Translate

Thursday, December 22, 2016

Pasar Raya Padang

Pasar adalah tempat berkumpul penjual dan pembeli seperti pasar raya Padang. Inilah pasar yang sangat penting di kota Padang yang menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat dan bahkan sebuah tempat dengan harga barang grosir. Hampir semua kebutuhan sandang, pangan, dan papan tersebar diseluruh pasar raya Padang dan disekitarnya. Pentingnya pasar raya Padang ini membuat pemerintah kota Padang mengambil posisi untuk memperbaiki revitalisasi kondisi pasar yang sempat hancur akibat gempa.


Pasar Raya Padang Kota Tercinta. Poto logo Padang di Pantai Padang.

Profile Pasar Raya Padang


Pasar raya Padang terletak di pusat kota Padang. Sebagian orang menyebutnya pasar kampuang jao. Terletak di Jl Pasar Raya yang mempunyai akses terbaik untuk seluruh transportasi umum memasuki lokasi pasar raya Padang. Sebagai lokasi vital untuk seluruh lapisan masyarakat maka disinilah tempat berkumpulnya seluruh agen, grosir, bahkan pengecer untuk membeli dan dijual kembali ke seluruh pasar yang tersebar di kota Padang.

Pada tahun 2016 ini masih dilakukan revitalisasi pasar oleh pemerintah kota Padang akibat gempa yang cukup besar beberapa tahun yang lalu. Kondisi pada waktu itu sangat rusak parah mengakibatkan seluruh pedagang mengambil seluruh bahu jalan yang dijadikan sebagai tempat berjualan. Tetapi, Alhamdulillah sekarang sudah mulai terbenahi dan beberapa pedagang yang turun ke jalan untuk berdagang sudah mulai pindah kedalam pasar yang sudah dibangun.

Pembagian pasar dibuat untuk menertibkan seluruh pedagang dimana semua tempat akan dibuat sesuai dengan jenis barang yang akan dijual. Seperti peralatan rumah tangga, kebutuhan penting bahan pokok, serta elektronik. Penertiban ini perlu dilakukan oleh dinas yang terkait agar terciptanya ketertiban yang cukup sehingga kenyaman akan dapat terbentuk.

Pasar raya Padang mempunyai luas 55.033 M2 ditempati oleh pedagang inti dan PKL. Dengan akses yang cukup strategis dengan banyaknya angkutan umum dari penjuru kota pasti menuju ke pasar raya Padang sebagai tujuan akhir.

Fasilitas Penting Pasar Raya Padang.


Fasilitas pendukung disekitar pasar raya Padang cukup mumpuni seperti Bank, Kantor Pos, Pusat Perbelanjaan Permindo, Hotel Melati, Toko Emas, dan Toko Perlengkapan tersedia disekitar pasar raya Padang. Semua kebutuhan masyarakat terdapat dalam satu lokasi yang saling berdekatan. Jadi semuanya saling terkoneksi dengan bangunan permanen, hanya beberapa puluh meter saja. 

Pada akhir tahun 2016 ini kondisi pasar raya Padang masih dalam penyelesaian gedung utama. Gedung utama ini dibangun kembali akibat gempa yang cukup besar goncangannya mengakibatkan kondisi hampir 100% tidak dapat digunakan lagi. Jadi apabila berkunjung ke pasar raya Padang masih banyak terdapat PKL yang menggunakan bahun jalan sebagai tempat berjual, tetapi kondisi ini tidak akan lama. Setelah pembangunan selesai, seluruh pedagang akan ditertibkan dengan memasuki tempat yang telah disediakan oleh pemerintah kota Padang.

Kita semua berharap, agar pasar raya Padang dapat kembali normal dengan rapi dan bersih sehingga tercipta kenyamanan penuh untuk seluruh pengunjung. Memang membutuhkan waktu, tetapi kita yakin pemerintah kota sudah memaksimalkan pembangunan pasar raya Padang menjadi pasar utama yang bersih, nyaman, dan tertib. Semoga masyarakat dapat menyikapi positif dan berharap pembangunan cepat selesai.

Baca:

No comments:

Post a Comment