Translate

Sunday, July 31, 2016

Cara Memilih dan Membeli Beras Berkualitas Sehat

Beras merupakan komoditi penting bagi Indonesia. Sekarang segala macam beras sudah tersedia di pasaran dan kadang kala masyarakat menjadi bingung bagaimana menentukan beras berkualitas sehat. Selalu ada oknum yang nakal menggunakan cara apapun untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan mengurangi mutu beras yang dijual kepada konsumen. Cara yang sangat mudah adalah melakukan oplosan dengan jenis beras lain atau mencampurkan zat kimia berbahaya. Tentu hal ini tidak akan anda lakukan untuk membeli beras konsumsi tiap hari. Jenis bahan kimia yang digunakan tentu banyak tujuan, dimulai dari memperkuat aroma, agar tampilan beras menjadi putih dan seterusnya. Pedagang nakal akan melakukan apapun untuk mendapatkan keuntungan yang tidak baik dilakukan dan jangan di contoh jika anda seorang pedagang beras. Maka harus berhati-hati dan selalu waspada.




Tips memilih dan membeli beras berkualitas baik.


Seorang ibu akan memberikan menu yang terbaik untuk seluruh keluarga. Membutuhkan ketelitian semua bahan makanan yang akan dibeli. Jangan sampai terpengaruh dengan harga murah yang akan memberikan efek buruk kepada kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Harus dihindari untuk salah memilih beras, dan harus ada trik jitu yang harus ibu lakukan. Caranya, pada saat membeli beras selalu membeli beras yang terjamin mutu, tidak murahan, tempat yang jelas, pedagang jujur, serta berpengalaman pada penyediaan beras untuk dijual kepada konsumen.

Selalu mengamati penampilan bentuk fisik beras yang akan ibu beli.


Pertama kali yang ibu lakukan adalah memperhatikan penampilan beras yang akan dibeli. Kriteria beras tersebut bersih, bebas dari kotoran dan kutu, dan kerikil kecil. Hindari bentuk beras yang sangat putih, karena menggunakan unsur pemutih bisa saja dilakukan oleh oknum pedagang nakal dan sangat membahayakan kesehatan keluarga.


Beras murah jangan tergiur untuk membeli.


Ada harga pasti ada kualitas. Harga akan menentukan kualitas beras yang akan ibu beli. Biasanya akan berpatokan kepada harga pasar dari beras pada saat itu. Selalu waspada terhadap beras yang harga murah dan diskon. Karena kemurnian dan keaslian beras bisa saja tidak ada lagi, atau bisa saja dicampur dengan bahan kimia berbahaya lainnya.

Amati tekstur beras.


Jika ibu membeli beras, pastikan kondisi beras dalam keadaan prima, tidak mudah patah dan hancur. Ini adalah kriteria dari beras kondisi sempurna, baru, dan berkualitas baik.

Aroma alami beras.


Pastikan aroma beras masih alami. Ketika mencium beras tidak ada bau aneh dan apek. Jika bau dan apek berarti beras ini sudah lama tersimpan di gudang. Waspadai beras yang terlalu harum, aroma beras ini bisa saja dari aroma kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Genggam beras.


Lakukan genggam beras yang akan ibu beli. Jika beras tersebut terlalu banyak menempel ditangan maka kondisi beras sudah mengandung unsur pelicin. Hindari.


Beli pada pedagang jujur atau toko terpercaya.


Tidak semua pedagang menjual beras oplosan atau mencampurkan berasnya dengan bahan kimia. Ibu akan selalu melakukan yang terbaik dengan berlangganan kepada pedagang yang jujur serta tersedia di toko yang menjual produk unggulan. Sehingga beras yang dibeli dan dimasak dirumah sudah sangat sehat.

Semoga tips memilih dan membeli beras berkualitas sehat ini dapat membentengi diri ibu dari pedagang nakal dan tidak selalu terjebak dalam penipuan yang akan selalu ada disekitar kita.


Selanjutnya:







No comments:

Post a Comment