Translate

Monday, August 1, 2016

Benih Beras Merah dalam Tips dan Trik

Jika petani ingin mencoba membeli benih beras merah untuk ditanam, harus mempunyai teknik dan trik untuk mendapatkannya. Jual benih beras merah banyak yang menjual, hampir seluruh Indonesia sudah yang menyediakan. Tetapi tidak semua jenis beras merah dapat ditanam sesuai dengan tekstur tanah dan seterusnya. Harus mengetahui tata cara dan kelola yang hampir sama dengan beras putih. Memang harga beras merah lebih tinggi harganya diatas beras putih dan mempunyai pangsa pasar untuk menengah keatas dan untuk beberapa tujuan kesehatan. 



Kilas Balik Untuk Beras Merah.

Kandungan nutrisi yang sangat banyak ditemukan pada beras merah seperti Vitamin B kompleks dan Vitamin E. Tujuan kesehatan juga menggunakan beras merah untuk pengobatan, karena mengandung serat alami, nilai gizi yang cukup baik, dan mineral penting lainnya seperti Selenium, Seng, Fosfor, dan Kalsium. Juga ditemukan berbagai unsur lainnya seperti Lignan, dan seterusnya. 

Read More:

Berikut kami sampaikan beberapa tips dan trik untuk menanam beras merah pada sawah petani.

1. Tata cara kelola tanam beras merah.

Cara menanam beras hampir sama dengan menanam beras putih, tetapi untuk menanam di lokasi petani sekarang tidak terlalu memaksakan diri untuk harus menanam beras merah. Jika petani ingin mencoba menanam beras merah, siapkan lahan tidak terlalu luas untuk mencoba apakan beras merah ini sudah mampu berproduksi.

2. Siapkan Benih.


Benih adalah penting. Untuk menghasilkan beras yang baik harus berasal dari benih yang unggul. Jika petani sudah menemukan bibit yang sudah akan ditanam harus mengikuti tahap-tahap yan dilakukan seperti tata cara menanam beras putih. Bagaimana petani dapat menemukan bibir beras merah?. Pertanyaan yang bagus sekali. Petani dapat membeli di dekat lingkungan sekitar dulu, apakah ada petani yang telah mencoba menanam beras merah ini, jika ada petani dapat membelinya sebagai bibit. Jika belum ada maka petani dapat membeli di toko bibit padi yang menyediakan beras merah. Perlu diingat, jangan terlalu banyak untuk menanam untuk melihat perkembangan pada lokasi yang akan ditanam. Untuk menghemat biaya produksi sampai panen.

Read More:

3. Pemasaran.

Beras merah sudah mulai dikenal sebagai komoditas yang sangat sehat dan tujuan kesehatan. Pangsa pasarnya sudah jelas untuk kalangan menengah keatas dengan harga diatas beras putih. Ketersediaannya terfokus pada lokasi tertentu sehingga harganya tetap stabil. Hal inilah menjadi peluang bagi petani untuk menanam beras merah dan mencoba mendapatkan pasar baru dengan cara kerjasama beberapa pihak. Jika mempunyai pasar didaerah perkotaan dengan konsumen yang sudah tetap maka petani dapat mencoba melakukan budidaya beras merah.

4. Lainnya.

Menyambung poin 3 diatas, jika petani mempunyai pengetahuan lebih untuk memasarkan secara online dapat dilakukan dengan membuat website, BBM, WhatsApp, Facebook, atau lainnya yang memberikan informasi bahwa penjualan dapat dilakukan langsung. Keuntungan lain yang didapat adalah harganya dapat kompetitif jika melakukan kerjasama dengan pihak lain. Atau petani dapat membentuk koperasi khusus beras merah untuk mempertahankan beras merah tetap stabil dan berkesinambungan.


No comments:

Post a Comment