Translate

Monday, December 19, 2016

Inilah Tiga Tanda-tanda Orang Munafik

Oretan tulisan sedikit ini mengulas tanda-tanda orang munafik. Pencerahan ini saya dapatkan dari udstaz dan udstazah yang perlu direnungkan untuk pribadi saya sendiri dan para pembaca lainnya. Tiga tanda-tanda orang munafik ini sudah disampaikan oleh Rasulullah dan juga ada dalam Al-Qur'an. Pelajaran ini saya rangkum dan ingin membagi kepada kaum muslimin semuanya, dan sama-sama ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sampaikan walaupun satu ayat untuk menjadi manusia yang lebih baik, Insha Allah.


Orang munafik sangat berbahaya dan perhatikan tiga tanda-tanda orang munafik ini.


Hadits Nabi Muhammad SAW menyampaikan tentang tiga tanda-tanda orang munafik ini:


آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya :
Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat. (HR Bukhari)

Didalam Al-Qur'an juga ada penjelasan mengenai orang munafik ini. Allah SWT berfirman : 

1. Surat An-Nisa ayat 81

وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ فَاِذَابَرَزُوا مِن عِندِكَ بَيَّتَ طَآئِفَةٌ مِّنهُم غَيرَالَّذِي تَقُولُ وَاللَّهُ يَكتُبُ مَايُبَيِّتُونَ فَاَعرِ عَنهُم وَتَوَكَّل عَلَى اللَّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ وَكِيلاً

Artinya: “Dan mereka berkata (orang-orang munafik): ‘kewajiban kami hanyalah taat’. Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian mereka mengatur siasat dimalam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur pada malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.

2. Surat An-Nisa ayat 61

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَى مَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا

Artinya: “Apabila dikatakan kepada mereka; ‘Marilah kamu tunduk kepada hukum yang Allah telah tetapkan dan kepada hukum Rasul’, niscaya kamu melihat orang-orang munafik yang menghalangi manusia dengan sekuat-kuatnya.”

3. Surat An-Nisa ayat 78

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِكَ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ فَمَالِ هَؤُلاءِ الْقَوْمِ لا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا 


Artinya: “Dimana saja kamu berada kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh. Dan jika mereka memperoleh kebaikan mereka mengatakan; ‘Ini adalah dari sisi Allah’, dan kalau mereka ditimpa suatu bencana maka mereka mengatakan; ‘Ini datangnya dari sisi kamu Muhammad’. Katakanlah; ‘Semuanya datang dari Allah’. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) itu hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun?”

Mari kita pelajari satu persatu pada pembahasan tiga tanda-tanda orang munafik ini.


1. Apabila ia berbicara berdusta atau berbohong.

Orang munafik selalu melakukan pembicaraan dengan aneka gaya untuk memikat lawan bicara dengan segala kebohongan dan kedustaan. Tidak sesuai dengan fakta, dan memutarbalikan fakta yang benar tetapi disampaikan salah. Hal ini sangat berbahaya, bisa memecah pertemanan, persaudaraan, dan bahkan terjadi perpecahan. Jadi sebagai umat muslim harus mewaspadai kriteria pertama orang munafik ini untuk menentukan siapa teman yang jujur dan benar.

2. Apabila ia berjanji selalu ingkar.

Orang munafik selalu ingkar dalam perjanjian. Banyak alasan diutarakan dengan tidak memperhatikan pihak yang telah membuat janji. Janji adalah sebuah keharusan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak untuk mengambil sebuah keputusan. Didalam bisnis apabila janji tidak ditempati peluang untuk berkembang akan jauh didapat. Jadi, apabila kita sering menemukan orang berjanji selalu ingkar bisa menjurus kepada tanda-tanda orang munafik pada poin kedua ini.

3. Apabila ia diberi amanat selalu khianat.

Orang munafik jika diberi amanat dia akan selalu khianat. Sifat ini bertolak belakang apa yang dia janjiakan tetapi tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti pemimpin dengan memberikan segala janji, setelah jabatan diterima dia akan berkhianat dan lupa dengan janji yang telah diucapkan. Inilah tanda-tanda orang munafik yang ketiga harus dipahami agar memilih pemimpin yang amah dan menepati janjinya.

Pelajaran yang dapat diambil dari Hadist Sahih dari Nabi Muhammad SAW dan Firman Allah dalam Al-Qur'an ini sangat tegas sekali. Orang munafik ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan gejolak sosial yang sangat merusak. Orang munafik mempunyai ciri khas seperti bermuka dua, tidak sesuai ucapan dengan hati. Sifatnya sangat lugu tetapi mempunyai tipu muslihat yang sangat buruk. Tanda-tanda orang munafik ini dapat menjadi pencerahan pada tulisan ini untuk saya sendiri dan kaum muslim yang lain, dan kita semua terhindar dari sosok orang munafik yang ada disekitar kita sehingga selamat dari kebohongan yang ditimbulkan oleh orang munafik ini, aamiin Insha Allah.


No comments:

Post a Comment