Translate

Wednesday, August 24, 2016

10 Jenis Oleh-Oleh Asli Padang

Setelah berkunjung ke Padang Sumatera Barat tentu jangan lupa membawa oleh-oleh atau makanan asli sebagai buah tangan untuk kerabat atau keluarga. Jenis oleh-oleh yang tersedia di kota Padang sangat beragam dan tentu mempunyai harga yang ekonomis. Berbagai jenis inilah menjadi peluang usaha bagi masyarakat asli untuk mewujudkannya dalam suatu paket atau setiap bungkus. Saya merangkumnya berdasarkan favorit bagi seluruh pelancong atau bahkan untuk diri saya sendiri. Berikut jenis makanan kecil atau oleh-oleh asli Padang.



1. Keripik Balado.

Jenis panganan ini sangat facorit sekali dan identik dengan kota balado Padang. Keripik singkong yang digoreng dengan menggunakan minyak kelapa ini membuat tekstur keripik menjadi gurih dan renyah. Kenapa memakai minyak kelapa disebabkan hasil penggorengan menjadi tahan lama jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. 

Campuran balado keseluruh keripik dibalurkan setiap sisi membuat keripik balado siap untuk dibungkus sesuai dengan berat yang diinginkan. Variasi rasa lain juga sudah mulai dibuat seperti balado hijau. Tentu rasanya mempunyai sensasi lain dan tentu masih tetap gurih dan renyah.




2. Keripik Sanjai.


Nama panganan ini sangat identik dengan kota Bukittinggi dimana jenisnya hampir sama dengan keripik balado tetapi tidak memakai balado cabe. Keripik singkong yang telah digoreng untuk dijadikan keripik sanjai dan dibungkus sesuai dengan beragam berat.

Variasi jenis keripik sanjai seperti stik sanjai, sanjai bulat, ataupun sanji panjang. Rasanya gurih dan berbalur bumbu.




3. Dakak-dakak.


Tentu jenis pangan ini cocok sekali menjadi oleh-oleh yang dapat dinikmati disegala suasana. Makanan kecil ini terbuat dari singkong dibentuk seperi dadu. Setiap variasi rasa juga sudah mulai dikembangkan oleh penduduk asli minang "urang awak" seperti dakak-dakak pedas ataupun dakak-dakak original. Perbedaannya tentu dari segi pedas. Rasa pedas diberi bubuk cabe. 

Makanan ini sudah menjadi buruan pelancong karena tekstur dari singkongnya sangat renyah dan kress. Dengan harga yang sangat ramah dikantong tentu cocok sekali untuk oleh-oleh bagi keluarga atau rekan sejawat.



4. Sarang Balam.

Bentuk unik berbalur gula merah. Bahan dasarnya adalah ubi jalar kuning dibentuk seperti sarang burung dan sentuhan akhir diberi gula merah sebagai pemanis alami. Makanan ini sudah mulai dilupakan oleh masyarakat karena ketersediaannya cukup sulit ditemukan. Hanya pedagang besar yang banyak menyediakan oleh-oleh ini. Karena pembuatannya cukup rumit dimana ubi jalar dipotong tipis dan dimasak diminyak panas dengan bentuk ring +/- 5cm. 

5. Kipang Kacang Sikaladi.


Jenis oleh-oleh ini sangat homemade sekali pembuatannya sesuai dengan pemesanan. Saya sangat suka kipang kacang sikaladi ini karena pebuatannya masih sangat tradisional dan jika anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh harus segera pesan, dan keesokan harinya bisa dibawa.

Lokasi kipang kacang sikaladi ini bersebelahan dengan Jl Mangunsarkoro Padang. Nama sikaladi dipakai karena lokasi pembuatan di Jl Sikaladi. Semua orang pasti tahu dan mengenal kipang kacang sikaladi ini.



6. Karak Kaliang.


Makanan unik berbentuk angka delapan sudah menjadi ikon oleh-oleh asli di Minangkabau. Bahan dasar dari pembuatan karak kaliang ini memang dari singkong dimodifihasi dengan beberapa bumbu tambahan dibuat bentuk angka delapan.

Rasa panganan ini sangatlah gurih dan kress jika digigit. Tentu kriuk nya ini menjadikan sensasi lain untuk mengunyahnya. Banyak variasi pilihan dalam kemasan tergantung berat yang anda sukai.



7. Kerupuk Kulit Sapi.


Jenis kerupuk kulit sapi yang ada di Sumatera Barat sangat dijamin kehalalanya. Ketersediaan kerupuk kulit di daerah ini sangat cukup dan menjadi cemilan wajib yang harus anda bawa sebagai oleh-oleh.

Pembelian kerupuk kulit sapi ini direkomendasikan pada saat anda berkunjung ke Bukittinggi, lokasinya sangat dekat dengan jam gadang atau pasar Bukittinggi. Tentu anda bebas melakukan pembelian dengan jenis unkuran yang disediakan oleh penjual. 



8. Songket Minangkabau. 


Minangkabau juga mempunyai songket yang meleganda. Desa penghasil songket sangat terkenal adalah Pandai Sikek yang sudah beberapa generasi membuat tenunan songket dengan benang emas. Tentu pembuatannya masih tradisional dan memakan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan satu stel pakaian. 

Proses yang memakan waktu dan beberapa teknik khusus menyusun dan memasukan benang kedalam mesin tenun inilah berpengaruh terhadap dengan harga. Tetapi anda jangan kawatir, ada barang pasti ada harga. Kualitas songket dari Pandai Sikek ini sudah diburu oleh para kolektor. 



9. Kain Sulam Karancang.


Orang Minangkabau juga sangat berbangga diri, selain songket Pandai Sikek daerah Minangkabau juga ada oleh-oleh kain sulam karancang. Kenapa nama sangat unik ini?. Kain sulam ini dibuat dan disulam pada kain yang telah dibentuk dan bagian ujung kain berbolong.

Sekarang ini masih ada jenis pembuatannya menggunakan tangan ada pula menggunakan mesin. Tentu dengan teknik menggunakan tangan dan mesin ada perbedaannya. Proses dengan manual ini mempunyai beberapa trik khusus mulai dari pemintalan benang hingga proses bordir dilakukan. Ada beberapa daerah sekitar untuk membolongi kain menggunakan solder elektronik. Pembuatan kerancang ini membutuhkan keahlian khusus tentu mempunyai harga yang cukup mahal. Anda bisa melakukan penawaran di pasar atas Bukittinggi sebagai pusat kain sulam kerancang di Sumatera Barat. 



10. Souvenir nuansa Minangkabau.


Jika anda ingin memiliki souvenir nuansa Minangkabau ini dapat dibeli didaerah Pasar Bukittinggi. Lokasinya sangatlah dekat dengan jam gadang. Jenisnya sangatlah banyak mulai dri replika jam gadang, gantungan kunci, t-shirt, pajangan, dan lain sebagainya. Tentu harganya sangat ramah dengan kantong anda dan dapat ditawar.


Tips.


1. Belilah oleh-oleh Minangkabau langsung kepada penduduk asli dan pada saat berkunjung ke Bukittinggi. Karena disini bertebaran penjual yang cukup dikenal kualitasnya seperti Sajai Nita, Sasuai, atau lainnya. Karena produk yang mereka hasilnya dijamin kehalalannya dan saya merekomendasikan untuk hal ini. 

2. Ada beberapa barang yang mempunyai harga pas dan tidak dapat ditawar. Jika ada jenis oleh-oleh yang masih bisa ditawar lakukan dengan bijak. Penawaran dapat anda lakukan 30% dari harga yang disebutkan oleh penjual.

3. Belilah oleh-oleh yang sangat unik dan tidak ada didaerah lain. Karena ini penting untuk membuat pengalaman anda berkunjung ke Sumatera Barat tetap terkesan dengan membeli oleh-oleh tersebut.


4. Jangan lupa berpoto di objek wisata menarik di Sumatera Barat dan promosikan keseluruh sosial media yang anda punya sehingga pengalaman anda dapat menjadi rekomendasi buat mereka jika berkunjung ke Sumatera Barat.

5. Apabila anda berlibur di Sumatera Barat pada waktu libur nasional, cuti sekolah, ataupun pada saat weekend tentu akan menjadikan waktu anda terbuang percuma dengan ramainya orang berwisata. Anda dapat mensiasatinya pada waktu hari kerja. Manfaat lain anda akan mendapatkan harga yang berbeda jika membeli oleh-oleh pada waktu ramainya orang berwisata.
  

No comments:

Post a Comment