Translate

Thursday, July 28, 2016

Manfaat Beras Hitam dan Khasiat Untuk Kesehatan

Sangat langkanya beras hitam dan tidak sepopuler beras merah dan putih, ternyata manfaat beras hitam sangat istimewa apabila dikonsumsi. Beras hitam adalah beras yang sudah dikonsumsi pada zaman dahulu dilingkungan terbatas seperti lingkungan kerajaan dan bangsawan seperti di negara China dan Indonesia. Di negara kita sendiri beras hitam di konsumsi dilingkungan kerajaan di Yogyakarta. Jika di Tanah Toraja beras hitam ini hanya dikonsumsi oleh ketua adat saja yang boleh konsumsi beras ini dan digunakan pada acara adat saja. Di Cerebon konsumsi beras hitam adalah pamali kecuali hanya lingkungan kerajaan kesultanan saja yang boleh konsumsi. 




Di Indonesia tidak semua daerah bisa menanam beras hitam karena harus memperhatikan tekstur tanah dan kondisi lingkungan dari daerah tersebut. Seperti di daerah Subang tepatnya didesa Cibesi, beberapa daaerah di jawa tengah dan jawa timur. Beras hitam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai panen, waktunya sekitar 6-7 bulan sehingga produksinya masih sangat terbatas. Tentu membeli beras hitam membutuhkan biaya lebih jika dibandingkan dengan beras putih atau beras merah.

Bila dicermati dengan seksama anda dapat memperhatikan ada perbedaan antara beras hitam dan beras ketam hitam yaitu apabila beras hitam dimasak akan berubah menjadi unggu sedangkan beras ketam hitam warnanya tetap berwarna hitam.


Manfaat Beras Hitam dan Khasiat Untuk Kesehatan


1. Sumber antioksidan.

Manfaat ini sudah dijelaskan oleh Dr Axe di blognya. Beliau adah seorang dokter pada bidang herbal, chiropratic, dan ahli gizi dibidang makanan sehat. Beras hitam memiliki warna hitam disetiap bulirnya atau kelihatan unggu gelap. Kondisi ini dapat mengindikasikan bahwa beras merah mempunyai kandungan antioksidan cukup tingi. Kandungan yang sama juga ditemukan beberapa buah-buahan seperti blueberry, cranberry, dan raspberry. Jenis beras ini terutama pada bagian kulir terluar memiliki kandungan antioksidan dan antosianin, bahkan kandungannya lebih tinggi dari jenis beras merah dan varietas gandum lainya. Kegunaan antisianin ini segudang manfaat yaitu untuk membantu mengurangi timbulnya penyakit serius, hal ini sudah didukung beberapa penelitian dibeberapa negara.

Antisianin adalah antioksidan yang ada hubungannya beberapa penyakit serius, seperti membantu dan mencegah timbulnya penyakit jantung, melindungi tubuh dari kanker karena radikal bebas, meningkatkan fungsi otak, mengurangi radang, dan lainnya.

Nutrisi yang terkandung didalam gandum atau beras berawal dari kulit lapisan terluar yaitu pada kulit padi yang banyak sekali terbuang. Hanya gandum atau beras yang secara alami mempertahankan kandungan antioksidan, serat, mineral, dan vitamin. Beras merah yang ada dipasaran ada yang sudah mulai diolah kandungan nutrisi didalamnya sudah mulai hilang mulai pada saat penggilingan padi.

Sementara untuk beras merah dan beras putih juga mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan, tetapi kandungan di dalam beras hitam yang berbeda yaitu mengandung antisianin. Dan di dalam beras hitam juga mengandung unsur penting antioksidan vitamin E, yang sangat berguna perawatan mata, kulit, dan daya tahan tubuh. 

2. Melindungi Kesehatan Jantung.

Dr Axe di blog nya juga menyebutkan bahwa beras hitam juga menurunkan penyakit berbahaya dimana plag antherosclerotik yang terbentuk di arteri, yang selalu membuat arteri ini tetap bersih dan stabil untuk mencegah penyakit jantung dan strok.

Unsur penting fitokimia antisianin ini juga ditemukan pada beras hitam serta membantu tingkat kolesterol sehat dengan cara menurunkan total kolesterol secara keseluruhan seperti kolesterol jahat LDL dan kosenterasi total dari triacylgkycerol. Faktor inilah yang terlibat pada penyakit jantung.

Dengan poin ini penyakit jantung sangat mudahnya terjangkit pada manusia disetiap negara tidak hanya di barat tetapi Asia sudah mulai mengikuti. Oleh sebab itu, konsusmsi beras hitam sudah sangat penting berperan untuk melindungi kesehatan jantung.

3. Membantu Tubuh Mengeluarkan Racun.

Dr Axe juga menyebutkan bahwa beberapa penelitian memperlihatkan hasil dengan konsumsi beras hitam membantu tubuh untuk mengeluarkan racun didalam tubuh dan membersihkan hati dari racun-racun berbahaya. Unsur antioksidan pada beras hitam inilah yang sangat berperan aktif untuk mengeluarkannya.

Penelitian pada binatang sudah diterapkan, status antioksidan didalam darah, hati, dan pembuluh arteri inti (aorta), evaluasi ini dilakukan pada kelinci yang konsumsi beras putih dan beras hitam.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelinci yang mengkonsumsi beras merah lebih kurang tingkat stresnya (disebut juga dengan dampak dari radikan bebas), yang terdiri dari antioksidan didalam pembuluh darah, proses pengeluaran racun didalam hati, dan juga berkurangnya plag yang terbangun di pembuluh arteri.

Unsur phytonutrient yang ditemukan dalam beras hitam tersebut membantu tubuh untuk mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya yang berkontribusi secara luas bagi kesehatan tubuh.



4. Sumber Baik Serat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan.

Beras hitam dan varietas lainya seperti beras putih dan beras merah mengandung serat yang hampir sama, kira-kira 2-3 gr per setengah cangkir penyajian. Serat pada beras merah sangat membantu tubuh untuk mencegah sembelit, kembung, dan penyakit pencernaan lainnya. Serat membantu racun keluar melalui besar, dan membantu mengeluarkannya keluar pada saat buang air besar.

Beras hitam untuk diet sangat baik sekali dan yang paling penting perut selalu merasa kenyang dengan proses pembakarannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Akibatnya sangat berpotensial membantu anda mengurangi berat badan.

Dr Axe juga memberikan penjelasan bahwa beberapa penelitian untuk diet ketat pada serat pada varietas beras sudah dilakukan, berhubungan dengan kegemukkan, penyakit jantung, diabetes, dan masalah pencernaan seperti sindrom iritasi pada usus (IBS - Irritable Bowel Syndrom). Serat inilah yang bekerja untuk membersihkan racun, dan membantu mengurangi radang dan membersihkan pembuluh arteri serta mengeluarkannya berupa plag didalam tubuh. Beras hitam juga membantu 
serta mencegah atau mengobati beberapa kasus diare, serat ini bekerja dan membantu mengeluarkannya melalui buang air besar.

5. Bebas dari Gluten.

Seperti varietas beras lainya, beras hitam secara alami tidak mengandung gluten, protein yang ditemukan pada semua jenis gandum, gandum hitam, dan barley (biji-bijian kelihatan fisik seperti gandum, termasuk tumbuhan jenis gandum-ganduman). Perkiraannya 1 dari 7 orang sangat sensitif terhadap gluten dimana mereka tidak menyadarinya tapi waktu dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif seperti penyakit celiac (penyakit celiak adalah rusaknya auto imun yang dapat terjadi secara genetik yang mempengaruhi kestabilan orang pada proses menelan dimana unsur gluten ini yang merusak pada usus kecil). 

Dr Axe memberi penjelasan setelah mengkonsumsi gluten tersebut, dimana sifat gluten ini sangat sensitif pada beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit Celiac (seperti alegi pada gluten) termasuk perut kembung, sembelit, diare, kekurangan nutrisi, dan tingginya resiko terbentuknya sindrom usus bocor. Dengan konsumsi beras hitam dan tidak hanya produk olahan gandum saja termasuk tepung terigu, tetapi juga semua jenis gandum, dan gandum hitam pada menu, tetapi gantum bisa membantu mengurangi masalah pencernaan yang berhubungan dengan gluten untuk beberapa kasus yang terjadi.

6. Membantu Mengurangi Serapan Gula di Dalam Darah, dan Mencegah Penyakit Diabetes.

Dr Axe juga menjelaskan beberapa penelitian sudah dimulai untuk meneliti resiko terjadinya penyakit diabetes bahkan kegemukkan, dengan konsumsi gandum utuh justru akan memberikan dampak lebih baik dan bersifat mencegah daripada konsumsi karbohidrat olahan seperti beras merah dan roti.

Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi karbohidrat yang sudah diolah dimana serat yang ada akan mengeluarkan antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya yang dapat membantu serapan gula didalam pembuluh darah, pilihan yang terbaik adalah beras merah.

Beras hitam terdiri dari serat yang tersimpan pada seluruh permukaan bulir beras, dan serat inilah yang bisa membantu glukosa lebih mudah diserap dengan waktu yang cukup lama.

Penelitian dilakukan pada konsumsi pada beras putih dan beras merah yang dihubungkan dengan resiko terjangkiti penyakit diabetes tipe 2, maka mereka menemukan bahwa beras merah sangat berkontribusi meningkatnya resitensi insulin dan penyakit diabetes.

Jika penggantian jenis biji-bijian, termasuk beras merah dan beras hitam pengganti beras putih, roti putih, pasta, dan sereal yang sudah mengandung pemanis mungkin sedikit mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2 dan komplikasinya, tetap memperhatikan berat badan anda dan selalu memeriksa tingkat keseimbangan energi.

7. Dapat mencegah obesitas jika dibandingkan dengan biji-bijian yang telah diolah.

Pernyatan ini sangat penting bagi penderita pra diabetes, diates atau bentuk penyakit lainnya dari sindrom metabolik serta resistensi insulin untuk konsumsi gandum utuh 100% sebagai perlawanan terhadap jenis beras putih yang kurang serat.

Semua orang ingin memperjuangkan berat badannya menjadi ideal, karena dengan beberapa serat dari nutrisi penting didalam beras dan gandum akan membantu tubuh dan untuk sinyal kelaparan yang sering terjadi untuk mencegahnya jangan makan terlalu banyak. Penelitian ini menunjukkan bahwa gandum dengan varietas padi dapat mencegah resistensi insulin yang berhubungang dengan resiko untuk obesitas.

Dimana Membeli Beras Hitam.


Popularitas beras hitam sudah mulai menjadi makanan sehat diseluruh dunia termasuk negara Indonesia. Untuk membeli beras hitam memang tidak semudah membeli beras putih dan beras merah. Kesulitan ini akan anda abaikan jika anda akan mencoba manfaat dari beras hitam ini bagi kesehatan. 

Biasanya beras hitam sudah terjual pada supermarket pilihan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Tetapi di pasar tradisional juga sudah tersedia tergantung dari kotanya. Karena sentra tanam dari beras hitam pada saat sekarang masih banyak terpusat di daerah jawa, tidak menutup kemungkinan untuk daerah lain juga tersedia. Harganya memang diatas beras merah dan beras putih.

Kilas Balik Beras Hitam.


Beras hitam sudah dikenal sebagai varietas beras dengan komponen substansial didalamnya sangat berperan penting pada program diet. Di negara China, beras hitam sudah digunakan untuk kesehatan ginjal, lambung, dan hati sejak dahulu kala.

Sudah ribuan tahun negara China sudah mulai menguasai beras hitam untuk konsumsi kerajaan dan kalangan bangsawan. Sangat terbatas sekali dalam area tumbuh dan sangat diawasi hanya untuk kalangan tertentu saja yang bisa mendapatkan akses untuk memiliki beras hitam. Disebabkan rakyat umum tidak boleh mengkosumsi beras ini bahkan untuk menanamnya. Istilah beras hitam dapat dikatakan "beras terlarang" sampai saat sekarang ini.


Sumber:



No comments:

Post a Comment