Translate

Monday, October 3, 2016

Apa itu Ekonomi Syariah?

Ekonomi Syariah adalah suatu ilmu yang mempelajari masalah ekonomi untuk semua masyarakat dikaitkan dengan nilai Islam. Aplikasi ekonomi syariah berbeda dengan sistem ekonomi lain seperti sosialisme, kapitalisme, dan lainnya. Ekonomi kapitalisme yang sangat bertentangan dengan nilai Islam dimana terjadi eksploitasi modal yang besar terhadap pekerja serta dilarang penumpukan harta yang berlebihan. Dalam sudut pandang Islam ekonomi yang dilakukan dengan adanya anjuran dalam membantu sesama dan beribadah. 


Apa itu Ekonomi Syariah. Poto oleh: http://nurlienda.wordpress.com/

Apa saja perbedaan ekonomi konvensional dengan ekonomi syariah.


Dengan jatuhnya ekonomi dengan muncul krisis ekonomi diseluruh dunia dengan menggunakan sistem ekonomi konvensional berbasis bunga sebagai instrumen mereka. Berbeda dengan ekonomi syariah yang menggunakan instrumen bagi hasil untuk profit {laba}.

Sistim yang berbasis ekonomi syariah sangat berbeda 360 derajat dengan sistim ekonomi kapitalis, komunis, ataupun sosialis. Ekonomi syariah berdiri sendiri tidak ada hubungan dengan ekonomi yang sudah lama dianut oleh beberapa negara didunia. Prinsip ekonomi yang sangat mengedepankan kepentingan pribadi ataupun kelompok adalah kapitalisme, sedangkan untuk prinsip ekonomi sosialis untuk semua warga penduduk, dan komunis sangat berbeda berhubungan dengan kepentingan negara. Didalam Islam, jika seseorang ingin melakukan kegiatan ekonomi mampu memberikan solusi kesejahteraan untuk semua masyarakat, memberikan rasa keadilan, kekeluargaan dan kebersamaan untuk memberikan kesempatan mengisi peluang melakukan wirausaha.

Prinsip Ekonomi Syariah.


Ekonomi syariah sudah dijelaskan dalam kitab suci Al-Qur'an dengan prinsip dasar untuk melakukan kegiatan ekonomi. Tetapi Sunnah dari Rasulullah yang banyak membahas bagaimana attitude seorang muslim sebagai pelaku ekonomi seperti pemilik modal, produsen, atau konsumen. Ekonomi dalam Islam sangat dianjurkan dan memberi kesempatan seluas-luasnya setiap individu. Makna yang ada dalam ekonomi syariah menekankan pada sifat keseimbangan, kesatuan, tanggung jawab, dan kebebasan. 

Manusia dimuka bumi ini adalah sebagai khalifah yang tidak menonjolkan sifat individu atau egoisme, semua harta yang dimiliki merupakan titipan yang akan dipertanggungjawabkan kelak.  Dalam Islam sangat mengharamkan riba dan menghalalkan jual-beli.



Visi Ekonomi Syariah Islam


Islam menata sistem ekonomi mempunyai tujuan yang sangat mulia yaitu memberikan keselarasan bagi semua umat di dunia. Nilai-nilai baik ekonomi syariah bukan hanya untuk umat Islam saja tetapi untuk semua umat. Makna inti ekonomi islam berlandaskan pada nilai Islam untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan tujuan akhir agama. Manfaat ekonomi syariah Islam adalah untuk seluruh alam yang tidah hanya berfokus pada ekonomi saja tetapi juga pada sosial, budaya serta politik untuk suatu bangsa. Ekonomi syariah dapat diaplikasikan untuk semua aspek ekonomi yang halal dan siap menggantikan ekonomi konvensional yang sudah mulai runtuh di beberapa negara didunia.

Manfaat Ekonomi Syariah.


1. Dari segi manfaat ekonomi sangat dirasakan. Ekonomi syariah memberikan suatu wujud dari integritas dari muslim yang menyeluruh. Apabila seorang muslim masih menggunakan ekonomi konvensional dalam berwirausaha masih menggunakan riba. Jadi Islam belum murni sebab prinsip ekonomi syariahnya terabaikan.

2. Menerapkan semua aktifitas perbankan juga mengamalkan prinsip ekonomi syariah seperti bank syariah, asuransi syariah, reksadana syariah, sukuk, dan lain sebagainya. Semua lini aktifitas ekonomi menggunakan kegiatan perbankan memberikan keuntungan yang sifatnya jauh dari riba. Apabila seorang muslim sudah mengamalkan ekonomi syariah maka ia telah mulai hijrah dari riba kedalam jalan redho Allah SWT yang mengharamkan riba.

3. Perluasan nilai Islam dalam ibadah. Ekonomi syariah sangat menganjurkan untuk mengamalkan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

4. Memperkuat aktifitas syariah disetiap ekonomi. Dengan prinsip ekonomi syariah yang sudah diterapkan secara langsung akan memperkuat basis syariah lain seperti perbankan, asuransi, dan lembaga ekonomi lainnya.

5. Dengan perkembangan ekonomi syariah akan terwujud instrumen ekonomi perbankan yang lebih menyeluruh. Instrumen yang akan dibuat oleh lembaga keuangan memberikan manfaat lain untuk kemajuan suatu aktifitas ekonomi seperti tabungan, deposito, dan lainnya. Perubahan ini berpotensi akan meningkatkan upaya memberdayakan ekonomi umat yang akan jauh berkembang.

6. Mengamalkan prinsip ekonomi syariah berarti anda telah berpartisipasi mengamalkan gerakan yang berprinsip halal dalam kegiatan ekonomi. Program ini sangat banyak didukung oleh beberapa kegiatan ekonomi yang berbasis halal untuk hasil. Dengan prinsip ekonomi syariah ini akan menciptakan kegiatan ekonomi lain dalam bentuk diversifikasi kegiatan lain yang jauh menguntungkan. Ekonomi syariah akan membiayai proyek yang halal dan tidak mendukung proyek yang berbasis riba.

7. Prinsip ekonomi syariah akan menumbuhkan pemahaman lebih dalam terhadap syariat islam yang akan memperkuat basis ekonomi yang lebih baik dan bertahan dalam krisis ekonomi yang telah terjadi dengan sistim ekonomi kapitalisme, sosialis, dan komunis.



Sumber.
Wikipedia
Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia. Penerbit PT Refika Aditama : Bandung. 2011



No comments:

Post a Comment