat rendah tidak ada nilai gizi sama sekali. Beli beras super prima dengan harga yang pantas serta kualitas tinggi untuk kesehatan keluarga. Perlu anda ketahui bahwa dampak terhadap kesehatan konsumsi beras platik akan terjadi kerusakan organ vital didalam tubuh seperti lambung, hati, pencernaan, serta organ lainnya pada jangka panjang anda mudah sekali terserang penyakit yang berujung pada kematian.

Sebagai akhir tulisan ini sebagai konsumen adalah penentu untuk membeli beras harus mengetahui Cara Cerdas Nyata Bedanya Beras Asli dan Beras Plastik ini sebagai jurus jitu untuk memutus mata rantai penjualan beras plastik yang sudah mulai meresahkan. Konsumen seperti anda harus mengetahui track record penjual dan pedagang yang jujur menjual beras jenis apapun varietasnya, dengan seleksi alam penjual yang jujurlah akan memenangkan kompetisi dalam perdagangan beras di pasar tradisional dan secara online. Masyarakat sudah pintar memberikan komentar positif di dunia maya sehingga konsumen lainnya bisa terbantu mendapatkan informasi siapa saja pedagang yang jujur dan tidak jujur. Semoga informasi ini bermanfaat, dan cara ini sebagai standar untuk menghindari beras plastik. Pentingnya beras asli untuk dikonsumsi untuk anda dan keluarga tercinta.

No comments:

Post a Comment