Translate

Tuesday, July 19, 2016

Cara Menyimpan Beras Agar Tahan Lama

Untuk menjaga beras menjadi prima, tentunya mempunyai trik khusus supaya kondisi beras bisa bertahan lama. Anda perlu mencermati bagaimana cara menyimpan beras agar tahan lama sehingga ketersedian beras selalu ada jika anda butuhkan dengan jarak waktu yang cukup panjang.

1. Pastikan ketika menyimpan beras, anda memilih tempat penyimpanan beras yang bisa ditutup rapat.


2. Pastikan tempat penyimpanan beras tidak bocor. Ketika selesai mengambil beras, jangan lupa menutup kembali. Kegiatan ini sangat sering terjadi sehingga tempat penyimpanan beras terbuka lebar semalaman. Dengan menutup rapat tempat penyimpanan beras maka beras yang anda simpan tidak lembab. Perlu anda ketahui bahwa beras bisa menyerap air yang bisa menimbulkan jamur. Tandanya dengan terjadinya gumpalan.


3. Idealnya, beras memiliki kadar air sebesar 14 persen. Jika beras disimpan di tempat lembab dan terbuka. Kemungkinan akan terjadi penyerapan air yang menyebabkan kadar air dalam beras meningkat. Dan kondisi inilah memicu timbulnya jamur.


4. Selain jamur, jika tidak disimpan dalam keadaan tertutup, beras yang anda miliki akan sangat rawan diserang oleh kutu beras. Tanda beras yang sudah diserang kutu adalah bulirnya menjadi bolong-bolong. Beras yang sudah berkutu ini tentu sudah tidak layak makan karena sudah dimakan kutu sehingga nutrisinya telah berkurang. 


5. Pastikan sikap untuk menutup rapat tempat penyimpanan beras harus dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Penyimpanan yang tepat akan membuat beras anda menjadi tahan lama dan akan menghemat pengeluaran bulanan. 

Kesimpulan.


Tempat penyimpanan beras harus ditutup rapat. Jika keadaan ini terjadi kondisi beras anda kurang prima, serta kemungkinan terserang jamur dan kutu sangat tinggi. Jika anda mempunyai budget lebih dapat membeli tempat penyimpanan beras, dipasaran sudah tersedia berbagai merek serta kapasitas beras yang akan di simpan pada skala rumah tangga. Jadi pastikan kondisi beras tetap prima, nutrisinya masih terjaga serta pengeluaran anda tidak bertambah jika terjadi beras yang sudah terkena jamur dan kutu.


No comments:

Post a Comment