Translate

Monday, July 25, 2016

Peluang Bisnis Menjadi Supplier dan Distributor Beras

Beras masih menjadi makanan pokok bangsa Indonesia, ingin menjadi supplier dan distributor beras tentu membutuhkan proses yang cukup panjang serta permodalan yang cukup stabil. Peluang untuk menggeluti bisnis ini masih terbuka luas dikarenakan beras masih menjadi komoditas unggulan di bidang bahan pokok, bahkan pemerintah selalu mensupport pangan nasional dengan peran serta bulog. Tetapi untuk skala daerah tertentu anda akan mencoba menjadi supplier dan distributor beras dan apa kiat-kiat nya supaya bisnis ini begitu menjanjikan dan kelangsungan hidup bisnis ini tetap menjanjikan.



1. Bisnis membutuhkan modal untuk mempersiapkan seluruh infrastruktur baik lokasi, sumber daya manusia, armada, dan pemasaran. Sebagai seorang enterprenur akan memperhatikan poin ini untuk memulai usaha supplier dan distributor beras.

2. Mengetahui lumbung beras di daerah tersebut. Anda harus mengetahui sentra beras dan mengetahui jenis beras yang menjadi primadona dipasaran tersebut. Tentu membutuhkan beberapa trik jitu untuk memperoleh beras ini. Dengan melakukan jemput bola ke sentra penggilingan padi yang jujur mengenai jenis beras yang anda cari dan akan anda pasarkan.

3. Jika anda ingin memiliki sentra penggilingan padi sendiri akan lebih baik, tentu membutuhkan biaya ekstra. Tetapi dapat ditunda apabila anda sudah mengetahui sentra penggilingan padi yang sudah terpercaya untuk menyediakan beras yang anda inginkan. Apabila sudah mempunyai dana yang cukup dan sudah mampu dianjurkan untuk membuat sendiri agar mutu dan kualitas akan menjadi lebih baik


4. Buatlah nama untuk produk anda. Jika anda sudah mempunyai pasar yang jelas dan  konsumen selalu kontiniu memesan beras lewat anda, tentu membuat nama akan memperjelas fokus bisnis dan akan dikenal oleh konsumen setia anda.

5. Gandeng pemasaran lewat internet. Pada saat sekarang arus informasi lewat internet sangat cepat perkembangannya. Tentu anda harus berusaha mengikuti tren yang ada supaya anda dapat memperluas promosi secara gratis dan berbayar, akibatnya omset penjualan menjadi meningkat. Anda juga dapat melakukan penjualan lewat online dan media sosial lainnya.

6. Berbisnislah dengan jujur. Tahap ini sangat menentukan peran serta anda membuat suatu bisnis menjadi terjamin baik untuk jangka panjang. Jika anda melakukan kecurangan dalam berbisnis tentu pangsa pasar anda akan berkurang dan omset anda dengan berjalan waktu akan menyusut.

7. Ikuti promosi dan pameran untuk memperkenalkan produk beras yang anda jual serta mencari konsumen baru di skala derah atau luar daerah.

8. Secara tidak langsung anda sudah membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran. Peran serta anda sudah membantu pemerintah dan meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik.

Tentu menjadi supplier dan distributor beras tidak berjalan dalam sehari. Butuh waktu untuk merintis, mencari pangsa pasar, sentra beras, dan pemasaran yang tepat. Ketekunan dan ulet akan membawa bisnis anda tetap berlangsung lama dan terpercaya di mata konsumen.

No comments:

Post a Comment