Translate

Wednesday, August 3, 2016

Bosan Jadi Pegawai : Pengen Bisnis Apa?

Setiap orang mempunyai impian. Bosan jadi pegawai ingin bisnis dan usaha apa akan menjadi fenomena baru dan pertanyaan yang harus dijawab untuk setiap pegawai kantoran. Bagaimana cara memulainya, dan Apa yang harus dilakukan. Ketakutan akan selalu muncul sebelum dimulai. Sangat manusiawi sekali dengan adanya ketakutan ini, karena adanya hitungan kerugian, sesuai dengan keinginan atau tidak. Pertanyaan banyak akan timbul dipikiran.


Sebagai pemula untuk memasuki bisnis ini harus mempunyai kiat tersendiri. Beberapa trik yang dapat dilakukan sebelum memulai bisnis.

1. Tanya hobi anda.

Dari hobi bisa memulai bisnis. Jika anda mempunyai hobi memasak, travelling, sebagai freelancer, guru, fotografi, dan sebagainya dari sini anda bisa membuka peluang untuk usaha. Tentu dengan hobi ini dapat anda promosikan ke lingkungan sekitar baik keluarga, teman, ataupun tetangga. 

2. Modal.

Masalah modah juga diperhitungkan untuk memulai suatu bisnis. Modal inilah yang akan membeli semua sumber daya yang digunakan untuk memobilisasi hobi tadi menjadi lahan bisnis baru yang menghasilkan uang.

Tips : Modalnya harus disesuaikan dengan kapasitan dari anda sendiri. Jangan lakukan pinjaman bank, gunakan keadaan uang anda dulu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk ekspansi secara besar-besaran sebelum mengetahui pangsa pasar dari bisnis yang anda jalankan.


3. Pemasaran.

Pemasaran dapat anda lakukan berbagai cara, yaitu secara konvensional dan online. Anda tentu punya networking untuk memulai pemasaran, seperti menawarkan produk kue anda kepada teman, keluarga, atau tetangga. Anda juga membuka outlet dimall atau supermarket yang banyak pengunjungnya, dan lakukan promosi dengan mengikuti bazar disetiap kesempatan. Juga lakukan promosi lewat website, Facebook, Twitter, Pintrest, Google+, atau lainya. Karena bisnis anda juga terkoneksi dengan internet dan SEO (search engine optimation) sehingga konsumen baru dari dunia maya bisa mencari anda.

4. Kualitas dan Mutu.

Berbisnis harus mengutamakan mutu dan kualitas produk yang akan anda jual. Jika hal ini terabaikan, bisnis anda akan cepat gulung tikar. Biasakan jujur dengan memberikan hasil produk yang prima, sehingga konsumen yakin dan percaya untuk kembali lagi berkerjasama dengan anda.

5. Jangan Takut Gagal.

Bisnis mempunyai resiko. Ada resiko untung dan rugi. Dari ilustrasi ini anda akan mencoba memulai dari nol dengan modal tidak terlalu besar. Mulailah dengan serius menggeluti usaha bisnis dan harus ulet, tidah menyerah dan harus tekun.

6. Beli Waralaba (Franchise).

Jika anda melihat peluang untuk memulai bisnis dengan beli waralaba (franchise) tidak ada masalah, disamping itu anda mempunyai modal cukup untuk memulainya. Dengan bisnis ini anda akan mengikuti semua alur bisnisnya dari A-Z, sehingga anda bisa mengkalkulasikan berapa penghasilan yang dihasilkan. Tentu anda akan ada ikatan kontrak dengan pemilik merek, dan harus mengikuti semuanya dengan maksimal.

No comments:

Post a Comment