Translate

Tuesday, August 16, 2016

Jenis Sambal Lado Terbaik dan Ada di Minangkabau - Padang

Makan tanpa "sambal lado" atau sambal akan terasa kurang. Maka jenis cabe yang digunakan tentu sangat banyak permintaan di Padang atau Sumatera Barat. Dari zaman nenek moyang Minangkabau berkreasi membuat sambal lado atau sambal untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Pembaca dapat melihat sendiri diseluruh rumah makan Padang akan tersedia menu dengan bahan dasar cabe bahkan menjadi kebutuhan utama untuk membuat masakan lebih nikmat. Proses masak sambal cabe yang ada di Padang atau Minangkabau sangat bervariasi baik teknik dan rasa yang dihasilkan. Berikut ada beberapa jenis sambal lado atau sambal yang terbaik berada di Padang, Sumatera Barat.


1. Sambal Lado Merah atau Hijau.




Jenis sambal ini sudah sangat umum ditemui di seluruh rumah makan masakan Padang. Sambal lado ini dibuat dengan jenis bahan yang digunakan hampir sama hanya berbeda dengan jenis cabe yang digunakan.

Bahan-bahan - untuk satu orang penyajian.

10 batang cabe merah atau hijau.
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam
Tomat
Minyak sayur

Cara membuat

Seluruh bahan dicuci bersih dan diblender atau digiling sehingga mendapatkan tekstur sambal yang masih kasar. Siapkan minyak sayur yang sudah cukup panas untuk memasak sambal ini. Setelah 3-4 menit masukkan tomat dengan iris dadu kedalam masakan. Tambahkan garam dan penyedap rasa jika suka untuk meningkatkan rasa sambal ini. Setelah lima menit proses masak dengan kondisi api sedang sambal lado sudah siap dinikmati.


2. Sambal Mentah atau Matah.





Jenis sambal ini juga ada di Sumatera Barat. Beberapa rumah makan menyediakan tetapi tidak banyak. Karena sambal ini harus disantap pada saat dihidangkan. Karena proses memasaknya menggunakan bahan yang tidak dimasak melainkan masih dalam keadaan mentah.

Bahan-bahan - untu satu satu orang penyajian

10 batang cabe hijau atau merah
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam 
Tomat hijau atau merah
Jeruk nipis

Cara membuat.

Cuci semua bahan hingga bersih. Blender atau giling semua bahan sehingga mendapatkan tekstur sambal yang baik. Setelah bahan diblender siapkan tomat merah diatas bara api sehingga tekstur tomat menjadi lembut untuk dimasukan kedalam sambal yang sudah diblender. Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, taburkan air jeruk nipis sesuai dengan selera dan sajikan. Untuk tomat hijau tidak perlu dibakar. Jika ada tersedia ikan kecil goreng dapat dicampurkan, rasanya menjadi lebih nikmat.

3. Sambal Mentah atau Matah dengan Minyak. 

Jenis sambal ini menggunakan bahan sama dengan sambal matah tetapi penyajiaanya disiram dengan minyak sayur panas atau minyak kelapa.

Bahan-bahan - untuk satu orang penyajian

10 batang cabe hijau atau merah
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam 
Tomat hijau atau merah
Jeruk nipis
Minyak

Cara membuat.

Cuci semua bahan hingga bersih. Blender atau giling semua bahan sehingga mendapatkan tekstur sambal yang baik. Setelah bahan diblender siapkan tomat merah diatas bara api sehingga tekstur tomat menjadi lembut untuk dimasukan kedalam sambal yang sudah diblender. Untuk tomat hijau tidak dibakar. Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, taburkan air jeruk nipis sesuai dengan selera dan siramkan dengan minyak sayur panas atau minyak kelapa kedalam sambal. Sajikan


4. Sambal Lado Cobek. 





Variasi sambal ini juga ada di daerah Solok - Koto Anau. Jenis sambal ini dibuat dengan cara penguapan bersamaan dengan proses memasak nasi di rice cooker. Pembuatannya sangat sederhana tetapi rasannya sangat enak.

Bahan-bahan - untuk satu orang penyajiaan.

10 batang cabe merah
3 siung bawang merah
Sedikit terasi
Tomat
Garam

Cara Pembuatan

Cuci semua bahan dengan bersih. Masukkan bahan tadi dalam wadah yang tahan panas kedalam rice cooker pada proses memasak nasi. Semua bahan yang dimasukkan tadi akan terjadi proses pemasakkan pada bahan sambal seiiring dengan masaknya nasi. Setelah matang angkat dan giling pada cobek an sehingga tersedia sambal lado cobek. Hidangkan.


5. Sambal Lado Kering atau Kariang.




Umumnya orang Indonesia mengenal dengan bon cabe. Ternyata di Sumatera Barat juga mempunyai jenis sambal ini namanya sambal lado kariang. Maksudnya adalah cabe yang dikeringkan dibawah sinar matahari terik.

Bahan-bahan - untuk satu orang penyajian.

10 batang cabe kering
Terasi yang disangrai

Cara pembuatan

Setelah cabe dikeringkan dibawah sinar matahari langsung dan terasi disangrai maka diblender secara bersamaan atau dogiling di cobek an. Setelah bahan menyatu sempurna seperti bon cabe diberi garam sesuai dengan selera. Sajikan.


Jenis sambal lado ini sudah saya temukan di kota Padang. Ada yang tersedia di rumah makan masakan Padang atau dilingkungan keluarga sendiri. Sambal sangat populer sekali di Sumatera Barat karena menambah rasa pada masakan serta menjadikan gaya makan anda menjadi nikmat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment