Translate

Monday, August 8, 2016

Taukah Anda Manfaat Sawah?

Taukah anda manfaat sawah?. Lahan yang sangat berguna untuk menanam padi. Sawah yang terawat akan memberikan hasil maksimal terhadap padi yang ditanam. Tentu proses ini akan dilakukan oleh petani untuk memberikan ketersediaan unsur hara dan pengairan agar konsistensi tanah yang lembut tetap terjaga. Untuk penanaman padi tergantung dari geografi daerah, cuaca, dan ketinggian. Hal ini tidak akan jadi masalah apabila petani mengetahui cara terbaik untuk menanam padi yang baik. 



Read More:

  
Lahan sawah yang diolah tentu memberi harapan baru bagi petani. Mereka sangat menggantungkan kehidupan mereka dengan menanam padi, serta sudah mengetahui cara menanam yang sudah dilakukan turun-temurun. Salah satu manfaat sawah tentu menghasilkan padi untuk dikonsumsi sendiri dan jika ada lebih petani akan menjual untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan bahan pokok pangan. 

Tidak hanya itu saja, manfaat sawah menjadi efek domino untuk keseluruhan lapisan masyarakat. Berikut beberapa kegunaan sawah lainnya,

1. Penghasil Bahan Pokok Pangan.


Sebagai penghasil bahan pokok pangan, inilah manfaat sawah yang paling dominan untuk kehidupan. Hasil pangan berupa padi akan memberikan nilai jual terhadap beras. Proses budidaya ini akan dilakukan oleh petani dengan cara yang tepat dengan akurat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membuka Lapangan Kerja.


Tentu manfaat sawah membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya aktifitas menanam padi akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pengasilan. Tentu pemilik sawah akan memberikan pembagian jika pola kerjasama bagi hasil. Atau hasil panen akan membutuhkan tenaga untuk memotong padi, memisahkan padi dengan batang padi, serta proses penggilingan padi menjadi beras juga membutuhkan tenaga kerja.

3. Cara Untuk Bermasyarakat.


Sebagai tempat untuk berkumpul dalam skala kecil, tentu sawah sudah menjadi budaya bermasyarakat bangsa Indonesia. Baik pengolahan secara tradisional atau modern akan selalu ada interaksi antara masyarakat. Dengan inilah salah satu cara untuk mempertahankan budaya bermasyarakat yang sudah mengakar sampai sekarang dan harus dipertahankan.


4. Menumbuhkan Sifat Gotong Royong.


Kegotong-royongan warga akan terlihat pada saat terjadinya hama tikus yang menyerang persawahan. Semua petani secara suka rela untuk membasmi hama tikus secara bersama-sama untuk mempertahankan sawah tetap menjadi lahan untuk menghasilkan padi.

5. Sumber Pendapatan Masyarakat.


Tentu petani akan mempertahankan sawah sebagai sumber pendapatan mereka. Manfaat sawah tentu sangat strategis buat bereka, hanya dengan cara inilah yang sangat banyak dijumpai dipedesaan mereka selalu menjadikan sawah menjadi tumpuan hidup dari generasi ke generasi. Mereka berpendapat jika ada sawah mereka tidak akan khawatir tidak akan makan untuk beberapa waktu kedepan.

6. Sirkulasi Air.


Sirkulasi pengarian akan selalu terjadi dipersawahan. Proses pengairan tentu dari hulu sampai ke hilir dengan adanya sistim irigasi yang baik. Pembuatan irigasi dari zaman dulu seperti membuat selokan kecil untuk mengalirkan air dari hulu sungai sampai ke sawah petani. Tetapi sekarang adanya program pemerintah membuat irigasi secara permanen dengan membuat tempat penampungan yang cukup luas dan cukup tersedia air pada musim kemarau. 

7. Mengurangi Banjir.


Potensi banjir akan terhindari dengan pengaliran yang baik. Jika pengaliran tidak baik tentu di hulu sungai akan terjadinya penumpukan air yang akan mencari jalur untuk pengaliran. Apabila tidak dilakukan secara baik tentu akan menyebabkan banjir, tanah longsor, air bah, atau bahkan erosi. Manfaat sawah untuk yang satu ini akan menjadikan begitu pentingnya sawah untuk stabilisasi tanah. 

No comments:

Post a Comment