Translate

Friday, August 5, 2016

Cara Simple Masak Beras Merah

Cara masak beras merah hampir sama dengan masak beras putih. Tetapi beras merah ini merupakan salah satu komoditi pangan alternatif untuk diet sehat. Keunggulannya mulai dari serat yang tersedia setiap bulirnya dan sangat berguna sekali untuk kesehatan jantung, sembelit, menurunkan kolesterol, kenyang lebih lama, dan mengendalikan kadar gula dalam darah. Perbedaannya tentu pada tekstur beras merah lebih keras dari beras putih sehingga ada sedikit tambahan cara untuk memaksimalkan hasilnya. Untuk praktisnya pada zaman sekarang menggunakan rice cooker, untuk metode traditional juga dapat dilakukan. 


Read More:


Tata cara memasak beras merah.

1. Siapkan wadah bersih dan terbebas dari bekas masak nasi yang sudah digunakan sebelumnya.

2. Ambil beras merah sesuai dengan kebutuhan masak, cuci bersih dengan menggunakan air bersih dan terbebas dari semua kotoran yang menempel disetiap bulir beras.

3. Perbandingan air dan beras merah 3 : 1 , dimana air 3 dan beras 1.

4. Untuk beberapa saat biarkan beras merah menyatu dengan air agar tekstur beras agak lunak. Proses inilah yang menjadikan beras yang akan dimasakan menjadi pulen dan lembut.


5. Proses masak dimulai dengan menyalakan magic com atau rice cooker.

6. Biarkan beras merah didalam alat memasak nasi untuk proses pematangan.

7. Setelah beras merah matang biarkan beberapa waktu untuk proses istirahat supaya stabil dan siap dihidangkan.

8. Aduk menggunakan sendok nasi untuk dihidangkan. 


Cara memasak beras merah ada sedikit perbedaan dengan beras putih. Begitu juga dengan penyimpanan. Beras merah mempunyai kriteria beras yang cepat apek dan mempunyai waktu penyimpanan relatif pendek pada suhu ruangan. Untuk mempertahankannya simpan beras merah pada wadah tertutup rapat dan disimpan di lemari es. Jika anda memerlukannya dapat dikeluarkan lagi untuk dimasak. Tips : beli beras merah sesuai dengan kebutuhan karena disesuaikan dengan proses penyimpanan serta kondisi beras merah itu sendiri. Selamat mencoba.  

No comments:

Post a Comment