Translate

Sunday, August 7, 2016

Manfaat Abu Sekam Padi

Sekam padi merupakan hasil dari pemrosesan padi menjadi beras. Sekam itu sendiri adalah kulit padi yang sangat bermanfaat jika dilakukan pengolahan untuk kehidupan sehari-hari. Tentu sekam padi banyak tersedia pada penggilingan padi, pada tempat pembuangan yang ada corong. Corong inilah tempat keluarnya kulit padi dari mesin penggilingan padi. 


Padi atau biji-bijian lain mempunyai karakteristik bentuk yang berbeda. Jadi setiap bulirnya akan terbungkus rapat yang berfungsi sebagai melindungi bulir dari gangguan luar dan sebagai rumah dari bulir tersebut. Pada padi, kumpulan semua bulir padi yang sudah kering disebut dengan gabah. Jadi semua gabah ini akan diproses lebih lanjut pada mesin penggilingan padi sehingga kulit gabah ini akan dipisahkan dari padi yang disebut dengan beras. Gabah inilah yang akan diproses untuk dijadikan sekam.

Sekam bagi sebagian orang menganggap sebagai limbah tetapi banyak juga yang manfaatkannya. Terutama bagi masyarakat dipedesaan yang menggunakan sekam ini untuk menunjang semua aktifitas termasuk pertanian mereka. Lebih mempunyai nilai jual jika sekam ini dibakar dan dijadikan abu sekam yang dapat menambah penghasilan bagi petani. 

Sebanarnya, apa sih manfaat dari abu sekam padi ini?. Seberapa penting abu sekam ini untuk membantu kehidupan dan memperbaiki lingkungan sekitar.

1. Dapat Menggemburkan Tanah.


Unsur kimia yang terkandung dalam abu sekam sangat berguna untuk menggemburkan tanah. Cara yang sangat mudah dengan cara mencampurkan antara abu sekam dengan kompos, maka disebar dan dicampurkan dengan lokasi tanah yang akan ditabur. Tentunya akan memberikan hasil yang baik untuk penyemaian padi dan juga untuk keperluan lain sebagai proses penanaman. 

2. Dapat Menyuburkan Tanaman.


Apabila tanah yang sudah tercampur dengan abu sekam akan memberikan manfaat baik terhadap kesuburan tanah. Disebabkan kondisi tanah sudah membaik dengan bertambahnya unsur hara tanah yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara inilah nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi lebih baik. Hasilnya daun hijau, cerah, dan segar. 

3. Optimalkan Pertumbuhan dan Memaksimalkan Nutrisi.


Peran penting tanah untuk pertumbuhan memang harus diperhatikan. Abu sekam dapat membantunnya menjadi lebih sempurna. Tetapi percampuran antara pupuk kompos dengan abu sekam ini harus merata, agar unsur hara yang akan terbentuk tersebar disetiap permukaan tanah. Seperti kita membutuhkan nutrisi seperti vitamin dan mineral, begitu juga tanaman harus mendapatkan itu semua dari tanah untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan menjadi sehat dan ketersediaan unsur hara cukup sampai panen.  

4. Mengikat Logam Berat. 

    
Manfaat yang sangat banyak tidak hanya pada pertanian saja tetapi juga digunakan di bidang industri manufaktur. Terutama pada pada industri logam dan besi. Abu sekam sebagai tambahan pada proses produksi logam karena sifatnya dapat mengikat dengan kuat semua unsur logam termasuk besi, karena silica terkandung didalam sekam padi. 
   

5. Sekam Padi Mengandung Silica.


Sekam padi mengadung silica yang digunakan sebagai bahan baku pada perusahaan logam dan besi tadi. Tetapi sekam padi juga digunakan salah satu campuran untuk pembuatan beton. Masih berhubungan dengan silika yang cukup tinggi, abu sekam juga dicampurkan pada adukan semen dan mengikat semua campuran menjadi beton yang kuat dan mempunyai umur yang panjang.    

6. Lahan Bisnis Yang Menjanjikan.


Peluang bisnis dapat dimulai dari abu sekam ini. Dimana kebutuhan sekam padi ini masih cukup tinggi untuk semua kegiatan. Pertanian, rumah tangga, dan perusahaan manufaktur. Jika anda dapat berkarya dengan sentuhan teknologi mutakhir untuk membuat sekam padi menjadi lahan bisnis baru sangat direkomendasikan sekali. 

Tips:


Untuk mendapatkan abu dari sekam padi didapatkan dengan cara pembakaran sekam padi. Gunakan sekam padi yang sudah sangat kering agar proses pembakarannya cepat. Anda tidak dapat membakar sekam padi di perkotaan, karena asap pembakaran dari sekam padi ini sangat lama dan banyak sehingga akan mengganggu lingkungan sekitar. Sebaiknya, sekam padi ini dibakar dipedesaan yang masih memiliki kawasan yang luas untuk pengolahan. 

Memanfaatkan sekam padi tentu akan mengurangi limbah dengan komoditi yang mempunyai nilai tambah. Disamping itu anda telah mendapatkan keadaan tanah yang banyak mengandung unsur hara yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan, tentu saja nilai jual dari sekam padi ini juga anda dapatkan.


No comments:

Post a Comment