Translate

Sunday, July 24, 2016

Beras Solok Anak Daro

Beras Solok Anak Daro merupakan jenis beras kualitasnya dibawah Beras Solok Sokan. Dapat dikatakan level menengah dengan referensi harga juga dibawah beras Sokan. Sebenarnya banyak varietas beras Solok yang beredar dipasaran, tetapi yang menjadi ekslusif adalah Sokan, Anak Daro, dan Mundam Pulau. Beras Solok Anak Daro  mempunyai fakta yang sangat unik, dari bulir berasnya saja sangat kecil seperti padi-padian pada waktu panen dini, tetapi kekhawatiran itu akan sirna jika anda sudah memasak beras ini. 

 Fakta Beras Solok Anak Daro.


1. Ekslusifitas beras ini hanya dapat ditanam di kota Solok, ditempat lain tidak bisa karena tekstur tanah dan geografisnya Solok lah yang tepat. Hasil dari humus tanah yang baik disekitar perbukitan dan didukung dengan pelapukan alami dan ketersediakan air dari alam yang melimpah.

2. Karena keunikan ini, beras Solok Anak Daro sudah mendapat tempat di konsumen. Tidak hanya di Indonesia, di negara tetangga sudah mencicipi kegurihan beras jenis ini.

3. Bulir berasnya kecil, bersih, dan aroma beras yang cukup kuat. Namur bulir beras ini akan mengembang apabila anda memasaknya. Sehingga anda tidak perlu kawatir jumlah beras yang anda masak untuk keluarga.


4. Beras Solok Anak Daro tidak mudah lembek, hancur, atau cepat basi setelah dimasak. Beras ini sangat disukai oleh pihak hotel, caffee, dan rumah makan karena masih dapat digunakan kembali keesokan harinya jika masih dapat sisa masak kemarin. Konsumen kami mengatakan masih dapat digunakan untuk menu nasi goreng di pagi hari.

5. Harganya relatif terjangkau dibawah harga beras Solok Sokan. Jadi, beras anak daro atau pengantin dapat dikatakan level kedua sebagai beras super prima yang ada di Kabupaten Solok.

6. Perlu diketahui bahwa beras anak daro atau pengantin ini juga banyak ditanam di daerah lain tetapi kualitasnya jauh berbeda dengan jenis varietas anak daro yang ditanam di Kabupaten Solok. Dengan ini dapat dikatakan bahwa jenis varietas ini sangat cocok ditanam di daerah ini dan apabila ditanam di daerah lain akan jauh sekali perbedaannya.


Dengan berjalannya waktu, beras asli sudah mulai jarang dijual oleh para pedagang. Ada yang sudah dicampur dengan beras lain untuk mendapatkan untung besar dengan cara yang tidak halal. Tetapi anda jangan khawatir, masih ada penjual yang jujur untuk menjual jenis beras yang akan anda dapat. Mereka akan menjelaskan jenis beras apa yang mereka jual, seperti beras Solok Anak Daro ini.


No comments:

Post a Comment