Translate

Friday, October 21, 2016

Usaha Jual Beras Bagi Pemula

Sebagai pemula memasuki usaha jual beli beras harus waspada dan terampil. Cara ini bisa menyelamatkan semua pembelanjaan modal yang akan dikeluarkan. Harus ketahui usaha jual beli beras untuk pemula sedikit butuh perhatian lebih dan tepat sasaran. Persiapan yang matang dengan semua komponen pendukungnya.


Sukses Usaha Jual Beras Bagi Pemula


Setiap langkah dimulai harus ketahui akibat yang akan timbul setelahnya. Seperti tipe karakter sebagai penjual seperti optimis, jujur, dan menyediakan beras berkualitas harus digarisbawahi. Bagaimana memenangkan kompetisi sesama penjual beras juga harus diteliti termasuk promosi, networking, dan tempat usaha yang akan didirikan.

Modal yang disiapkan tidak ada batas bawah atau batas atas. Tergantung dengan kemampuan untuk pemula memasuki bisnis jual beli beras. Usaha jual beras bagi pemula mempertimbangkan force-majeur atau kerugian dalam minimal jumlah. Kerugian yang banyak timbul mulai dari sewa tempat untuk berdirinya toko dan banyaknya stok beras yang telah dibeli tetapi konsumen belum banyak terbentuk. Apabila terlalu banyak jumlah beras yang sudah dibeli mengakibat lamanya waktu penyimpanan. Lamanya waktu penyimpanan mengakibatkan mutu beras berkurang dan terserang oleh kutu sangat mudah terjadi. Apabila dijual tentu berdasarkan harga pasar yang terjadi pada waktu itu, jika tidak sesuai bahkan dibawah dari harga beras yang telah dibeli pada awal pembelian tentu akan menimbulkan kerugian yang cukup fatal.

Apabila ingin mencoba jual beras lakukan dengan jumlah yang sekiranya mampu untuk dijual dengan jangka waktu tertentu. Perlu keberanian yang cukup tinggi untuk memulainya. Jangan kawatir sebagai pemula dapat dimulai dari lingkungan sekitar, teman sejawat, atau online. Harus sabar dan merintis dengan baik untuk berjuang mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Usaha jual beras bagi pemula dapat mencoba beberapa rekomendasi berikut untuk menjual dengan fokus belanja modal yang sedikit tidak terlalu memberatkan.


1. Door-to-Door


Cara yang sangat kuno tetapi cukup ampuh bagi pemula. Persiapkan awal hanya 100 kg beras untuk siap diajak keliling. Permulaan di lingkungan sekitar tetangga atau rumah makan. Senjata ampuh tambahan adalah dengan lampiran beberapa informasi tentang bisnis yang anda rintis dalam bentuk kartu nama. Langkah ini anda lakukan selama beberapa bulan. Komunikasi ini terjadi antara penjual dan konsumen intensif beberapa waktu. Setelah beras anda dikena pasti konsumen akan kembali lagi untuk memesan dimasa yang akan datang. Jadi harus semangat untuk merintis jual beli beras bagi pemula. Berikan informasi yang baik dan benar kepada konsumen, jujur dalam berbisnis, serta berikan kualitas untuk semua lapisan masyarakat. Seleksi alam untuk penjual akan terjadi terus-menerus untuk menjadi pemenang.

2. Display online dan offline.


Penjualan secara offline sudah pasti dilakukan, secara online seperti saya lakukan sekarang memberikan informasi beras yang dijual juga perlu dilakukan. Membuat blog, dan semua media sosial juga ikut serta. Cara ini dilakukan untuk usaha jual beli beras untuk pemula dengan mendapatkan konsumen dari berbagai cara. Apabila modal yang disiapkan tidak begitu banyak atau relatif sedikit, lakukan pendekatan kepada tetangga untuk bisa anda perkenalkan beras yang akan dijual. Biasanya ibu rumah tangga selalu bercerita dari mulut ke mulut di tempat penjualan sayur atau warung bahkan pada arisan bulanan. 

Yang menjadi fokus perhatian adalah tempat lokasi perumahan yang akan pemula masuki. Ada beberapa pilihan yaitu menengah atas atau menengah ke bawah. Setiap kelas mempunyai kebutuhan jenis beras yang akan disediakan. Usaha jual beli beras bagi pemula harus memperhatikan informasi yang lengkap kebutuhan beras yang mereka inginkan. Seperti menengah atas lebih suka beras yang kualitas bagus dengan harga kadangkala tidak mereka permasalahkan, sedangkan untuk menengah kebawah lebih memperhatikan masalah harga dan kualitas juga banyak pertanyaan. Karakter konsumen inilah yang harus pemula ketahui sebelum masuk ke ranah jual beli beras.

Display pada online dan offline tergantung dari kebutuhan. Apabila konsumen anda sudah mulai banyak dan mereka sudah mengetahui kualitas beras yang dijual display offline dapat dikurangi, mulailah cara online untuk memperluas jangkauan konsumen baru. Usahakan jual beli beras bagi pemula mengutamakan pembayaran tunai atau cash untuk mempercepat perputaran beras yang disimpan di gudang. Jangan terlalu cepat memberi hutang kepada re-seller untuk mengurangi gagal bayar atau kesulitan proses penagihan.

Yang menjadi perbedaan utama antara menegah atas dan menengah bawah adalah dari attitude memilih beras kualitas pertama dan kualitas kedua atau ketiga. Inilah perbedaan yang sangat mencolok karena menengah atas akan memilih beras kualitas prima karena mereka lebih mengutamakan rasa dan tahan lama. Tentu mereka akan rela membayar lebih mahal karena mereka tahu kualitas akan berhubungan dengan harga. Sedangkan menengah kebawah lebih mengutamakan harga daripada kualitas dan rasa. Jadi jual beli beras bagi pemula harus mempelajari karakter konsumen yang akan masuk pasar mereka selalu dengar apa keinginan mereka.

3. Networking.


Jual beli beras bagi pemula manfaatkan jaringan atau networking yang telah dibuat. Perkenalkan semua jenis beras yang akan anda tawarkan seperti rekan sejawat kantor, teman, ataupun masyarakat umum. Apapun jenis gender untuk memulai jual beli beras ini lakukan apa yang terbaik, misalnya seorang wanita mengandalkan pertemuan arisan atau majelis taklim. Untuk pria beraneka ragam kegiatan seperti perkumpulan olahraga atau melakukan penjualan dengan membuka stan menggunakan mobil pick-up. Lakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan kapasitas untuk memulai jual beli beras bagi pemula seperti ini. Jangan ragu dan takut, setiap penjual atau pedagang mempunyai cara tersendiri termasuk unik sesuai dengan karakter.

Mulailah dari lingkungan komunitas yang cukup andal membantu pemasaran beras yang akan anda jadikan sebagai bisnis yang sangat bagus prospeknya. Semua konsumen akan selalu mencari beras yang terbaik buat mereka, sesuai dengan keuangan, serta ikuti pola selera konsumen dengan menyediakan jenis beras yang mereka inginkan. Jual beli beras bagi pemula sangat butuh kerja keras awal untuk mendapatkan konsumen tetap, selalu kontiniu melakukan pemasaran untuk mendapatkan peluang pasar yang masih terbuka lebar.

Bagaimana menciptakan keuntungan wajar?.


Menciptakan keuntungan secara eceran dengan grosiran tentu berbeda. Konsumen membeli 30kg dengan penjual membeli 5ton-10ton juga berbeda. Cara inilah telah kami coba untuk membantu konsumen kami untuk mencoba merintis bisnis jual beli beras ini tertutama bagi pemula. Kalau untuk eceran untuk mendapatkan margin keuntungan antara IDR1000-IDR2000. Skema ini sangat masuk akal dengan pengambilan secara eceran. Berbeda dengan konsumen reseller dengan membeli beras sebanyak satu pick-up atau satu truck berbeda {range antara 5ton-10ton} tadi. Harga ini berpengaruh terhadap volume jumlah beras yang akan dibeli. Makin banyak volume yang dibeli oleh konsumen akan berbeda harganya. Margin yang diambil antara IDR500-IDR800.

Dengan pengalaman yang telah kami jalani sebagai penjual beras, kami juga bisa membantu bagi para penjual atau pedagang yang ingin menjual kembali beras {reseller}. Beras yang kami jual hanya beras asli Solok dengan beraneka ragam jenis. Pada saat sekarang ini beras yang sangat disukai dengan harga yang sangat kompetitif adalah jenis Mundam Pulau {Banang Pulau}. Harga yang sangat kompetitif dan cocok untuk rumah makan, food court, restoran, atau cafe. 

Dengan komitmen yang kami wujudkan keseluruhan konsumen kami, beras yang kami sediakan apa adanya, tidak ditambah campuran apapun seperti penambah zat kimia {pemutih}, ataupun dioplos dengan jenis lainnya. Kami siap membantu bagi pemula yang ingin melakukan jual beli beras. Beras yang kami sediakan dari persawahan kami sendiri dan lingkungan sekitar persawahan kami di Solok.

Awali jual beli beras bagi pemula dengan kami, dan siap meraih konsumen baru dan keuntungan baru. Silahkan menghubungi saya Bp Benny domisili di kota Padang - Sumatera Barat HP/WhatsApp di +62812182265681 . Dengan senang hati saya akan membantu.

No comments:

Post a Comment