Translate

Thursday, June 8, 2017

Manfaat Beras Merah

Pada saat sekarang ini banyak sekali pilihan asupan karbohidrat termasuk ada pilihan beras merah kaya manfaat. Pilihan ini tentu ada sebagian orang bingung apakah beras merah ini terbaik sebagai pilihan untuk dikonsumsi. Beraneka jenis beras dengan varietas kualitas tinggi, ada juga beras merah bermutu tinggi. Jadi, anda harus bagaimana menyikapi keseluruhan pilihan beras yang ada di pasaran ini dan dimana saja pembeliannya. Mana yang sesuai dengan kebutuhan, kesehatan, tentu dengan budget anggaran belanja bulanan.

Beberapa literatur dan jurnal memuat berbagai penelitian mengenai jenis beras yang saya angkat menjadi tulisan pada kesempatan ini yaitu beras merah dengan manfaat untuk kesehatan, diet sehat, dan untuk kecantikan. Keseluruhan jenis beras ini sumber karbohidrat dengan berbagai manfaat. Berikut tulisan yang bisa membuka cakrawala berfikir sehat anda untuk melakukan pemilihan tepat.




Manfaat Beras Merah. Poto sebagai ilustrasi oleh: Cara Mencegah Penyakit



BERAS MERAH


Beras merah merupakan jenis varietas beras yang termasuk konsumsi untuk diet sehat alias menurunkan berat badan berguna juga bagi penderita diabetes. Dengan berjalannya waktu konsumsi beras merah ini sudah mulai dilirik oleh kaum urban perkotaan yang ingin mendapatkan tubuh sehat. Mungkin dengan keseharian mereka sudah mempunyai kegiatan kesibukan rutinitas dengan konsumsi makanan yang tidak teratur dan tidak sehat maka perhatian untuk meminimalisir gaya hidup ini beralih mengkonsumsi beras merah sebagai sumber utama karbohidrat mereka.

Penelitian juga menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat yang didapat dari beras merah ini terlebih khusus pada kesehatan. Memang, penelitian ini banyak sekali dilirik oleh konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang akurat tepat dan terpercaya. Seperti penelitian yang telah dilakukan dan diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa beras merah merupakan pilihan yang terbaik untuk nutrisi penting dan beberapa keuntungan lain yang juga bisa didapat.

Beras merah ini masih mempunyai lapisan yang mengandung unsur alami yang kaya dengan protein, tiamin, calsium, magnesium, serat, dan potasium. Seluruh komponen ini juga berguna untuk anda yang mencoba dalam program diet sehat menurunkan berat badan, dan juga bagi yang menderita penyakit diabetes juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi karena membantu mengurangi kinerja insulin di dalam pembuluh darah.

Berikut manfaat sehat beras merah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


1. Sangat tinggi Selenium. 
Unsur Selenium ini sangat berguna untuk mengurangi resiko berkembangnya penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan radang sendi.

2. Sangat tinggi Magnesium.
Dengan takaran satu gelas beras merah mengandung 80% persyaratan minimal asupan unsur magnesium bagi tubuh. Jadi, dapat dikatan Magnesim dapat membantu tubuh untuk melakukan sintesis lemak. Manfaat lain juga untuk kesehatan sistem syaraf dan sistim reproduktif tubuh.

3. Sangat tinggi minyak alami. 
Minyak alami yang terkandung didalam beras merah sangat berguna sekali bagi tubuh yaitu minyak lemak sehat ini dapat membantu menormalkan tingkat kolesterol di dalam pembuluh darah.

4. Membantu penurunan berat badan.
Serat yang terkandung didalam beras merah membuat usus bertambahan sehat dengan fungsi pengeluaran buang air besar [BAB] menjadi lebih mudah. Sangat dianjurkan untuk menambah konsumsi beras merah dalam menu sehari-hari untuk mendapatkan proses BAB lebih lancar setiap hari. 

5. Pertimbangkan jenis beras alami.
Maksudnya, belilah beras yang masih belum ada proses tambahan yang dapat mengurangi manfaatnya. Beras merah yang belum banyak proses ini mempunyai kaya manfaat seperti mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah arteri dan mengurangi tingkat penyakit jantung dan kolesterol.

6. Kaya dengan anti-oksidan.
Rahasia yang sangat penting sekali dan ada pada beras merah. Dapat dikatakan anti-oksidan yang tinggi dalam makanan disamping itu juga ada pada buah-buahan seperti blueberi, stroberi, dan aneka buah lain serta sayuran. Kapasitas anti-oksidan yang terkandung pada beras berah sangat tinggi.

7. Mengandung serat tinggi.
Serat adalah komponen penting yang ada pada makanan yang membantu mencegah penyakit kanker usus. Jadi, serat tinggi ini dapat juga berasal dari beras merah. Serat ini bekerja untuk membuang seluruh racun yang ada didalam tubuh sebagai penyebab kanker, untuk menguranginya dengan cara membersihkan dinding usus tersebut pada saat BAB.

8. Memperlambat pelepasan kadar gula.
Beras merah membantu mempertahankan stabilitas gula darah, bagaimanapun makanan ini sangat menjadi pilihan bagi penderita diabetes. Studi yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa konsumsi satu setengah cangkir setiap hari akan mengurangi resiko berkembangnya penyakit diabetes sekitar 60%. Apabila mereka menggantinya menjadi beras putih secara reguler maka mereka akan berkemungkinan menderita berkembangnya penyakit diabetes tersebut lebih tinggi.

9. Sangat bermanfaat sebagai makanan bayi.
Beras merah dapat dijadikan sebagai bahan baku sereal untuk bayi. sangat baiknya menjadikan makanan ini sebagai makanan padat pertama untuk dikonsumsi bayi dengan kandungan nutrisi penting dan serat. Makanan inilah menjadi pilihan yang terbaik jika dibandingkan dengan produk beras putih yang telah diolah menjadi makanan penting di masa pertumbuhan dan memperbaiki masa percepatan siklus pertumbuhan tadi. Jadi dapat dikatakan sebagai beras merah sebagai makanan pendamping asi (MPASI).



Perlu di baca:




---
Note: Kami tidak menjual beras merah, tulisan ini merupakan informasi kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber [vegkitchen.com] dan kami olah sehingga lebih informatif. Semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment