Translate

Friday, August 5, 2016

Beras Solok

Negara agraris menghasilkan beras unggulan termasuk beras solok. Beras Solok adalah salah satu komoditas unggulan di Sumatera Barat yang sudah dikenal dengan rasanya enak, gurih, bersih, serta tahan lama.

Komoditas unggulan diwilayah Sumatera Barat dan sekitarnya membuat beras solok menjadi buah bibir sampai ke negeri seberang. Bahkan mereka rela membeli beras solok tak hanya sebagai oleh-oleh tetapi sudah mulai memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena karakteristik beras tadilah yang membuat beras ini menjadi primadona untuk setiap lapisan masyarakat.


Bagi petani di Sumatera Barat tidak akan ragu dengan banyaknya masuk beberapa jenis beras dari pulau jawa dan sekitarnya dengan harga dibawah beras solok, jenis beras yang mereka tanam tetap akan cepat terserap oleh pasar karena kualitas yang ada pada semua jenis beras solok yang mereka tanam. Apapun jenisnya mulai dari sokan, anak daro, dan mundam pulau akan selalu mereka buru untuk kebutuhan pokok mereka. 

Hubungan yang selalu terikat erat bagi rakyat Sumatera Barat membuat beras solok menjadi judul lagu yang semua orang sudah mengetahuinya. Rata-rata rumah makan yang ada di kota Padang akan terhidang beras solok sebagai hidangan di atas meja makan. Termasuk rumah makan skala kecil, menengah, ataupun atas. 


Selanjutnya:


Kenapa menjadi trade mark untuk setiap rumah makan menggunakan beras solok?. Disebabkan geografi daerah, tekstur tanah, dan kecukupan air yang mengalir dari hutan yang masih alami inilah yang membuat beras solok menjadi bulir beras yang begitu berharga untuk setiap gigitan. 


Jenis dan Karakteristik Beras Solok.


Beras solok juga mempunyai tingkatan untuk setiap jenis beras yang ada. Yang sangat terkenal dan sudah dapat diadu kualitasnya adalah sokan, anak daro, mundam pulau. Untuk sokan mempunyai karakteritik berasnya cukup besar dan merupakan tingkat paling tinggi, anak daro mempunyai bulir kecil tapi kualitas nasi yang dihasilkan setelah dimasak akan dua kali lipat, sedangkan mundam pulau kualitas yang nomor tiga mempunyai kelas yang cukup terjangkau oleh masyarakat dengan kualitas hampir sama dengan sokan dan anak daro. Jenis beras inilah yang banyak dicari oleh masyarakat dengan harga terjangkau tetapi mempunyai kualitas hampir sama untuk jenis beras diatasnya. 

Pemasaran beras solok ini sudah tersedia penjualannya secara konvensional dan online. Karena penjual ingin berinovasi dengan melakukan penjualan beras ini tidak hanya dijual dipasar tetapi mereka juga melayani konsumen yang selalu dekat dengan internet. Kemasan yang tersedia mulai dari 10kg, 20kg, dan 30kg. Untuk pengiriman sangat fleksibel sekali dan dengan harga yang kompetitif. Jika konsumen ingin menggunakan pengiriman dengan ekspedisi yang sudah terkenal, penjual akan melayani sepenuh hati.

Tetapi selalu berhati-hati, tidak semua beras solok yang dijual murni 100% beras solok asli. Pilihkan penjual yang jujur, dan pengalaman dalam penjualan beras. Seperti kami, beras solok yang kamu jual berasal dari sawah kami sendiri, jika permintaan konsumen meningkat kami akan melakukan tambahan pasokan dari sawah disekeliling kami. Jadi tunggu apa lagi, marilah mencoba beras yang kami sediakan untuk konsumen konsumsi dirumah atau sebagai oleh-oelh untuk kerabat dan keluarga tercinta. Hubungi kami.

Alasan kenapa beras Solok tetap menjadi pilihan.


Ada konsumen kami sangat fanatik sekali dan tidak mau mengganti beras sebagai bahan pokok penting mereka. Jawabannya adalah beras Solok, tetapi perlu diingat tidak semua daerah Kabupaten Solok mempunyai beras unggulan, ada beberapa daerah hasil berasnya tidak enak dan gurih bahkan cenderung sama dengan beras rata-rata dijual di pasar dan para penjual selalu bilang beras Solok.

Beras Solok paling disukai adalah jenis yang saya sebutkan tadi yaitu Sokan, Anak Daro, dan Mundam Pulau {sebagian orang menyebutnya Banang Pulau}. Ketiga beras ini mempunyai kualitas yang baik bahkan menjadi incaran bagi pecinta dan penikmat beras di Sumatera Barat. Ketiga beras ini kuwalitasnya hampir sama dengan beras Rojo Lele dan beras Pandan Wangi, harga yang pantas dengan rasa yang gurih akan selalu tersedia apapun jenis lauk yang akan disajikan. Apabila konsumen kami tidak mendapatkan jenis Sokan akan beralih ke Anak Daro dan Mundam Pulau. Setiap jenis akan mempunyai harga berbeda.

Keterkaitan secara emosional orang Sumatera Barat terhadap beras Solok tidak akan pernah terpisahkan walaupun mereka hijrah ke daerah lain seperti Jakarta, Jambi, Pekan Baru, Batam, bahkan sampai ke negara tetangga tetap beras ini menjadi favorit mereka. Dengan permintaan yang cukup tinggi harga beras lokal ini tidak dapat diprediksikan secara tepat akan turun atau naik. Beras Solok apabila sudah mencoba sekali saja akan sulit menukar dengan beras lain. Seperti adanya daya pemikat selera yang cukup tinggi, sebagian ada berpendapat "kalau sudah dengan beras Solok, apapun jenis lauknya cocok - walau hanya pake sambal saja".

No comments:

Post a Comment