Translate

Sunday, August 7, 2016

Manfaat Jerami Padi - Batang Padi

Manfaat jerami padi atau batang padi sudah banyak digunakan oleh para petani. Kadang sebagian penduduk dianggap sebagai limbah yang tidak berguna, kadangkala hanya dibiarkan begitu saja atau dibakar setelah beberap hari panen dan kering. Karena kurangnya sosialisasi dan pengetahuan kadang diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Penggunaan jerami padi atau batang padi ini mempunyai potensi yang mempunyai nilai jual jika diberi teknik pengolahan yang baik. Jika petani mampu mengkoordinir jerami ini menjadi kerja sampingan setelah panen padi tentu akan menghasilkan beberapa manfaat yang sangat berguna bagi petani sendiri, peternakan, perkebunan, bahkan untuk campuran minuman. 


1. Jerami Padi Dapat Dijadikan Pakan Ternak.


Kandungan nutrisi yang terkandung pada batang padi cukup baik jika diberikan kepada ternak. Karena sifatnya musiman, jika mempunyai teknik pengolahan yang tepat tentu mempunyai hasil maksimal dari ternak yang dikelola. 

Tips : Tidak semua jerami padi yang tersedia disukai oleh ternak, pilihlah jenis yang masih segar dan masih tersedia daun hijau yang masih mempunyai nilai untuk diberi pakan kepada ternak. 

2. Sebagai Alas Kandang Ternak.


Sifat jerami yang memberikan kehangatan sangat baik menjadi alas kandang ternak seperti sapi, kambing, atau bebek. Dapat menyerap air tentu alas kandang tetap kering.

Tips : Pilihlah jerami yang benar kering dengan tanda semua batang padi keadaan kering dan jika ditarik akan mudah patah. Jerami ini sangat baik digunakan sebagai alas kandang ternak yang berfungsi menghangatkan kandang dimalam hari serta dapat menyerap air sehingga kandang tetap kering dan menjauhkan penyakit untuk ternak.

3. Pupuk Alami.


Jerami dapat digunakan sebagai bahan pokok untuk pupuk. Kondisi ini jarang dilakukan oleh petani dan dibiarkan menumpuk dipematang, ditengah sawah, atau dipinggir jalan. Tetapi ada juga petani memanfaatkan jerami ini dilokasi sawah dengan menanam jerami setelah sawah dialiri air. Proses pembusukan yang terjadi sangat bermanfaat untuk meningkatkan unsur Nitrogen yang dibutuhkan oleh tanaman padi.

Tips : Jika digunakan sebagai bahan pupuk, siapkan jerami untuk berbagai keperluan. Apabila digunakan kembali untuk sawah dapat ditanam kembali kedalam tanah setelah sawah dialiri air. Dan untuk campuran pembuatan pupuk kompos alami jerami padi sangat mempunyai andil untuk menjadikan pupuk kompos lebih padat dan meningkatkan unsur hara.

4. Dapat Dijadikan Mulsa Jerami.


Penggantian mulsa plastik jerami padi dapat diandalkan. Sebagian orang kadang berfikir menggunakan mulsa plastik rebih praktis dan simpel. Jika menggunakan jerami sebagai mulsa mempunyai beberapa manfaat yaitu menghemat anggaran pembelanjaan bahan pokok pertanian, menjadi pupuk alami, dapat melindungi tanah dari proses penguapan yang cepat.

Tips : Jerami yang digunakan adalah jerami yang sudah bisa digunakan lagi oleh petani seperti tidak bisa untuk pakan ternak. Maksudnya, jerami yang sudah dikhususkan untuk media mulsa jerami untuk beberapa tanaman tertentu seperti semangka, sebagian tanaman cabe, dan lain sebagainya.


5. Sebagai Media Tanam Jamur.


Pada industri jamur batang padi atau jerami padi digunakan sebagai media tanam untuk beberapa komoditas jamur seperti jamur kancing, jamur merang, dan lainnya.

Tips : Jenis jerami yang digunakan adalah kondisi jerami yang sudah dipotong beberapa bagian dan siap dicampur beberapa jenis bahan untuk media tanam jamur. Tetapi ada petani membiarkan begitu saja dilahan tertentu dan terjadinya pembusukan serta pelapukan jerami dengan sendirinya akan tumbuh jamur merang.

6. Kerajinan.


Jerami padi dapat dijadikan suatu komoditas yang memberi nilai jual lain seperti membuat kerajinan. Tetapi hal ini tidak secara banyak hanya untuk lingkungan sendiri seperti orangan sawah, beberapa anyaman untuk dapur, topi petani, benang jerami, ataupun untuk melapisi dinding rumah atau pondok disawah. 

Tips : Jerami yang digunakan sudah dirajut menjadi benang jerami. Benang inilah mempunyai komoditi yang bagus nilai jualnya, dengan beragam jenis aktifitas seperti pembuatan keset jerami, tas jerami, topi jerammi, ataupun menjadi tataan dimeja makan. 

7. Kosmetik.


Sebagian masyarakat menggunakan jerami untuk kosmetik yaitu untuk menghitamkan rambut. Cara ini tidak populer tetapi sudah digunakan oleh beberapa masyarakat di pedesaan.

Tips : Jerami yang digunakan adalah jerami yang mempunyai mempunyai nilai seperti utuh, kering, dan siap digunakan untuk membuat arang dengan cara dibakar. Arang yang dihasilkan akan ditaburkan dirambut kemudian dipijit. Setelah prosesnya merata dapat dibersihkan dengan dibilas dengan air bersih dibantu dengan sampo.

8. Sebagai Bahan Pembuat Minuman.


Jerami padi juga digunakan untuk pembuatan minuman, seperti pewarna alami hitam untuk pembuatan es cendol di daerah Purworejo. Warna hitam alami ini didapat dari arang jerami padi yang sudah dibakar.

Tips : Pilih jerami padi yang sudah dipersiapkan untuk campuran pembuatan es cendol asli Purworejo ini. Arang jerami ini dijadikan bahan pewarna alami cendol dengan memisahkan arang yang masih belum menjadi abu secara utuh. Abu utuh dari proses pembakaran inilah yang digunakan, mereka menyebutnya abu merang. 



No comments:

Post a Comment