Translate

Wednesday, June 28, 2017

Beras Basmati

Jenis varietas beras-basmati merupakan bahan pokok yang phenomenal dengan harga bagus dan beraroma seperti pandan. Varietas beras-basmati ini banyak tumbuh di negara India dan Pakistan. Sangat uniknya jenis beras ini dapat dikatakan hanya bisa tubuh di kedua negara ini, apabila dikembangkan di luar negara ini sangat sulit sekali berkembang seperti di negara Inggris. Dengan banyaknya konsumen yang sangat fanatik dengan beras-basmati ini membuat ketersediaan tidak mencukupi mengakibatkan harganya sangat tinggi jika ingin menikmati varietas beras berkualitas ini. 


Setiap tahun kebutuhan beras-basmati sangat tidak terkendali dengan primanya membuat pedagang atau penjual berniat untuk melakukan oplosan dengan campuran beras lain yang mirip sehingga degradasi mutu menjadi berkurang. Kedua negara ini sudah sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ekspor karena jumlah beras didalam negeri sangat tidak cukup dan harganya melonjak tinggi, sangat tidak mungkin menjual ke negara lain dengan harga tinggi.


Memang beras menjadi sumber karbohidrat yang sudah mulai disukai di seluruh dunia, bukan bangsa Asia saja sekarang sudah merambah ke negara Eropa, USA, dan Australia. Alternatif bahan pokok pangan yang selalu akan dicari sebagai pengganti gandum juga direkomendasikan oleh para ahli gizi di dunia kesehatan. 



Bentuk Bulir Beras Basmati Super Prima dari India dan Pakistan. Poto oleh: chefdewet.co.za

Ciri Khas Beras Basmati.


1. Mempunyai wangi khas pandan di setiap bulirnya apabila telah menjadi sepiring nasi.

2. Varietas prima kualitasnya dan hanya dapat tumbuh di negara India dan Pakistan.

3. Bulir beras panjang dan sama untuk setiap satu kemasan berat.

4. Jika telah menjadi nasi setiap bulirnya memisah tetapi tidak pera. Alasanya mengandung amilosa yang cukup tinggi.

5. Bulir beras akan menjadi bertambah panjang menjadi tiga kali lipat dari semula setelah dimasak menjadi nasi.



Jika kita telisik untuk harga beras basmati memang cukup mahal dipasaran dengan alasan ketersediaanya cukup terbatas dan kebutuhan cukup besar di negaranegara timur tengah. Untuk menu yang sering menggunakan beras basmati adalah untuk nasi kebuli, nasi briyani, mandi, dan kabsa. Tetapi jangan salah, beras basmati mempunyai beberapa poin penting yang menjadi perhatian sebagian orang mengenai manfaat terhadap kesehatan.

1. Menu Diet Sehat.


Pada saat sekarang kesehatan sudah menjadi perhatian yang mempunyai atensi tinggi seperti di negara Asia termasuk Indonesia. Warna beras putih cukup bersih yang mempunyai indeks glikemik yang cukup tinggi dengan kemudahaan tubuh untuk proses pencernaan untuk terciptanya energi yang harus digunakan untuk aktifitas setiap hari. Proses seperti ini menjadikan kadar gula yang ada pada darah akan cepat naik dan juga cepat turun mengakibatkan anda cepat merasa lapar. Beras basmati adalah jenis varietas beras yang tidak mudah cepat dicerna oleh tubuh karena mengandung amylose yang cukup tinggi sehingga proses pelambatan cerna membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga rasa lapar dapat bertahan cukup waktu lama.

2. Perhatikan Brand Beras.


Merek beras sangat perlu diperhatikan, semakin mahal harga beras untuk merek tertentu memberikan indikasi bahwa beras basmati ini cukup baik kualitas dan prima. Untuk mengetahui apa saja beras basmati yang mempunyai kualitas baik dapat dimulai dari komentar dari media sosial, grup kesehatan, serta anjuran dari ahli gizi.

3. Murni Tingkat Tinggi.


Pedagang dan penjual yang nakal ada dibelahan dunia mana saja mungkin juga terjadi. Tidak hanya di Indonesia saja yang marak dengan sifat yang tidak terpuji ini sangat merugikan konsumen yang ingin mendapatkan beras berkualitas. Komposisi dengan takaran yang mereka lakukan akan merusak jenis beras apapun yang telah dijual oleh pelaku bisnis beras yang jujur dengan komitmen tinggi untuk menyediakan beras murni menjadi buruk persepsinya di hadapan konsumen. Cari dan temukan pelaku bisnis yang mempunyai pengalaman yang cukup tinggi menyediakan beras basmati ini yang masih konsisten dengan mutu kualitas yang mereka suguhkan kepada konsumen setia mereka.

4. Tingkat Kualitas Beras.


Beras basmati juga mempunyai tingkat kualitas yang disediakan oleh provider ataupun pelaku bisnis beras baik secara konvensional ataupun online. Ada kualitas ada juga harga yang mengikuti setiap kemasan yang tersedia. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan kesempatan dari beras basmati yang anda konsumsi bersama keluarga.

5. Hanya Negara Tertentu. 


Tempat tumbuh beras basmati ini hanya bisa baik perkembangan pertumbuhannya di negara Pakistan dan India. Tepatnya disebelah utara dari kedua negara ini. Hanya terbatas jumlah kuantitas yang tersedia maka harga beras basmati ini sangat tinggi jika ingin dimiliki.

6. Umur Beras.


Beras basmati mempunyai tingkat perlakuan yang dilakukan oleh sebagian orang dengan mempunyai umur lebih dari 2 tahun sehingga keadaan beras menjadi sangat baik kualitasnya atau mature. Jika perlakuan ini terjadi pada sebagian vendor atau pedagang maka harga beras basmati ini akan menjadi lebih tinggi dikarenakan adanya biaya ekstra untuk penyimpanan yang dibayarkan. Bayangkan, jika konsumen ingin beras basmati ini dengan umur lebih 2 tahun maka harga yang konsumen bayar tentu akan lebih mahal.



Kebutuhan beras-basmati meningkat pada saat perayaan hari raya kebesaran agama di masing-masing negara India, Pakistan, dan Timur Tengah. Beras ini menjadi menu wajib yang harus tersedia di acara inti untuk menjamu semua tamu dalam acara penting dengan suasana akrab dan kekeluargaan. Phenomena beras ini terjalin baik antara kebutuhan bulanan dan permintaan yang relatif stabil membuat harga beras basmati tetap menjai barometer beras yang berkualitas di Asia, Timur Tengah, Eropa, USA, dan Australia.


Untuk peminat beras super dari India dan Pakistan ini sudah ada beberapa vendor internasional yang menyediakan dengan kualitas baik secara online yang bisa diakses dari belahan negara. Untuk memastikan merek yang direkomendasikan dapat dilihat dari harga dan referensi dari berbagai keluarga dekat, artikel review konsumen, komentar pada netizen di grup, bahkan dari cheft profesional yang menggunakan beras basmati sebagai bahan dasar untuk menu lezat yang mereka buat.



Baca juga:




No comments:

Post a Comment