Translate

Sunday, July 31, 2016

Manfaat Beras Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat beras sangat sehat bagi tubuh manusia. Kegunaan beras sangat sehat ini perlu dibahas dengan membantu tubuh untuk membentuk energi, memperbaiki kinerja usus lebih maksimal, menstabilkan tingkat gula didalam darah, menurunkan proses penuaan kulit, serta menyediakan unsur esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B1. Kegunaan beras lainya adalah menciptakan kondisi kulit menjadi sehat, meningkatkan kinerja metabolisme tuhuh, membantu proses pencernaan, mengurangi tingkat gula dalam darah, sangat berperan dalam proses diet sehat, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari penyakit disentri, kanker, serta penyakit jantung. Beras berperan sangat dasar sekali bagi kebutuhan disetiap kebudayaan makan diseluruh dunia, dan menjadikan komoditi yang sangat dibutuhkan hampir setengah populasi penduduk di dunia ini.




Keuntungan lainnya dari beras juga ditemukan lebih dari 40.000 varietas beras yang tersebar diseluruh dunia. Ada dua kategori yang berhubungan dengan beras yaitu beras serta biji-bijian dan beras putih. Jenis biji-bijian ini prosesnya tidak terlalu banyak dilakukan dan sangat tinggi kandungan nutrisi, dimana beras yang sudah diproses sedemikian rupa akan mengurangi kadar nutrisi penting yang sudah terbuang, seperti lapisan pelindung pada kulit padi yang membungkus beras. Tetapi kebudayaan masyarakat menyukai beras yang mempunyai rasa, tergantung dari selera, tetapi harus berhubungan dengan kualitas sehatnya.

Manfaat Luar Biasa dari Beras.

Beberapa manfaat beras yang akan anda ketahui dengan beberapa poin penting dibawah ini yang membantu kesehatan tubuh.

1. Sumber Energi.

Beras banyak mengandung karbohidrat, berperan sebagai sumber penting untuk tubuh dan membantu fungsi otak lebih maksimal. Karbohidrat adalah unsur esensial yang akan bermetabolisme pada tubuh dan akan merubahnya menjadi energi. Unsur lainnya seperti vitamin, mineral, dan beberapa komponen organik lainnya akan meningkatkan fungsi tersebut serta melakukan aktifitas metabolisme untuk seluruh organ sehingga mencapai tingkat energi yang maksimal.

2. Bebas Kolesterol.

Makan nasi sangat sehat bagi tubuh. Sangat simpel tetapi tidak mengandung unsur yang membahayakan tubuh seperti kolesterol atau sodium. Ini adalah formula untuk melakukan proses diet seimbang. Beberapa jenis makanan yang bisa menyediakan beberapa nutrisi tanpa mempunyai efek negatif pada tubuh adalah sebuah bonus. Rendah tingkat lemak, koleterol, dan sodium akan mengurangi tingkat kegemukkan dan membantu kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Beras adalah salah satu komoditi yang sangat luas penggunaannya dan makanan yang terpopuler didunia karena tetap membuat kondisi tubuh menjadi sehat dan hidup.

3. Kontrol Tingkat Gula Darah.

Beras sangat rendah sodium, dimana menjadi pertimbangan sebagai makanan yang terbaik untuk mereka yang terjangkiti tingkat gula darah yang tinggi dan penyakit hipertensi. Sodium bisa sebagai penyebab pembuluh darah vena dan arteri menjadi sempit, meningkatkan stress dan ketegangan pada sistem jantung sebagai penyebab meningkatnya tekanan darah. Ini sebagai penyebab bagi kondisi jantung seperti arterosclerosis, serangan jantung, dan strok. Hal yang direkomendasikan adalah mengurangi kelebihan sodium pada makanan.

4. Mencegah Kanker.

Jenis biji-bijian termasuk beras merah sangat tinggi kandungan serat yang tidak larut dan bisa membentengi tubuh dari beberapa penyakit serius seperti kanker. Beberapa ahli dan peneliti percaya dengan adanya serat yang tidak larut ini akan melindungi tubuh dari perkembangan dan metamorfosis sel kanker. Serat secara khusus sangat berguna untuk mempertahankan usus besar dan usus kecil lebih sehat dan kurangnya serat akan menjadi penyebab kanker pada organ ini. Disamping itu serat, ada unsur penting lainnya seperti antioksidan alami seperti vitamin C, Vitamin A, senyawa flavonoid dan phenolic, berperan untuk melakukan stimulasi pada antioksidan untuk menelusuri semua radikal bebas yang ada didalam tubuh. Radikal bebas inilah yang membuat metabolisme sel tidak maksimal dan terjadinya kerusakkan serius pada sistim organ dan salah satu sebab terjadinya mutasi kesehatan sel menjadi kanker. Untuk meningkatkan kondisi baik antioksidan adalah cara yang sangat baik untuk dilakukan, pastinya akan memasukkan menu nasi adalah cara yang sangat dianjurkan.


5. Kesehatan Kulit.

Para ahli berkata bahwa tepung beras dapat diaplikasikan kepada beberapa produk untuk kesehatan kulit. Di negara India, air beras digunakan untuk pengobatan ayuverdic yang secara efektif untuk mendinginkan kulit serta mengurangi peradangan. Senyawa phenolic inilah yang ditemukan didalam beras, secara khusus pada beras merah, dimana mempunyai unsur anti peradangan. Jadi bermanfaat sekali sebagai unsur menenangkan pada iritasi dan kemerahan. Untuk konsumsi dapat dilakukan dengan substansi yang berasal dari beras yang dapat mengurangi beberapa masalah pada kulit. Kapasitas antioksidan ini bisa membantu untuk memperlambat keriput dan gejala penuaan kulit sebagai efek secara keseluruhan pada kulit.

6. Penyakit Alzheimer.

Beras merah dapat dikatakan memiliki tingkat nutrisi yang dapat menstimulasi pertumbuhan dan aktifitas dari neutrotransmitter, setelah itu dapat mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa jenis beras telah memperlihatkan stimulasi dari enzim neutroprotective pada otak, dimana memperlambat efek dari radikal bebas dan racun berbahaya lainnya sebagai penyebab dimensia dan penyakit Alzheimer.

7. Kualitas Diuretik dan Pencernaan. 

Sekam padi dapat dipertimbangkan sebagai pengobatan efektif untuk disentri, ada beberapa orang berkata bahwa umur padi tiga bulan sangat baik karena mengandung unsur diuretik. Di negara China percaya bahwa dengan meningkatnya nafsu makan, pengobatan penyakit perut dan mengurangi masalah pencernaan secara keseluruhan. Sebagai unsur diuretik, sekam padi ini dapat mengurangi berat badan, dimana 4% dari urine berasal dari lemak. Serat yang tinggi akan memperlancar buang air besar dan melindungi dari beberapa tipe penyakit kanker berbahaya serta mengurangi kondisi tubuh dari penyakit jantung.

8. Tinggi Vitamin.

Beras mengadung sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin D, calcium, niasin, serat, zat besi, tiamin, dan riboflavin. Semua vitamin ini sebagai dasar untuk tubuh dan melakukan metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi umur pada organ lain, sejak vitamin dikonsumsi sebagai sumber yang paling penting dalam aktifitas dalam tubuh.

9. Kesehatan Jantung.

Minyak pada kulit mengandung antioksidan alami untuk memperkuat kondisi jantung dan mengurangi tingkat kolesterol di dalam tubuh. Ahli menyebutkan kegunaan serat ada hubungannya dengan penyakit jantung, dan mengurangi tingkan sodium dan lemak.  Varietas beras merah mempunyai kelebihan dari beras putih untuk kategori ini, sejak sekam padi mempunyai beberapa nutrisi penting. Dimana pada beras putih berbeda pada proses pengolahannya.

10. Saripati Sehat.

Beras dalam jumlah yang cukup banyak akan mengandung saripati yang bermanfaat bagi kesehatan. Proses ini akan melewati usus yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tipe saripati inilah yang akan menumbuhkan bakteri baik dalam usus, berguna untuk memperlancar buang air besar. Dan sifatnya tidak larut sangat bermanfaat untuk mengurangi kondisi iritasi pada saat pembuangan dan diare.


Sumber : organicfacts





No comments:

Post a Comment