Translate

Saturday, December 24, 2016

Pasar Bandar Buat

Pasar Bandar Buat terletak di pintu gerbang memasuki kota Padang di ujung timur. Pasar Bandar Buat beralamat Jl. Padang Indarung, Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan. Pasar yang awalnya sebagai pasar kecil yang dibuka sekali seminggu menjadi pasar utama di wilayah timur menyediakan semua kebutuhan pokok masyarakat. Pasar Bandar Buat termasuk sebuah pasar yang menjadi perhatian dari pemerintah kota Padang.



Inilah kegiatan yang terjadi pasar termasuk di Pasar Bandar Buat Padang, Sumtera Barar, Indonesia.


Awal terbentuknya Pasar Bandar Buat ini untuk membantu masyarakat memenuhi semua kebutuhannya untuk tujuh kelurahan yang tersebar di lubuk kilangan. Menjadi pasar utama yang dikunjungi oleh seluruh masyarakat sekitar menjadi lokasi untuk mencari kebutuhan pokok tetapi juga kebutuhan lain. Sebagai pintu gerbang memasuki kota Padang, Pasar Bandar Buat juga sudah mulai banyak penjualan grosir kepada pengecer yang ingin melakukan transaksi. alaupun tidak sebanyak di pasar kampung jao atau pasar raya Padang tetapi peralihan ini masih proses yang cukup panjang.

Awal pendiriannya hanya sebagai pasar pendukung sekarang sudah sangat jauh berubah. Pasar Bandar Buat sudah menjadi pasar utama dengan adanya revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah kota agar menjadikan pasar ini menjadi tertata dan rapi. Dapat dilihat pembangunan yang telah dilakukan dengan selesainya Tahap I dan Tahap II bertambahnya kios yang disediakan oleh pemerintah kota. Akibatnya, jumlah pengunjung pasar ini setiap tahunnya bertambah dengan dimulai dibukanya pemukiman baru disekitar lubuk kilangan ini.

Rencana yang strategis yang dilakukan oleh pihak berwenang, untuk menjadikan Pasar Bandar Buat ini menjadi tempat untuk memperkuat denyut nadi perekonomian masyarakat terbuki, peningkatan jumlah pedagang baik didalam kios ataupun kaki lima. Dengan banyaknya pedagang kaki lima mengakibatkan jalan utama Padang - Indarung tersendat apabila jumlah pengunjung pasar meningkat sekitar jam 08:00 - 10:00 dengan arus keluar masuk kendaraan roda dua, masyarakat menyeberang jalan, serta ada beberapa kendaraan umum berhenti untuk menunggu penumpang.

Dengan terbatasnya tempat parkir untuk kendaraan roda empat yang tersebar di jalan raya Indarung - Padang menjadikan Pasar Bandar Buat mengutamakan parkir roda dua yang tersedia di jalan raya Padang - Indarung. Dengan banyaknya aktifitas yang berada di lokasi pasar tidak hanya pengunjung Pasar Bandar Buat tetapi juga pengunjung beberapa toko yang menyediakan kebutuhan lain seperti pakaian, elektronik, dan lainya. Jadi, perhatian harus ada atensi dengan kerapian untuk memarkir kendaraan.

Fasilitas yang ada di Pasar Bandar Buat sudah mendukung dari segi perbankan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pasar dengan beberapa bank nasional yang siap melayani semua kebutuhan untuk mempercepat transaksi. Jadi, perbankan sudah sangat siap memberikan pelayanan untuk seluruh pengunjung Pasar Bandar Buat dalam waktu singkat termasuk transaksi yang telah online seluruh Indonesia dan Dunia.

Baca:

No comments:

Post a Comment