Translate

Thursday, June 15, 2017

Beras Arborio Italia

Jangan salah negara Italia juga mempunyai varietas beras super yaitu beras Arborio. Beras Arborio Italia merupakan beras unggulan yang sudah diincar karena kualitasnya dan sudah mendapat konsumen tetap yang ada di belahan dunia. Pemerintah negara Italia memberikan respon positif terhadap jenis varietas beras ini dan menjadi bahan pokok pembuatan risoto dan puding beras di bidang kuliner. Jadi negara Eropa juga memiliki beras berkualitas dari negara Italia bernama Arborio. Arborio adalah sebuah nama kota yang terletak di wilayah Val Padana posisinya di sebelah utara negara Italia.

Ciri khas beras arborio dari negara Italia ini adalah warna bulir berasnya seperti putih susu, jika dimasak dengan menggunakan takaran air yang banyak kondisi beras tidak akan menjadi hancur jika dimasak dengan waktu lama. Beras Arborio sifatnya banyak menyerap air dan menghasilkan hidangan yang creamy dan teksturnya kenyal atau chewy. Mari kita lihat ciri khas beras arborio dari tekstur bentuk bulir berasnya, butir beras lebih besar dan nyaris berbentuk bundar jika dibandingkan dengan beras lainnya.


Bentuk Bulir Beras Arborio dari Negara Eropa Italia. Poto oleh: rte.ie


Fakta dan Nutrisi Beras Arbario dari Negara Italia.


Sebagai bahan baku untuk membuat menu yang sangat lezat seperti risoto yang creamy. Dengan bertambah creamy karena banyak sari pati yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun sari pati ini lebih banyak jika dibandingkan dengan beras tradisional lain dengan jenis yang sama berwarna putih. Untuk sari pati yang banyak ini tidak diartikan lebih tinggi karbohidrat. Tetapi proses penguraian nutrisi yang terkandung didalam beras arborio ini menentukan bagaimana bahan pokok ini menyehatkan berdasarkan pada cara baik etiket untuk konsumsinya.


1. Sumber Karbohidrat.

Meskipun beras arborio mengandung beberapa unsur proterin dan lemak, hampir 90% kalori yang berasal dari beras adalah karbohidrat itu sendiri. Dengan takaran 1/4 gelas beras yang disiapkan mengandung 38 gram karbohidrat, 4 gr protein, dan 0,5 gr lemak. Karbohidrat yang terkandung dalam varietas beras ini hampir sama dengan jenis beras yang lain hanya berbeda sedikit saja yaitu 37 gr. Beras arborio juga mengandung sumber terbaik serat bagaimanapun hanya dengan perbedaan 2 gr per sajian dengan 0,6 gr pada jenis beras lain. Serat ini sangat penting bagi tubuh untuk kontrol rasa lapar dan cocok sekali untuk menu diet sehat yang berdampak pada menurunnya resiko penyakit jantung tipe 2 dan kegemukan atau obesitas.

2. Takaran Kalori.

Perhatikan takaran kalori yang akan dikonsumsi, beras arborio adalah sejenis beras yang mempunyai sekitar 170 kalori per 1/4 cangkir sebelum dimasak. Jika anda memasukan ke dalam 2.000 kalori diet sehat per hari berarti tidak kurang dari 10% kebutuhan kalori yang harus dikonsumsi untuk beras arborio. Jika ditelisik kebutuhan orang Amerika mengenai jumlah kalori yang mereka konsumsi menjadi suatu epidemik kegemukan yang telah meraja rela. Data ini diambil dari Dietary Guidelines untuk orang Amerika pada tahun 2010. Jadi intinya mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsi sangat perlu dipahami agar jumlah yang benar dikonsumsi telah anda ikuti setiap menu setiap hari.

3. Bebas Sodium.

Apabila anda ingin membatasi jumlah sodium yang dikonsumsi setiap hari, beras arborio Italia sebagai pilihan yang terbaik. Berdasarkan data yang telah dipublikasikan pada Dietary Guideline pada tahun 2010 menyebutkan bahwa rata-rata konsumsi orang Amerika untuk Sodium ini adalah 3.400 mg per hari. Jika lebih akan meningkatkan tekanan darah mempunyai efek resiko penyakit jantung dan penyakit ginjal. Untuk menciptakan kesehatan tubuh yang prima perhatikan jumlah konsumsi sodium yang direkomendasikan oleh ahli gizi dengan jumlah konsumsi yang dianjurkan sekitar 2.300 mg per hari. Jika anda berumur lebih dari 51 tahun batas atas yang dianjurkan adalah 1.500 mg per hari.

4. Zat Besi.

Beras arborio tidak banyak mengandung vitamin atau mineral tetapi ada sejumlah sedikit zat besi. 1/4 gelas beras setara dengan 1% nilai konsumsi setiap hari. Zat besi ini berguna untuk mengangkut sejumlah oksigen ke seluruh organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh. Tubuh tidak mampu untuk menyerap zat besi pada beras sebagai bahan pokok tetapi sumber lain yaitu daging. Menu makan dikombinasikan antara beras dan daging sebagai makanan yang kaya dengan vitamin c seperti sayuran dapat meningkatkan penyerapan zat besi lebih optimal.

Produk Olahan Beras Arborio.


Penggunakan beras di negara Italia juga mempunyai produk yang telah diolah dan sangat lezat untuk dinikmati seperti risotto, puding beras, paela, serta aneka panganan lainnya yang tentu menggunakan bahan baku beras arbario.
    

Menjadi Destinasi Pangan Dunia.


Dengan banyaknya peminat beras arborio yang mengandung banyak sari pati yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan varietas lainnya sudah memasuki negara lain untuk budi daya seperti Amerika Serikat. Kota yang cukup baik tumbuhnya di Arkansas, Missouri, dan California. Begitu strategisnya komoditi ini menjadikan destinasi pangan untuk kualitas kuliner yang akan disuguhkan oleh para chef dan juru masak handal yang mahir menggunakan beras arborio dari negara eropa Italia.


Sumber: Wikipedia, Livestrong, dan data lainnya diolah.



No comments:

Post a Comment