Translate

Thursday, July 28, 2016

Gebrak Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi diperlukan untuk pemasaran produk demi meningkatkan penjualan. Perlu dilakukan gebrakkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan suatu produk bahkan jasa. Alasan ini perlu dilakukan sebagai pebisnis, dengan adanya kualitas produk yang anda jual secara tidak langsung akan terekam oleh konsumen. Jika hal ini sudah terjadi maka bisnis yang anda tekuni sudah mulai tumbuh.



1. Targer pasar anda. 

Misalnya anda seorang pedagang beras. Tentu anda akan bidik pangsa pasar yang akan anda masuki. Jika beras anda jenis premium tentu kalangan yang akan anda masuki menengah atas. Lakukan identifikasi ini akan mempermudah anda untuk membuat strategi yang paling efektif dilakukan dan menghindari biaya yang terbuang percuma termasuk waktu. Tentu promosi diperlukan dengan cara konvensional dan online. Lakukan secara terus-menerus dan konsisten agar produk anda akan dikenal secara bertahap.

2. Lokasi.

Pada saat sekarang lokasi dapat dikatakan tidak terlalu banyak berperan dengan adanya bantuan lalu-lintas internet dan belanja online. Memang secara konvensional membutuhkan lokasi yang strategis dan mumpuni dikunjungi oleh konsumen untuk membeli produk anda. Kalau secara online anda dapat monitor dari rumah dengan real-time sehingga waktu anda akan fleksible dengan adanya jaringan internet yang cukup bisa diakses baik lewat smartphone atau PC.

3. Analisa Kompetitor.

Perlu dilakukan analisa kompetitor. Tetapi anda harus mengetahui posisi anda sebagai penguasa pasar, pengikut pasar, atau sebagai pemain besar. Posisi ini penting agar anda bisa bergerak sesuai dengan kapasitas dari bisnis yang ditekuni. Jika anda mempunyai analisa jitu pemasaran dengan melakukan promosi haruslah yang lebih menarik dari kompetitor, mempersiapkan secara kreatif, menarik, serta unik.


4. Jalin Silaturahmi.

Hubungan baik dengan konsumen tentu harus dilakukan agar kesinambungan usaha anda tetap berjalan baik. Konsumen akan selalu bercerita dari mulut ke mulut sehingga produk yang anda sediakan makin dikenal. Sifat manusia selalu bercerita dan memberi pengalaman kepada kerabat, sahabat, dan keluarga. Dari alur inilah semua akan bermuara ke bisnis yang anda lakukan sehingga pemasaran secara tidak sengaja akan anda raih secara baik.

5. Media Sosial.

Zaman sekarang akan selalu berbagi informasi lewat gadget dengan sambungan koneksi internet. Manfaatkan untuk berkreasi dan memperkenalkan produk anda dengan membuat website, blog, atau fan page. Dengan cara ini bisnis anda dengan mudah dapat terkoneksi dengan "search engine" jika konsumen baru ingin mengetahui informasi mengenai produk anda. Tentu hal ini harus anda lakukan agar tambahan cara pemasaran secara konvensional akan tetap dilakukan tetapi cara media sosial  harus diikuti agar bisnis yang anda rintis terus berkembang.

6. Belajar dan Terus Belajar.

Bisnis ini adalah sesuatu pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Pengalaman adalah guru yang baik untuk menjadikan bisnis anda tetap berjalan dan berkah. Jadikan bisnis yang anda tekuni membuat lapangan kerja buat semua orang. Mereka akan terbantu dan bisnis anda tetap berjalan. Bisnis akan berkembang dengan adanya pengembangan pengalaman masa lalu untuk masa depan yang lebih baik.



No comments:

Post a Comment