Translate

Saturday, July 23, 2016

Khasiat, Manfaat Beras Organik, Tips dan Rekomendasi

Istilah beras organik sudah menjadi tren, tetapi anda harus ketahui khasiat, manfaat, tips dan rekomendasi beras organik itu sendiri. Manfaat dan khasiatnya akan kami bahas tentunya jenis beras yang sangat sehat mempunyai harga yang pantas yang akan anda bayar pada saat anda beli dipasaran. Serta tips dan rekomendasinya.





Sekilas Beras Organik.


Beras organik merupakan jenis beras yang dihasilkan melalui beberapa proses organik mulai dari pembibitan, penanaman, dan pemupukan. Untuk proses pemupukkan 100% alami dari kompos, pupuk kandang, atau "pupuk bio hayati" tanah. Sedangkan untuk membasmi hama tanaman tidak menggunakan pestisida kimia. Sehingga proses ini berkelanjutan memberi efek pada kesuburan tanah dan memperbaiki ekosistem yang seharusnya terjadi secara alami. Dengan proses ini hasil yang didapat adalah beras organik yang sangat sehat dikonsumsi untuk keluarga anda.

"pupuk bio hayati" adalah jenis pupuk yang dihasilkan dari dedaunan serta buah-buahan yang telah terfentasi secara alami.

Beras organik merupakan jenis beras yang bebas dari pestisida kimia dan dianjurkan oleh para ahli. Konsumen yang peduli dengan kesehatan jenis beras organik ini sudah menjadi gaya hidup baru yang peduli hidup sehat dimulai dari apa yang kita makan. Perbedaan tentu ada antara beras organik dengan beras biasa. Dengan sehatnya ini tentu anda akan memprioritaskannya.

Penelitian beras organik ini telah dilakukan oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika, penelitian ini digunakan untuk memberikan informasi kepada penduduk Amerika atau dunia yaitu kandungan arsenic yang mereka teliti. Objek penelitian mereka dengan sample beberapa jenis makanan yang tersebar di seluruh Amerika. Unsur arsenik ini ditemukan pada unsur hara dan air. Karena beras sangat banyak menyerap air sehingga anjuran beras organik sangat direkomendasikan dengan proses alami yang dilakukan tadi. FDA sadar akan perbedaan yang terkadung pada beras organik dengan beras konvensional yang beredar dipasaran.

Perlu kami singgung sedikit mengenai unsur arsenik yang disampaikan pada penjelasan diatas. Menurut FDA, arsenik adalah elemen dikerak bumi yang ada pada air, udara, dan unsur hara. Keterjadiaanya secara alami di lingkungan dan sebagai aktifitas yang terjadi pada manusia termasuk pengikisan arsenik pada bebatuan, letusan gunung berapi, kontaminasi dari pertambangan dan peleburan serta kegiatan sebelumnya yang menggunakan arsenic pada pestisida kimia.



Manfaat dan Fakta Beras Organik


1. Beras organik sangat sehat disebabkan dengan proses penanamannya tidak menggunakan unsur kimia buatan yang sangat membahayakan kesehatan. Tentunya pendapat sangat masuk akal karena proses tadi, sehingga tentu beras organik mempunyai harga diatas harga beras konvensional.

2. Kandungan nutrisi beras organik hampir sama denan beras konvensional. Jenis beras yang ada dipasaran ada beras putih, beras merah, beras hitam, atau beras ketan. Penggunaan beras organik didalam kehidupan sehari-hari hampir sama aplikasinya dengan beras konvensional. Berdasarkan data USDA untuk melakukan diet sehat direkomendasikan tiga kali sehari dari jumlah asupan dengan takaran 1/2 cangkir beras merah yang setara dengan satu penyajian gandum.

3. Tentu setiap beras mempunyai tingkat rasa dan gurih apabila dimakan. Perbedaan ini tentu dapat dibuktikan dengan beras asli Indonesia dengan beras Impor dari negara Vietnam, India, atau negara Asia lainnya. Disebabkan struktur tanah di Indonesia lebih baik dari negara lain karena Indonesia memiliki beberapa unsur hara penting alami. Sehingga mempunyai aroma khas dari beras dan cukup tahan lama.

4. Jenis beras seperti beras merah dapat disamakan dengan gandum. Sangat kaya dengan serat yang membantu tubuh menurunkan gejala penyakit jantung dan resiko dari beberapa kanker. Tentu ini harus didukung dengan percernaan yang baik dan pola hidup sehat tertutama berat badan yang sehat.

5. Beras organik dan beras konvensional juga mengandung mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mangan dan magnesium sebagai bioaktif phytonutrient seperti lignan. Unsur ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber daya untuk melawan beberapa penyakit serius yang timbul akibat radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

6. Makan beras organik dapat diperbandingkan dengan beras non organik dari segi kesehatan. Tetapi hal ini perlu dukungan dari penelitian yang mendalam. Dari segi nutrisi hampir sama tetapi beras organik kurang pestisida kimia dan sedikit zat adiktif kimia yang terdapat didalamnya. Jika dibedakan dengan tanaman organik, tanaman konvensional secara significan mengandung residu pestisida yang memungkinkan akan merusak kesehatan. Makanan organik seperti beras merah atau beras putih sangat kurang residunya. Tetapi perlu diketahui juga bahwa dengan adanya pewarnaan, penambah rasa, pemanis, dan pengawet tentu akan jauh lebih berbahaya dampaknya bagi kesehatan secara keseluruhan.

7. Mempunyai potensi kesehatan pada beras organik, beberapa konsumen didunia ini membeli jenis organik untuk kebutuhan termasuk beras merah, dari segi lingkungan atau dengan alasan lain. Pertanian organik secara tidak langsung memberikan dampak kepada lingkungan dengan berkurangnya polusi dari pertanian dan pelestarian ketersedian air, dan kualitas tanah. Pertanian organik juga mengurangi jejak karbon dibandingkan dengan pertanian konvensional. Menurut organic.org, bahan organik yang dipakai pada tanah pertanian secara rata-rata 30 persen kurang energi daripada pertanian konvensional. Selain itu, beberapa konsumen juka suka dengan rasa dari bahan organik daripada konvensional.


Pertimbangan yang Harus Dicermati.


Jika anda ingin membeli beras organik dan produk organik lainnya harus ada pertimbangan yang perlu dicermati dari produk tersebut. Hal yang sangat penting adalah label yang tertera pada kemasan. Karena tidak semua produk yang berlabel organik adalah produk organik, tetapi prosesnya secara konvensional. Di Amerika Serikat produk organik ini sangat diatur dan jelas, seperti USDA mengeluarkan label khusus untuk produk organik. Produk organik harus mengeluarkan biaya ekstra  untuk mendapatkan legalisasi produk yang dihasilkan dari pertanian organik. Untuk menghindari masalah pada pencernaan, seperti perut kembung, berasal dari makanan yang tinggi serat seperti beras merah, penting untuk menambahkan minum air putih yang cukup.


Tips and rekomendasi.


1. Jika anda ingin membeli beras organik, disarankan membeli kepada penjual yang benar-benar menjual produk organik. Di Indonesia sangat sulit menemukan tetapi dengan adanya rekomendasi dari teman sejawat akan memberi jalan kepada anda untuk mendapatkan produk organik tersebut.

2. Di Indonesia, institusi yang berwenang untuk memberikan label produk organik adalah BPOM dengan ijin edarnya dengan kode ML. Bila anda masih ada keraguan dapat menghubungi lembaga sertfikasi yang menerbitkan sertfikat organik kepada pemasok dan pastikan validasi sertifikatnya masih berlaku.

3. Jika anda seorang konsumen yang ingin melakukan penjualan kembali, ada trik khusus yang harus anda lakukan, yaitu anda harus menyimpan semua catatan detil pembelian produk organik dari pemasok. Karena pada program organik nasional merekomendasikan harus menyimpan catatan pembelian produk organik selama 3 tahun.

4. Jaga kebersihan dilokasi. Ketika anda menerima produk jenis organik, area penerimaan harus bersih dari produk serangga sehingga kontaminasi dapat dihindari. Apabila proses yang terjadi ada campuran dengan produk lain dengan timbulnya bau aneh seperti bau pemberih rumah tangga atau pestisida kimia, kemungkinan besar produk organik anda sudah terkontaminasi dan bahan yang dilarang oleh standar organik yang telah ditetapkan.

5. Lihat label dan kemasan produk organik. Produk organik yang anda peroleh harus dalam kemasan khusus, rak dan pendingin khusus. Produk organik harus terpisah dengan produk non organik. Kehati-hatian dan cermat. Untuk penyimpanang produk organik tidak boleh menggunakan kemasan itu kembali, seperti wadah kotak atau tempat sampah dari non organik. Jika anda melakukan pengemasan kembali, sebaiknya menggunakan kemasan atau wadah yang bebas bahan kimia buatan.

6. Pisahkan produk non organik dan organik. Konsumen harus memperhatikan sikap untuk tidak menumpuk prosuk organik yang tidak dikemas dibawah produk non organik yang berjenis basah, seperti daging-dagingan atau barang curah. Sikap ini juga berlaku pada saat pengiriman produk. Harus ada pemisahan fisik antara organik dan non organik.

7. Harus terbebas dari serangga. Konsumen harus melakukan pembersihan tempat dengan standar pemebersihan serangga. Memastikan serangga tidak sampai masuk ke area penyimpanan produk organik. Harus menjaga kebersihan area dan menutup serangga masuk ke dalam area penyimpanan. Bila ada melihat kemungkinan sarang berada disekitar produk organik harus membersihkannya termasuk sumber kehidupan dari serangga tersebut.

Jika anda mengendalikan serangga dengan cara fisik dan mekanik dengan menggunakan bahan pengendalian hama, pastikan bahan tersebut tidak terkontaminasi produk organik anda selama dan pasca penggunaan produk pengendali hama tersebut.

8. Label yang tertera pada produk organik harus jelas dan benar. Hal ini sudah diatur pada Permentan No.64/2013 tentang Sistim Pertanian Organik, untuk produk organik dan diklaim sebagai produk berjenis organik di label ORGANIK Indonesia. Produsen yang terlibat didalamnya atau importir yang melakukan impor produk organik tersebut sudah mendapatkan sertifikasi organik nasional berdasarkan kode SNI 6729-2013 tentang Sistim Pertanian Organik.

Pastikan produk organik tersebut bertulisan ORGANIK Indonesia pada kemasan produk organik yang anda beli.

No comments:

Post a Comment