Translate

Tuesday, October 4, 2016

Pesona Alahan Panjang Kabupaten Solok

Keindahan pesona alam Alahan Panjang Kabupaten Solok terletak diatas ketinggian 1.400-1.600 mdpl, 65 km dari kota Padang, dengan pusat pemerintahan di Kecamatan Lembah Gumanti. Sebagai lokasi yang mempunyai curah hujan yang cukup tinggi 212 hari per tahun dan beriklim sejuk ini sebagai pusat tanaman holtikultura yang sangat vital bagi penduduk Sumatera Barat. Dengan tanah yang sangat subur dibawah kaki Gunung Talang membuat pesona kota Alahan Panjang menjadi elok dengan ditambah pesona dua danau penomenal yaitu Danau Diatas dan Danau Dibawah yang lokasinya masih berdekatan. 

Dengan hasil bumi holtikutura yang sangat berlimpah di lokasi ini menjadikan Alahan Panjang sebagai lokasi perkulakan yang selalu dicari oleh para pedagang diseluruh penjuru kota di Sumatera Barat. Komoditi penting ini menjadi pendapatan utama bagi petani dengan kualitas hasil yang cukup mumpuni dan berkualitas. Hawa yang sejuk dengan suhu di siang hari antara 22-24 derajat celsius ini mampu menjadi destinasi wisata alam khususnya kebun pertanian yang dikelola langsung oleh masing-masing petani dengan pemandangan yang tidak pernah anda lupakan. Tentu lokasi yang tidak begitu jauh dari kota Padang sebagai pusat pemerintahan tentu dapat anda jadikan tujuan wisata alam lain seperti Danau Kembar dan Kebun Teh.


Bagaimana cara ke Alahan Panjang.


Apabila anda dari Bandara Minangkabau gunakan armada khusus Tranex bukan Damri menuju pangkalan bus tujuan Alahan Panjang berlokasi di daerah Kubu atau Lakuak Padang Timur. Apabila anda kurang familiar dengan lokasi mangkal bus tujuan Alahan Panjang ini dapat memberitahukan kepada petugas bus untuk berhenti di lokasi ini. Setelah sampai lokasi gunakan PO Bus Danau Raya atau Jasa Malindo dengan tujuan akhir Alahan Panjang.

Biaya bus Tranex kurang dari IDR 25.000 {update 27 Sep 2016}
Biaya bus tujuan Alahan Panjang kurang dari IDR 30.000 {update 27 Sep 2016}.

Sebagai kota penting dalam bidang pertanian menjadikan kota Alahan Panjang tidak pernah sepi dengan lalu lintas perdagang holtikultura. Mayoritas penduduk sebagai buruh tani, petani, dan pedagang ini yang sudah menjadi keahlihan khusus yang ditekuni turun-temurun mengakibatkan lapangan pekerjaan yang banyak dilakukan dalam bidang pertanian. Dapat anda lihat sepanjang daerah Lembah Gumanti, halaman rumah penduduk dihiasi oleh hasil panen bawang sebagai pertanda betapa makmurnya lokasi ini. Dan ada halaman rumah penduduk lainnya hanya berbatas beberapa centimeter saja berbatasan dengan jalan raya. 

Apa saja yang bisa dilakukan di Alahan Panjang.



Pesona Danau Diatas Alahan Panjang. Poto oleh: http://aimizumizu.blogspot.com/


Pesona Kebun Teh Alahan Panjang. Poto oleh: http://commons.wikimedia.org/

Pesona Kebun Teh Alahan Panjang. Poto by: b.yavril at Instagram


Memang kota ini masih dalam perkembangan dan berbenah tapi tidak menyurutkan niat anda untuk mengunjungi daerah ini. Kegiatan yang paling disukai oleh wisatawan adalah panorama kebun teh dan pesona danau kembar {danau diatas dan dibawah}. Kedua lokasi ini berada dijalan utama menuju kota Alahan Panjang. Kegiatan yang sangat disukai dengan melakukan tea-walk sepanjang kebun teh, dan menikmati indahnya danau kembar sebagai objek wisata lain yang harus dikunjungi.

Fasilitas apa saja yang ada di Alahan Panjang.


Keindahan pesona Alahan Panjang Kabupaten Solok hanya dapat anda nikmati dalam perjalanan satu hari penuh. Lokasi hotel yang mumpuni masih kurang tersedia, hanya hotel melati yang berada di pusat kota Alahan Panjang. 

Untuk fasilitas penting pendukung kota Alahan Panjang seperti perbankan, pos, apotik, dan lainya terfokus disini. Jadi semua keperluan vital masyarakat berada di lokasi ini. 

Alahan Panjang Kabupaten Solok sebagai kota pertanian dengan hasil bumi yang sangat melimpah ada beberapa keunikan lain yang bisa anda nikmati. Apabila petani sudah melakukan panen raya, anda bisa membeli langsung dengan harga yang cukup miring. Lokasinya tepat didepan halaman rumah penduduk. Biasanya wisatawan melakukan transaksi beberapa komoditi yang disukai seperti terong belanda, buah markisa, cabe, ataupun bawang. Untuk buah terong belanda dan markisa termasuk buah musiman, apabila panen berlimpah harga yang akan anda bayar sekitar IDR 10.000 per kilogram {gunakan hak tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik}. Untuk kuliner sangat terbatas pilihan, hanya ada beberapa rumah makan yang cukup representatif dan nyaman berlokasi di dekat lokasi danau diatas yang cukup banyak pengunjung wisatawan. Jika lokasi kebun teh hanya beberapa kios makanan yang menawarkan mie-instant dan beberapa minuman hangat.

No comments:

Post a Comment