Translate

Monday, August 1, 2016

Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping Asi (MPASI)

Beras merah sebagai makanan pendamping asi (MPASI) sangat direkomendasikan untuk melengkapi kecukupan nilai gizi yang dikonsumsi oleh bayi. Pilihan bahan makanan harus tepat sasaran dan sangat dianjurkan melakukan variasi jenis nutrisi yang akan didapat oleh bayi. Variasi inilah yang terkenal dengan program MPASI untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati.



Anjuran dari ahli gizi akan mengupas nilai positif beras merah dikategorikan sebagai MPASI. Beras merah sangat tepat untuk diberikan pada bayi karena mengandung beberapa zat nutrisi penting bagi bayi. Berikut manfaat beras merah sebagai makanan yang dimasukkan kedalam kategori MPASI.

1. Keunggulan beras merah akan lebih ungul dari beras putih. Kandungan vitamin dalam beras merah sangat tinggi seperti Vitamn B1, B12, dan B6 untuk perkembangan sel dan pembentukkan energi. 

2. Kulit ari pada beras merah mengandung zat penting untuk kesehatan otak, membantu pentumbuhan gigi, rambut, otot, serta tulang. Serat yang terkandung dialamnya juga menyehatkan pencernaan. Jangan lupa, kandungan zat besi juga berguna memaksimalkan pertumbuhan bayi.

3. Kandungan fosfor didalam beras merah akan membantu perkembangan sistem syaraf bayi dan menyehatkan jantung.

4. Sangat bermanfaatnya beras merah pada bayi akan membuat ritme tidur yang cukup disebabkan zat tepung ini bekerja untuk meningkatkan kinerja serotonin pada jaringan otak bayi. Zat serotonin inilah mempunyai peranan penting untuk mengatur ritme tidur bayi.

5. Kandungan gula pada beras merah dapat membuat kondisi bayi tidak cepat lapar. Sehingga anda tidak kawatir untuk tidak ronda malam jika bayi anda terbangun karena lapar.


Bagaimana cara membuat tepung beras merah?.


1. Cara sangat mudah sekali dibuat dirumah. Anda harus merendam terlebih dahulu selama 24 jam sehingga terjadinya kulit beras merah menjadi pecah. Manfaatnya adalah pecah kulit ini mengandung seng, kalsium, dan zat besi yang sangat mudah diserap oleh tubuh bayi.

2. Cuci bersih beras merah dan tiriskan. Sesuai dengan kebutuhan.

3. Hancurkan beras dengan penumbuk beras atau blender untuk membuat beras merah ini menjadi semi tepung atau tepung.

4. Pisahkan beras merah yang kasar dan halus dengan ayak an sehingga menghasilkan tepung yang lebih halus dan mudah dicerna oleh bayi. Jika masih ada beras merah yang kasar dapat diulang untuk menghasilkan tepung halus.

5. Persiapan bahan baku sudah siap, dan lanjutkan ke tahap pembuatan bubur beras merah pada bayi.

Cara Membuat Bubur Beras Bayi.


Setelah semua tepung beras merah tersedia, masak dan campurkan kaldu ayam atau sapi (murni tidak dalam kemasan atau sachet) dan ditambahkan dengan beberapa campuran sayuran, daging ayam atau sapi (kondisi halus dan lembut), atau tahu dan tempe. Hidangkan hangat kepada bayi.
    
Dengan adanya informasi ini anda akan menambah variasi makanan bayi dengan metode MPASI. Semoga dapat menginspirasi anda untuk memberikan konsumsi sehat kepada bayi dan membantu pertumbuhan serta perkembangan organ yang harus dimulai sejak dini yaitu pada masa bayi.


Selanjutnya:




No comments:

Post a Comment