Translate

Thursday, July 28, 2016

Tips dan Cara Berbisnis Beras

Berbisnis dan berdagang beras membutuhkan tips dan cara yang tepat. Tips dan tata cara berbisnis beras cukup mudah dan membutuhkan nyali yang kuat. Dalam arti untuk mencari rezeki yang halal harus mempunyai jiwa kejujuran, ulet, dan saling membantu sesama manusia untuk mendapatkan beras berkualitas. Karena beras adalah bahan pokok yang akan selalu dibeli oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisnis harus mempunyai kelangsungan hidup perusahan untuk jangka panjang, dan jika anda ingin mendapatkan keuntungan jangka pendek dengan berlaku curang, bisnis anda akan cepat gulung tikar. Berikut tips dan tata cara berbisnis beras yang baik dan benar serta dapat menjadi lahan bisnis baru untuk anda dan keluarga.



1. Lokasi merupakan hal yang harus diperhatikan. Anda dapat berbisnis di rumah, ruko atau pasar serta secara online. Berbisnis bisa dimana saja asalkan ada konsumen yang akan membeli produk anda.

2. Lihat kompetitor disekitar anda. Jika ada anda akan meneliti kualitas beras yang mereka jual. Jika anda mempunyai kualitas beras yang baik anda tidak perlu kawatir dengan persaingan, karena setiap orang mempunyai konsumen dan pangsa pasar sendiri.

3. Jika anda ingin menyewa tempat untuk berbisnis beras harus memperhatikan luas tempat yang akan disewa. Serta siapkan display untuk memajang beras yang akan anda jual. Contoh: pedagang beras biasanya akan memajang beras pada bak atau rak untuk melihatkan kepada pembeli yang datang. Jika anda sudah mempersiapkan beras dengan berat 10 Kg, 20 Kg, atau 30 Kg akan lebih baik. Sehingga lebih praktis untuk mendistribusikannya. Perhatikan keadaan beras tidak bocor dan kondisi pembungkus tidak robek sehingga kurang berat dapat dihindari.

4. Kenali jenis beras yang anda jual. Apapun jenis beras yang akan anda bisniskan tidak masalah sesuai dengan kesukaan dari konsumen. Pastikan bisnis anda akan menjual beras yang mempunyai kualitas terbaik tidak ada oplosan, pewarna, dan penambah rasa untuk beras yang dijual. 


5. Harus memperhatikan kondisi dari beras, ada beras yang mempunyai kategori basah dan kering, warna beras serta baunya. 

6. Jika anda mempunyai dana yang terbatas, jangan terlalu banyak menyediakan jenis beras. Disebabkan sifat beras tidak bertahan lama, usahakan beras yang dijual paling disukai oleh konsumen sehingga perputaran beras baik dan terarah. Gunakan sistim FIFO yaitu (First In First Out) dimana beras yang pertama masuk akan segera dikeluarkan pada saat penjualan.

7. Jika ada konsumen yang tidak bisa membeli beras anda dalam jumlah banyak, anda dapat menyediakan beras eceran. Persiapkan alat timbangan atau literan serta plastik pembungkus beras.

8. Keuntungan bisnis beras hanya anda sendiri yang menentukan. Ambil lah margin yang masih dapat dijangkau oleh konsumen dengan harga yang akan anda bebankan kepada mereka. Jika anda baru memulai bisnis beras, jangan mengambil margin yang terlalu besar. Karena anda masih tahap perkenalan kepada konsumen sehingga anda akan membangun bisnis ini tetap berjalan. 

9. Jika anda mempunyai armada untuk mengantar langsung pesanan beras akan lebih baik. Salah satu jasa tambahan yang akan anda berikan kepada konsumen dengan kriteria jumlah pembelian.

10. Apabila konsumen anda berbagai jenis latar belakang seperti rumah makan, rumah tangga, atau konsumen eceran. Perhatian setiap tingkah laku dalam proses pembelian kepada anda. Lebih dianjurkan dengan penjualan tunai. Apabila konsumen rumah makan anda akan menerima hasil penjualan setelah beras anda terpakai habis semua. Jadi harus cermat dan smart.

11. Jika anda memiliki pengalaman membuat blog atau website akan memberikan nilai tambah untuk bisnis anda. Karena website atau blog anda akan terbaca sistem pencarian "search engine". Jadi anda mendapatkan konsumen terbaru dari dunia maya. Gunakan kesempatan ini untuk memperkenal produk beras anda.

13. Sediakan nomer telepon bisnis anda kepada konsumen. Sehingga memiliki interaksi antara anda dengan mereka. Dengan cara ini anda dapat selalu terhubungi  dengan konsumen apabila mereka membutuhkan beras dengan kualitas baik yang telah anda jual kepada mereka.

Beberapa tata cara berbisnis beras diatas dapat mengispirasi anda untuk memulai jualan beras. Setiap pedagang mempunyai cara tersendiri dan perlakuan terhadap konsumen. Berikanlah kualitas yang terbaik kepada konsumen, dengan berdagang beras anda sudah membantu mereka untuk mendapatkan beras yang baik. Sehingga anda turut membantu mereka merasakan beras yang sebenarnya yang mereka harus dapat. Bisnis anda menjadi berkah, saling membantu untuk memberikan yang terbaik. 


No comments:

Post a Comment