Translate

Tuesday, November 1, 2016

Syarat Menjadi Agen Beras

Semua usaha ada peluang yang harus dicoba. Seperti agen beras untuk penjualan beras begitu menggiurkan keuntungannya. Semakin besar jangkauan semakin besar pula konsumen yang akan mendatangi gerai agen beras anda. Hubungan garis lurus ini sangat cocok dimana kebutuhan akan beras berkualitas sangat dibutuhkan apalagi dengan merebaknya beras palsu mengandung zat berbahaya sebagai topik yang menakutkan bagi konsumen.



Nah, dengan modal kepercayaan dari konsumen inilah agen beras menjadi bisnis yang mulai dilirik oleh kawula muda sebagai peluang penjualan beras skala besar dan dapat juga didistribusikan langsung ke pengecer ataupun para penjualan beras kecil yang akan menjadi corong likuid untuk mengambil keuntungan.

Ada sebagian agen beras mempunyai berbagai macam jenis beras, tetapi tulisan saya ini dimulai pada satu jenis beras saja terlebih dahulu. Untuk kelanjutannya menambah jenis beras lain setelah melihat peluang pasar agen beras yang telah dirintis mendapat sambutan yang luar biasa dari konsumen atau pedagang serta penjual beras skala kecil yang telah menjadi pelanggan tetap maka untuk penambahan jenis beras lainnya dapat disesuaikan dengan kemampuan agen beras yang telah anda miliki.

Pada tahun 2017 merupakan tahun persaingan yang cukup ketat dimana banyaknya gerai usaha agen besar sudah mulai bergerilya, untuk menerapkan strategi lain dengan memperluas pangsa pasar yang sudah mereka rintis. Strategi akhir yang harus dituju adalah konsumen sangat puas dengan harga yang sangat kompetitif dan beras yang berkualitas. Inilah impian seorang agen beras yang akan mereka raih dalam jangka waktu tertentu.

Belanja modal untuk membuat tempat atau gerai toko beras sebagai seorang agen beras memerlukan nominal uang untuk stok beras dan biaya tempat. Kedua jenis kegiatan ini akan terwujud setelah konsumen beras sudah mulai meningkat jumlahnya dan siap mengambil aksi ini. Apabila anda sebagai pemula untuk memasuki agen beras harus ditunda dulu setelah konsumen anda telah terbentuk.

Seorang agen beras akan mendapatkan jenis beras berkualitas baik dari tangan pertama yaitu pembelian gabah petani langsung dan langsung digiling di tempat penggilingan padi yang telah menjadi beras serta di kemas. Berbeda dengan seorang pengecer atau penjual beras mendapatkan beras dari agen beras atau distributor beras tentu dengan harga yang berbeda jika anda seorang agen beras.

Agen beras harus mempunyai informasi yang cukup handal dimana lokasi sentra beras yang berkualitas dengan harga yang sangat jauh dibawah harga pasar sebagai modal khusus sebagai agen besar.


Syarat Menjadi Seorang Agen Beras Terpercaya.


1. Membuka gerai toko beras atau agen beras membutuhkan waktu yang cukup lama. Kelihatannya sangat mudah secara teori tetapi secara praktek sangat butuh nyali besar. Apabila anda sebagai pemula, mulai dari bawah sebagai penjual beras eceran. Jika sudah terbentuk konsumen tetap barulah rencana sebagai agen beras dapat dilakukan.

2. Pahami dengan jelas jenis beras yang akan anda jual. Sebagai agen beras harus paham identifikasi jenis beras, ciri khusus, dan spesifikasi lainnya. Kegunaannya supaya menjadi agen beras untuk tidak mudah ditipu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

3. Sebagai agen beras alangkah lebih baik mempunyai penggilingan padi sendiri serta langsung melakukan pembelian gabah petani pada saat panen raya. Strategi ini dilakukan supaya terjadi integrasi antara pengadaan beras dan kemasan pada tempat yang sama untuk menciptakan ketersedian beras cukup pada saat yang tepat.

4. Mempunyai armada yang cukup mengangkut hasil beras yang sudah digiling dan dikemas ke tempat pemasaran beras. Agen beras selalu tanggap dengan ketersediaan transportasi untuk memudahkan bongkar buat beras.

5. Pembayaran beras dilakukan secara tunai. Kegunaannya adalah untuk mempercepat perputaran uang dan beras. Apabila terjadi pemberian kredit atau penundaan pembayaran maka akan mengakibatkan cash-flow akan terhambat dan pertukaran beras baru tentu akan terjadi kendala. Pastikan pembayaran selalu lancar dan cermat untuk menentukan pihak mana yang dapat diberikan pembayaran secara kredit.   

6. Agen beras harus memperhatikan kondisi beras selalu baru. Beras yang pertama masuk akan pertama keluar. Moto ini harus diterapkan agar kondisi beras buruk tidak tercipta. Konsumen sangat menyukai kondisi beras baru dan prima setelah menjadi nasi yang beraroma harum dan rasanya lebih gurih.

7. Jadilah agen beras dengan penjualan beras jujur dalam memberikan jenis beras yang dijual. Modal kejujuran adalah mutlak di bisnis apapun. Apabila tidak ada kejujuran dalam bisnis akan mempercepat rintisan agen beras anda cepat gulung tikar.

8. Lokasi rintisan agen beras tergantung dari awal berdirinya toko agen beras yang telah ada. Bisa saja lokasi di perumahan, pasar, atau di jalan utama. Alasannya adalah, pertahankan lokasi awal berdiri dan mencari lokasi baru untuk memperluas pangsa pasar. Jangan hilangkan identitas awal supaya konsumen setia selalu mudah menemukan toko agen penjualan beras anda. 

9. Kebersihan lokasi agen beras tempat penjualan beras harus bersih dan terbebas dari hama beras seperti tikus, semut, serta hewan lainnya. Terciptanya situasi kondusif terhadap jenis beras yang tersedia di tempat penyimpanan. 

10. Promosi tepat sasaran agar terciptanya konsumen baru. Lakukan sesuai dengan karakter bisnis yang telah anda terapkan agar agen beras penjualan beras ini menjadi lokasi bisnis yang dicari oleh konsumen yang membutuhkan beras berkualitas. 


No comments:

Post a Comment