Translate

Wednesday, June 14, 2017

Beras Jasmine Thailand

Dunia kuliner di Asia mayoritas makanan pokok adalah Nasi. Beraneka bahan beras yang terkenal yaitu beras jasmine yang terkenal dari negara gajah Thailand. Memang Thailand juga maju didalam pertanian termasuk jenis varietas prima jenis Jasmine. Menjadi buah bibir di seluruh Asia menjadikan peminat dari beras Jasmine Thailand ini sudah antri di setiap super market untuk membeli sebagai bahan pokok yang harus tersedia di meja makan.

Tidak diragukan lagi jenis varietas unggulan ini sudah mempunyai konsumen tetap diseluruh dunia, tidak hanya di Asia bahkan negara Eropa dan USA sudah menjadi pasar utama beras Jasmine ini. Karena kualitas pasti sangat diunggulkan, treatment varietas mulai dari proses tanam hingga panen juga diperhatikan sepenuh hati.




Jasmine Rice Thailand, Beras Jasmine Thailand. Poto oleh: Wikipedia


Ciri Khusus Beras Jasmine Thailand.


Sebagai konsumen yang ingin mengetahui apa saja ciri khusu beras Jasmine Thailand ini yang sudah menghipnotis konsumen diseluruh dunia, berikut penjelasannya.

1. Setiap bulir berasnya panjang dengan ukuran yang sama untuk satu kemasan beras.

2. Jenis varietas ini berkembang di negara gajah putih Thailand sebagai beras unggulan.

3. Beras ini apabila telah menjadi nasi akan menjadi pulen dan tidak terlalu lengket.

4. Memiliki aroma wangi melati yang samar apabila tercium pada saat makan.

5. Mempunyai tingkat kualitas beras Jasmine Thailand yang tergambarkan dari harga yang akan konsumen bayar untuk medapatkannya.


Bahan Pokok Strategis Negara Thailand.




Tempat tumbuh jenis varietas Jasmine ini mendapat perhatikan khusus bagi Pemerintahan Negara Thailand. Untuk memberikan penelitian, pengembangan, dan pembenahan untuk progress jangka panjang. Tradisi yang ada di negara Thailand membuat sejarah dengan proses yang sangat panjang membuat beras ini menjadi sangat booming. Menurut penelitian dari istitusi internasional menempatkan urutan ke lima di dunia sebagai eksportir beras sehingga kebutuhan setiap tahun menjadi meningkat membuat kebijakan pemerintah Thailand menjadikan areal lahan pertanian sekitar 10 juta hektar untuk memberikan lahan untuk bercocok tanam padi varietas Jasmine.

Kompetisi Persaingan Bahan Pokok.


Dengan tingginya persaingan bahan pokok beras ini Pemerintah Thailand sangat memberikan atensi tinggi dengan keberadaan beras Jasmine ini sebagai unsur utama pendapatan asli negara. Perhatian ini tidak hanya memasarkan produk bahan pokok ini keseluruh dunia melainkan juga tata krama dimulai dari proses penanaman, perawatan, hingga panen. Lokasi utama terbaik menanam beras varietas Jasmine ini berada di lereng pegunungan yang menjadi lokasi yang sangat diprioritaskan karena masih baiknya kondisi air alami, suhu udara yang cocok, dan menghasilkan beras yang sangat bersih mempunyai aroma khas. Permintaan relatif stabil di pasaran dan mempunyai harga yang sangat kompetitif.

Dengan bentuk khas bulir beras panjang menandakan varietas ini dikenali sehingga banyak negara tetangga Thailand mencoba menanam varietas Jasmine ini seperti Kamboja, Malaysia, Laos, Vietnam, dst. Negara Kamboja cukup mengapresiasi penanaman beras ini dan ikut dalam persaingan beras di tingkat International Rice Trader World Rice Conference di Bali pada tahun 2012 menjadikan negara ini cukup baik kualitasnya dari segi rasa dan mutu..

Komparasi Kualitas Beras di Indonesia.


Sebenarnya kualitas beras yang ditanam di Indonesia mempunyai peluang untuk bisa bersaing dengan beras Jasmine Thailand di manca negara. Hanya saja peran serta pejabat berwenang harus masuk ke dalam ranah manca negara untuk memperkenalkan dan membawa brand tertentu yang bisa disejajarkan dengan beras jenis apapun yang sudah diterima oleh pasar dunia. Jika kita lihat di negara Thailand memberikan lampu hijau untuk jenis beras varietas Jasmine yang dijadikan sebagai pemasok pendapat asli negara yang akan membuka peluang kerja yang cukup signifikan. Porsi kegiatan pertanian ini menjadi bergairah dengan permintaan jumlah kuantitas beras ini sudah mulai mendapat pasar tetap di beberapa negara.

Dari ilustrasi proses penanaman beras jenis Jasmine Thailand ini ditanam dilereng perbukitan yang masih mempunyai jumlah ketersedian air yang cukup baik dengan nutrisi hara yang dibutuhkan oleh tanaman padi. Banyak sekali varietas padi yang ditanam dilereng pergunungan seperti yang ada di Sumatera Barat seperti jenis beras yang ditanam di Kabupaten Solok, dan Agam Bukittinggi. Dari segi rasa dan kualitas cukup mumpuni bisa bersaing tetapi kesempatan untuk memperkenalkan butuh suatu wadah atau institusi negara yang membantu pemasaran dengan pihak luar yang dapat menguji kemurnian kualitas tinggi beras yang ada di Sumatera Barat ini. Tidak hanya lokal di provinsi ini saja tetapi juga beberapa jenis varietas lain yang ada di seluruh Indonesia bisa dijadikan tema produk agraris mencipta rupiah yang manis.

Nah, sinergi antara pejabat berwenang di Indonesia dan kelompok tani dapat membuat produk bahan pokok varietas beras yang ditanam di negara sendiri dapat memberikan sumbangsih kuat dalam perekonomian bahkan dapat menciptakan peluang pasar yang cukup baik sehingga denyut nadi UMKM dapat terwujud dalam waktu dekat. Semoga. Secara jangka panjang dapat menjadikan produk unggulan yang dapat bersaing dengan beras Jasmine dari negara gajah putih Thailand.

Bagaimana cara memasak beras jasmine Thailand. Berikut ilustrasi dari Pailin's Kitchen.




Fakta Nutrisi Beras Jasmine Thai.


Jika anda ingin mencari alternatif lain bahan pokok utama beras pilihlah beras jasmine sebagai pilihan terbaik. Beras asli dari Thai ini sejenis varietas beras yang setelah dimasak pulen dan sedikit lengket. Rasanya seperti ada rasa jagung dan aroma melati membuat jenis menu masakan sangat cocok bercampur dengan beras jasmine Thailand. Dapat juga ditelisik bahwa beras ini sebagai sumber dasar energi dan membantu asupan konsumsi harian dengan baiknya kebutuhan unsur zat besi.

1. Sumber Energi.

Dengan takaran 1/4 gelas beras jasmine Thai akan terbentuk 3/4 gelas yang telah dimasak mempunyai jumlah kalori sebanyak 160 kalori. Banyak kalori berasal dari unsur karbohidrat didalamnya dimana 35 gr per 1/4 gelas penyajian. Karbohidrat merupakan sumber untuk terbentuknya energi tidak hanya untuk masa otot tetapi untuk organ otak, sistim urat syaraf dan ginjal juga membutuhkan. 45% - 65% kalori per hari diambil dari karbohidrat.
2. Pilih Jenis Beras Merah Untuk Penting Serat.

Sebagai menu sehat pada diet sehat, ganti jenis beras putih ke beras merah khususnya untuk beras jasmine Thailand. Dengan takaran 1/4 gelas beras jasmine merah mengandung 2 gr serat, dan serat ini tidak ditemukan pada jenis beras putihnya. Untuk konsumsi orang USA masih jauh dari kurang yang direkomendasikan oleh ahli gizi. Untuk wanita dewasa per hari membutuhkan 38 gr rata-rata konsumsi hanya 15 gr saja. Serat merupakan bahan pangan yang dibutuhkan untuk proses pencernaan dan juga berguna untuk meningkatkan jumlah lemak darah yang cukup dan membantu kontrol gula darah.

3. Sedikit Kandungan Protein Dan Lemak.

Beras jasmine thailand mengandung sedikit jumlah protein dan lemak. Takaran 1/4 gelas beras jasmine mengandung 3 gr protein. Jumlah yang sedikit ini juga tidak mengandung asam amino esensial. Ada sedikit perbedaan lemak yang ada pada jenis beras putih dan beras merah jamine thailand. Jenis putih bebas lemak, beras merah hanya 1 gr lemak. Khusus untuk beras merah juga mengandung vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

4. Zat Besi.

Jika kekurangan zat besi akan mengakibatkan resiko penyakit anemia dimana kekuarangan seperti sudah terjangkiti pada penduduk dunia berdasarkan informasi dari Dietary Supplement. Beras jasmine Thailand tidak mengandung jumlah yang banyak zat besi, tetapi ada beberapa merek membentenginya dengan sejumlah zat besi yang lebih baik disetiap produk.

5. Vitamin B.

Ada beberapa merek beras jasmine memperkaya bulir berasnya dengan vitamin B. Nutrisi esensial ini sangat penting sekali untuk merubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Beberapa merek juga memberikan manfaat lain yaitu sumber asam folic dengan kebutuhan 20% nilai konsumsi per hari. Folic acid ini dikenal juga dengan vitamin B yang berguna bagi wanita yang akan melairkan karena jumlah yang memadai diperlukan pada masa kandungan berasal dari vitamin B.


Negara Thailand dengan beras jasmine ini menjadi bahan baku untuk produk turunan untuk kosmetik dan kecantikan yaitu sabun beras. Dengan banyaknya zat natural alami yang sangat bermanfaat yang terkandung pada beras ini banyak sekali maka pelaku ekonomi mengambil posisi untuk menciptakan produk untuk kulit dengan berbagai bentuk seperti sabun, lulur, atau produk lainnya. Jadi, negara gajah putih Thailand ini sudah menjadikan beras jasmine sebagai produk strategis untuk pemasukan devisanya dan membuka beberapa eksportir ke seluruh dunia dengan kualitas beras yang mereka tanam.



Sumber: Wikipedia, Media lainnya, dan data diolah.

Baca juga : Beras Arborio Italia

No comments:

Post a Comment