Translate

Saturday, December 24, 2016

Pasar Alai Padang

Pasar Alai Padang merupakan pasar yang ada di kota Padang dan mendukung pasar utama kampung jao. Pasar Alai Padang terletak di Jl Pasar Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Pasar yang dibangun oleh pemerintah kota diperuntukkan untuk melayani semua kebutuhan masyarakat disekitar Padang Utara atau bahkan seluruh masyarakat kota Padang.


Semua kegiatan ini ada di pasar termasuk di Pasar Alai Padang, Sumatera Barat, Indonesia.


Sebagai pasar pendukung dari seluruh pasar yang ada di kota Padang menjadikan Pasar Alai Padang menjadi salah satu pasar utama yang menjadi rujukan masyarakat kota untuk membeli kebutuhan masyarakat karena lokasinya termasuk strategis dan mudah sekali dijangkau oleh kendaraan pribadi dan umum. Perkembangan Pasar Alai Padang cukup signifikan baik dengan mulai beralihnya masyarakat sekitar untuk menunjuk pasar ini sebagai tempat utama mencari kebutuhan sehari-hari.

Pasar Alai Padang sekarang sudah dilakukan revitalisasi oleh pemerintah kota, dapat dilihat bertambahnya jumlah kios dari tahun 1971 sampai sekarang. Dengan melihat animo masyarakat untuk menjadikan Pasar Alai Padang sebagai tempat mencari nafkah, berdagang, dan berjualan. Luas Pasar Alai Padang 13.650 M2 cukup luas dengan tersebarnya jenis tempat barang yang menyediakan semua kebutuhan masyarakat. Jadi tidak terfokus satu tempat saja, tetapi pemerintah kota ingin menertibkan supaya terlihat rapi dan tersebar penjuru pasar.

Kondisi Pasar Alai Padang cukup bersih dan tidak becek karena infrastrukturnya cukup baik dalam perencanaan dan design oleh pemerintah kota. Dengan kenyamanan inilah banyak masyarakat memuji keadaan Pasar Alai Padang dalam kenyamanan. Untuk harga relatif masih terjangkau jika dibandingkan dengan pasar utama kampung jao atau pasar raya Padang. Pasar Alai Padang rata-rata mengambil barang kebutuhan dari pasar raya Padang. Selisih harga inilah sebagai nilai yang harus dikeluarkan oleh penjual dan pedagang untuk transportasi serta bongkar muat.

Fasilitas yang tersedia di Pasar Alai Padang dengan tersedianya parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Letaknya sangat strategis dan dilalui oleh angkutan umum dari pasar kampung jao atau pasar raya Padang. Jangan salah, Pasar Alai Padang dapat dikatakan pasar yang cukup lengkap menyediakan jenis bahan kebutuhan pokok masyarakat. Memang tidak selengkap pasar raya Padang tetapi dari aspek kebutuhan cukup mumpuni. 

Pasar Alai Padang sudah dimulai pada pagi hari menjelang subuh dengan sibuknya pada pedagang dan penjual melakukan bongkar muat. Dan tutup menjelang sore dengan sudah berkurangnya jumlah pengunjung. Tetapi ada beberapa kios buka sampai tengah malam yang terletak disisi jalan utama Pasar Alai Padang. Pentingnya Pasar Alai Padang ini sebagai pasar yang menggerakkan denyut ekonomi masyarakat dengan beraneka ragam jenis yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Baca:
Pasar Raya Padang
Pasar Bandar Buat
Pasar Ternak Muara Panas Solok
Pasar Muara Panas Solok

No comments:

Post a Comment