Translate

Friday, October 28, 2016

Urang Ampek Jinih Minangkabau

Kekuatan tinggi Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} Minangkabau mempunyai peran tinggi di tatanan adat suatu kaum, suku, atau kampung. Fungsi membantu semua permasalahan yang berhubungan dengan lingkup kemasyarakatan. Pertemuan Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} Minangkabau ini berlangsung di Rumah Gadang Adat yang berlokasi di pusat kaum atau kampung yang berada di Balai. Siapa saja Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} Minangkabau yang duduk bersama untuk memecahkan solusi masalah yang akan dibahas, berikut rinciannya.


Salah Satu Ilustrasi Urang Ampek Jinih Minangkabau. Sumber Poto: Collectie Tropenmuseum.

1. Penghulu.


Penghulu arti bahasa Minangkabau sebagai kepala suatu suku, pemimpin, serta memimpin anak buahnya. Fungsinya sebagai laksana matahari menyebarkan sinarnya keseluruh alam, begitu juga Penghulu, dialah yang berlaku adil untuk seluruh suku. Memberikan keteladanan dan menjadi pedoman untuk keseluruhan suatu suku dan memberikan aura positif sebagai dasar watak yang arif dan bijaksana.

Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} ini sebagai Penghulu mempunyai kriteria tinggi, dipercaya, diangkat bersama-sama oleh suku. Kemudian gelar ini disebutkan dalam pergaulan untuk menghormati pangkat Penghulunya. Dialah yang menyelesaikan permasalahan yang cukup rumit di suku ibarat menjernihkan air yang telah keruh.


2. Manti.


Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} ini disebut Manti bertugas menghukum silang selisih. Membantu Penghulu dalam bidang administrasi internal suku atau kampung. Manti juga berpengaruh untuk sebagai seorang penghubung mengkomunikasikan semua keputusan kesepakatan yang sudah diambil ditujukan keseluruh pihak yang terlibat. Administrasi selalu dicatat oleh seorang Manti untuk mendapatkan informasi yang jelas akurat kemenakan di rantau dan di suku atau kampung dengan raji dan silsilah yang benar. Untuk ranji dan silsilah yang dibuat mendapat persetujuan oleh seluruh keluarga ahli waris sah dan mamak kepala kaum serta diketahui oleh Kerapatan Adat Nagari {KAN}

3. Dubalang.


Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} ini adalah Dubalang, seseorang yang bertanggung jawab keamanan di kampung atau suku. Dialah yang mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah keamanan dengan keberanian, tegas, dan mempunyai keahlian untuk menertibkan. Bertanggung jawab kepada Penghulu, peranannya sangat dibutuhkan dengan mempunyai keahlian sebagai pendekar, cara yang sangat santun untuk memberikan kesejukan santun kepada seluruh warga kampung. Seorang Dubalang dapat memberikan alternatif rekomendasi untuk pengangkatan perangkat komponen kampung lainnya setelah mendapat persetujuan dari orang dituakan dan akan menjadi pertimbangan bagi Penghulu untuk diputuskan secara arif bijaksana.

4. Malin.


Seorang Malin mempunyai kapabilitas dalam Agama Islam yang cukup dalam pemahaman untuk tatanan kehidupan masyarakat. Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} ini bertugas dan bertanggungjawab kepada Penghulu untuk menyampaikan firman Allah SWT serta Sunnah Rasul kepada kemenakan dan kampung atau suku. Sebagai amanah jabatan yang dia terima tentu Malin mempunyai kepribadian contoh dalam menunaikan Sholat lima waktu, sangat pintar mengaji, berprestasi, dan budi pekerti sangat baik. Seorang Malin juga berpartisipasi dalam bidang keagamaan Islam dengan mengimplementasi dan mengkoordinir pelaksanaan budi pekerti baik penting seperti menyampaikan pembayaran zakat, infak, sadaqoh dengan ketentuan yang sesuai dengan kaidah Al-Quran dan Hadits. Jadi implementasi yang dilakukan oleh seorang Malin adalah Adat Sersandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah.

Inilah Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} Minangkabau yang sangat berperan untuk menjaga keutuhan dan kelangsungan kehidupan sosial yang sangat dirindukan oleh masyarakat. Semua Urang Ampek Jinih {Orang Tiga Jenis} Minangkabau ini saling mempunyai keterkaitan kuat dan selalu bekerjasama menciptakan tatanan masyarakat yang dapat diatur serta terciptanya kedamaian, ketentraman, gotong-royong, saling mengingatkan. Urang Ampek Jinih {Orang Empat Jenis} Minangkabau sangat dihargai dan menjadi tempat bagi masyrakat untuk berpanutan terhadap tatanan kehidupan bermasyarakat yang lebih bermartabat.


Selanjutnya,
Keunikan Bumi Bundo Kanduang Sistim Matrilinial
Keunikan Hukum Kekerabatan Minangkabau.
Kubuang Tigo Baleh Cikal Bakal Nagari di Kabupaten Solok.
Sejarah Kubuang Tigo Baleh.






No comments:

Post a Comment