Translate

Wednesday, August 3, 2016

Persaingan Antara Penjual Beras Solok Asli : Triks dan Strategi

Setiap bisnis mempunyai persaingan untuk mendapatkan konsumen. Begitu juga penjualan beras Solok asli ini. Begitu banyaknya penjual beras solok asli pada saat sekarang tidak membuat ciut nyali terhadap pemain baru untuk masuk dan berperan membantu konsumen mendapatkan beras Solok asli. Tidak perlu dikawatirkan, semua rezeki sudah diatur oleh Allah SWT dan sebagai manusia harus berani berusaha untuk mendapatkan rezeki tersebut dengan cara yang halal.


Bagaimana menyikapi begitu banyaknya pemain baru yang bertujuan untuk menyediakan beras Solok asli di kota Padang atau bahkan di Jakarta. Beberapa strategi dan trik harus dipersiapkan agar produk yang dijual memenuhi kriteria bagi konsumen yaitu mempunyai kualitas tinggi, tidak oplosan, dan jauh dari unsur kimia tambahan pada beras. 

1. Pemasaran.

Pemasaran penting dilakukan untuk mendapatkan konsumen baru. Hal yang sangat mudah dilakukan dengan memperkenal produk anda kepada keluarga terdekat, teman kantor, atau tetangga. Dengan memberi penjelasan yang baik dan terarah membuat mereka percaya untuk membeli beras Solok anda.

2. Komunikasi.

Konsumen adalah raja. Pepatah ini memang benar adanya. Dengarkan apa kata konsumen dan selalu bertanya kelebihan dan kekurang dari beras yang anda jual. Apapun komentar dari konsumen akan membangun bisnis anda menjadi lebih baik dikemudian hari.

3. Berbeda.

Setiap penjual mempunyai perbedaan dalam penjualan beras Solok asli ini. Ada yang secara eceran, langsung dalam kemasan (10kg, 20kg, atau 30kg), atau bahkan menjadi pemain besar. Apapun bentuknya anda mempunyai karakter tersendiri untuk menjalan bisnis ini. Perbedaan inilah yang akan menjadi ciri khas dari gaya bisnis yang anda jalani.


4. Merek.

Buatlah merek untuk jenis beras Solok anda. Merek akan memperjelas bisnis yang anda jalankan. Konsumen akan selalu ingat dengan kualitas beras yang anda jual termasuk kemasan yang sangat terjangkau oleh konsumen.

5. Layanan.

Pelayan dengan cepat tanggap. Anda akan mempersiapkan layanan yang terbaik bagi konsumen, termasuk memberikan layanan dalam bentuk telepon untuk mendekatkan diri anda dengan konsumen. Jika anda mempunyai layanan lebih seperti antar ke lokasi konsumen akan menambah kepuasan pelanggan dalam kepraktisan.

6. Lainnya.

Menjelaskan produk penjualan beras Solok dapat dilakukan banyak cara. Secara konvensional anda akan menjajakan di toko, atau jemput bola. Tetapi dengan berkembangnya teknologi dapat memperjelas bisnis anda pada website atau secara online. Cara ini sudah mulai dilakukan oleh para pebisnis untuk mendatangkan konsumen baru dari dunia maya. Cara ini cukup ampuh dengan terkaitnya informasi yang anda berikan dengan SEO (search engine optimation) sehingga mereka dengan mudah mendapatkan informasi tentang beras Solok yang anda jual.

Persaingan disegala bentuk rutinitas selalu ada. Bagaimana mencari celah yang dapat meningkatkan penjualan inilah yang harus diraih. Anda tidak perlu kawatir dengan banyaknya pemain baru, selalu tekuni bisnis anda dengan fokus, jujur, dan selalu mengedepankan kualitas. Inilah yang akan menjadi seleksi alam untuk setiap usaha yang dilakukan. Jika hal ini akan terlaksana dengan baik maka kekuatan bisnis anda akan menjadi kuat dan tidak gentar dengan banyaknya penjual beras Solok di kota Padang dan Jakarta. 


No comments:

Post a Comment