Translate

Sunday, August 21, 2016

Inilah Makanan Lezat Indonesia Yang Masuk Dalam Daftar CNN

Setelah CNN menempatkan rendang sebagai makanan yang paling enak didunia, kini mereka menerbitkan beberapa makanan lezat Indonesia lainnya ke dalam makanan lezat lainnya yang harus anda coba sekarang juga.

Daftar ini kami sadur dari website CNN dan perlu ada penyesuaian dengan jenis makanan yang halal saja dan asli dari tanah Indonesia. Berdasarkan kriteria yang mereka buat berasal dari rekomendasi dari mulut ke mulut, jenis makanan yang sangat digemari mulai dari mie, gulai, kari, dan beberapa menu lainnya yang sangat enak sekali untuk dinikmati. Menurut saya makanan ini sudah melegenda diseluruh rakyat Indonesia dan sudah tersebar hampir seluruh nusantara. Berikut makanan lezat Indonesia yang masuk dalam daftar CNN.


1. Sambal.













Lebih dari sekedar bumbu, sambal sangat dikenal sebagai bumbu yang menganduk cabe dan menu wajib yang harus terhidang diatas meja makan. Hidangan tidak akan lengkap kecuali ada menu sambal yang menyelaraskan untuk semua jenis menu lainnya. Rasanya sangat gurih dengan adanya campuran jeruk nipis, terasi udang, gula, dan garam yang menyatu dalam sepiring sambal.

Jadi penikmat sambal sangat diberi apresiasi, menu ini merupakan daya tarik utama restoran atau rumah makan yang menyediakan menu gurih lainnya. Tentu jenis sambal ini sangat bervariasi menggunakan bahan penunjang rasa seperti mangga muda, jamur, serta fermentasi durian.

Read More:



2. Sate.













Daging yang ditusuk pada lidi dan dibakar diatas bara merupakan ciri khas dan khusus untuk menu ini. Sate sangat digemari diseluruh nusantara dengan memberi sinyal asap mengepul untuk singgah membeli. Jenis sate pun sangat bervariasi, mulai dari daging sapi, daging ayam, daging kambing, ataupun daging kelinci. Semua bahan telah diberi bumbu khusus sate yang berbalur dengan kunyit, saus barbeku daging untuk memasak diatas bara akhirnya dibalurkan dengan kuah yang sangat lezat. 

Setiap penjual akan memberikan siraman kuah yang berbeda. Untuk sate Madura kuah sate berjenis kuah kacang dan ditemani dengan acar timun dan bawang merah, sedangkan sate Padang berjenis kuah dari tepung beras yang bercampur dengan tulang iga sapi pada proses masak mebuat rasanya begitu memanjakan lidah. 

3. Bakso.













Menu favaroit untuk semua kelas. Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai dengan Presiden USA Barack Obama. Jenis makanan berbentuk bulat berisikan beraneka ragam jenis daging, mulai dari daging sapi, daging ayam, daging ikan, dan lainnya. Tentu di kombinasi dengan beberapa jenis bumbu dapur menjadikan menu ini menjadi makanan yang memberikan cita rasa, mulai dijual di gerobak keliling sampai ke restoran mewah. Sebagai pelengkap akan ditaburi bawang merah goreng, daun seledri, tahu, atau pun telur. 

4. Soto.














Merupakan jenis sup tradisional yang terdiri dari kaldu dan bahan rempah khas nusantara. Berbagai jenis soto sangatlah bervariasi mulai dari daging ayam, daging sapi, ataupun daging kambing. Soto yang sangat terkenal di nusantara seperti soto Padang, soto Betawi, soto Banjar, soto Lamongan, ataupun soto Madura. Tentu sepiring soto akan berisikan toping gurih dan renyah seperti bawang merah goreng, bawang putih goreng, atau kerupuk. 

5. Nasi Goreng.














Sebagai hidangan nusantara, nasi goreng merupakan jenis makanan yang bertema gurih manis dari tambahan kecap serta acar timun, wortel dan cabe rawit. Untuk membuat konsep nasi goreng lebih menarik banyak konsumen, tentu para penjual akan memberi suguhan bertema nasi goreng gila ataupun minas (mie dan nasi goreng). Hidangan yang akan selalu dicari konsumen seperti anda termasuk kedalam salah satu daftar dari CNNGo menu lezat dari Indonesia.

6. Gado-gado.















Secara umum gado-dago berarti campuran. Istilah ini sering dikaitkan dengan menu yang dicampur, ibukota Jakarta lah disebut kota gado-dago. Sebagai makanan lezat tentu hidangan ini sudah tersebar keseluruh nusantara, pada dasarnya jenis selada yang berbaluran saus kacang. Jenis bahan hasil rebusan yang ada pada gado-gado seperti kacang panjang, jagung, bayam, kentang, tauge, dan telur digabungkan dengan potongan timun, tahu, dan tempe.

7. Nasi Uduk.















Sangat favorit bagi masyarakat asli Betawi, dimana beras dimasak dengan campuran santan kelapa dan daun salam sebagai pelengkap tambahan empal daging dan sayuran. Nasi uduk menjadi menu sarapan dikalangan masyarakat kantoran dengan berbagai variasi lauk seperti daging ayam, telor sambel, tempe orek, ataupun teri kacang, Harga murah untuk semua lapisan masyarakat kota.

8. Nasi Padang.
















Menu yang sangat lezat juga ada di nasi Padang. Hidangan ini sudah mendunia sebagai menu yang sangat gurih nikmat dan cocok untuk semua lidah. Tentu nasi Padang memiliki menu lauk yang sudah sangat mudah dikenal seperti gulai otak, gulai kepala ikan, atupun tunjang yang dengan segera akan menumpuk diatas meja sebagai hidangan untuk para raja seperti anda. Dengan rempah yang cukup lengkap akan terbuaikan nafsu makan anda sehingga "tambuah ciek" akan keluar dari mulut konsumen untuk menikmati menu nasi Padang.

9. Ayam goreng.














Kunci lezat ayam goreng nusantara adalah jenis ayam yang masih remaja yang langsung ditangkap diperkarangan rumah, tentu sangat berbeda dengan jenis ayam goreng "fried chicken" yang pernah anda coba. Variasi jenis ayam goreng tentu bukan digoreng saja, ada yang bertema ayam bakar. Di rumah makan Padang juga tersedia "ayam pop" yang juga melalui proses digoreng.

10. Mie Goreng.













Mie dan beras komponen makanan yang mengandung karbohidrat menjadi menu pilihan yang ada di Indonesia. Ada beberapa pilihan lain seperti kwetiau ataupun bihun. Menu lezat Indonesia ini sangat mudah dijumpai, dengan berbagai macam campuran telur goreng, daging, seafood, serta sayuran segar. Setiap penjual tentu akan memberikan variasi untuk setiap jenis mie goreng yang mereka jual. Sekarang yang lagi ngetren menggunakan cabe rawit yang banyak untuk satu porsi mie goreng.

11. Gudeg.













Menu asli keraton Jogjakarta ini berasal dari rebusan nangka dengan santan dan gula, menjadikan nangka ini menjadi lembut sehingga akan terasa gurih sampai pada gigitan akhir. Rempah lainnya akan menghiasi proses pembuatan gudeg seperti campuran daun jati memberikan efek coklat pada kuahnya. Seperti hidangan nasi, gudeg juga disajikan dengan telor, ayam, serta krecek dari kerupuk kulit sapi dan cabe rawit. 

12. Rawon.















Jenis sup daging dari Jawa Timur yang berpadu dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek. Sup yang bercampur dengan bumbu bawang merah, bawang purih, kunyit, jahe, serta cabe ini mampu menggugah selera pada saat makan siang. Kepopuleran rawon ini sudah menjadi menu terlezat dan sifatnya nagih dengan rasa gurih dari setiap tetes air kaldu.

13. Pecel Lele.














Menu sederhana tetapi sangat merakyat ini tersebar diseluruh penjuru nusantara. Dengan gurihnya daging lele berpadu dengan sambel terasi mampu membuat ketenaran makanan ini menjadi salah satu sumber pendapatan bagi penduduk asli jawa yang menjadi perantau di pulau lain di Indonesia. Memang pecel lele memberikan paduan lain seperti daging ayam bagi konsumen yang tidak begitu suka daging lele. Dengan harga yang sangat ramah kantong ini mampu masuk kedalam daftar makanan terlezat di dunia.

14. Opor Ayam.
















Hidangan yang sangat erat dengan hari raya ini juga memberikan rasa istimewa jika dinikmati pada waktu makan siang. Namun paduan yang terbaik sebenarnya dengan ketupat sebagai teman baik opor tetapi dapat juga anda ganti dengan sepiring nasi hangat. Tentu rasa gurih dari bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, jintan, ketumbar dan santan kelapa ini membuat hidangan opor ayam sangat penomena sebagai masakan Indonesia yang sangat disukai.


15. Mie Ayam.
















Hidangan sederhana dengan hidangan dasar mie ditambah dengan toping ayam dengan saus lezat dapat menjadi hidangan yang sangat populer di semua lapisan masyarakat. Kelengkapan bumbu serta nilai gizi ditopang dengan berbagai jenis protein menjadikan mie ayam termasuk makanan yang cukup diperhitungkan keberadaanya di dunia kuliner. Bukan hanya dari nilai gizi tetapi harga yang anda bayar cukup terjangkau.

16. Gulai.














Hidangan yang sangat dikaitkan dengan kari ini juga menjadi menu terlezat yang ada didunia. Kepopuleran gulai ini tidak hanya di Sumatera Barat tetapi di Sumatera Utara juga banyak menggunakan bumbu kari didalam masakan. Gulai yang ada di Indonesia mempunyai beberapa variasi daging yaitu daging sapi, daging ayam, atau hidangan laut. Tentu rasa yang dihasilkan didapat dari bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu rahasia lainnya mampu membuat gulai menjadi menu yang sangat digemari disetiap rumah makan terutama masakan Padang.

17. Bubur Ayam.















Sangat populer sebagai sarapan pagi. Semua orang pasti akan suka bubur ayam dengan rasa gurih diberi tambahan kecap, bawang goreng, suwiran daging ayam, kacang kedele goreng, serta beberapa tusuk ati ampela, sambel, dan telur puyuh. Tentu menu ini sangat familiar sekali bagi kaum kantoran yang berangkat kerja dengan menenteng kantong plastik berisi satu porsi bubur ayam yang lezat dengan sebungkus kerupuk. Tentu anda juga pernah merasakan gurihnya bubur ayam dengan berbagai asesoris tambahannya bukan?.

18. Asinan Sayur.
















Ketika anda dalam proses diet tentu akan mencari makanan yang rendah karbo. Tentu asinan sayur salah satu pilihan. Masakan ini sangat populer sekali di pulau jawa terutama didaerah sunda. Campuran beberapa macam sayuran yang dipadu dengan bumbu kacang yang gurih menghasilkan menu sehat ramah dengan harga. Sebagai tambahan akhir untuk satu porsi asinan sayur adalah kerupuk kuning sebagai kriuk segar disiang hari. 

19. Cah Kangkung.
















Kangkung sebagai tumbuhan yang digunakan sebagai sayur tumbuh subur di pematang sawah atau genangan air hujan di pematang. Tentu proses memasak harus diberi sentuhan bumbu seperti kecap manis, irisan bawang putih, cabe, dan udang ebi. Sangat tradisional sekali mampu menjadikan menu yang sangat trendy disetiap suasana. 

20. Pepes Ikan.














Pepes menggunakan daun pisang untuk proses memasak, secara pasti akan memberikan aroma khas untuk masakan ini. Rasa yang gurih berasal dari rempah-rampah asli Indonesia yang tak terggantikan. Pepes ini sangat populer di Menado dengan beraneka variasi ikan. Menurut penikmat pepes disana ikan yang sangat cocok dijadikan pepes adalah ikan tuna karena tekstur daging yang padat tentu harus berhati-hati dengan setiap gigitan yang akan anda ambil disebabkan tulang yang akan menusuk lidah.

21. Pempek.














Cerita awal pempek ini berasal dari orang tua Cina di Palembang menjajakan kue dari ikan ini kepada penduduk. Dengan beberapa jenis yang ada pada saat itu berkembang dari berbagai macam bentuk dan ukuran. Bahan dasar ikan belida yang sudah sangat jarang digantikan dengan ikan tenggiri. Karena jenis ikan ini sangat cocok dengan tekstur pempek yang padat. Jenis variasi pempek ini adalah bentuk kapal selam, lenjer, dan bakar. Tentu disuguhi dengan saus berwarna gelap yang berasal dari gula merah dan campuran cuka serta garam.

22. Perkedel.














Makanan sangat sederhana sekali dari segi penampilan tetapi menang dari segi rasa dan aroma. Tentu makanan lezat ini tidak salah masuk kedalam makanan terenak versi CNN, karena hubungan emosional antara Indonesia dan Belanda membuat makanan ini tidak jauh berbeda dengan negara asalnya yaitu Belanda. Disana bernama frikandel yang berisi daging cincang, makanan ini menjadi berkembang di Indonesia dengan beraneka jenis bahan yaitu kentang dan jagung. 

Perkembangan perkedel ini sangat menarik untuk disimak. Diberbagai daerah dapat menjadi oleh-oleh panganan yang wajib dibawa bahkan camilan ini sangat ditunggu kedatangaanya. Proses yang sangat mudah sekali dengan membuat bulatan (jika ada isi dilakukan pada proses ini) dan dimasak pada minyak panas. 

23. Martabak.














Martabak tekstur lembut akan mengandung lemak yang sangat tinggi. Dengan variasi martabak seperti cokelat, kacang, keju, selai, bahkan durian ini mampu memposisikan sebagai makanan yang sangat dicari diseluruh nusantara. Krispi dibagian pingir inilah yang menjadikan martabak mempunyai ciri khas kress untuk setiap gigit serta berlapis untuk setiap porsinya.

24. Sayur Asem. 















Jenis sup yang berasal dari daerah Jawa ini sangat menyegarkan. Dimana beberapa bumbu yang sangat sederhana menghasilkan rasa asam yang sangat gurih. Bahan yang sederhana inilah yang memberikan rasa gurih seperti asam tamarin, daun melinjo, buah melingo, lengkuas, garam, dan kacang tanah. Untuk sayuran nangka muda dan tambahan potongan jagung. Tentu teman baik dari sayur asem adalah tempe goreng, tahu goreng, serta sambel terasi.

25. Sop Buntut.















Variasi sop menggunakan buntut sapi menjadi kreasi menu nusantara. Sop ini sangat populer sekali dengan tekstur daging pada buntut sapi sangat lunak dan juisi. Semangkok sop buntut dapat dinikmati di food court ataupun restoran ternama di kota besar di Indonesia. Tentu jenis sop ini menggunakan rempah rempah lengkap supaya menghasilkan kuwah yang sangat gurih dan rasa daging nya menyatu dengan kompenen bumbu tadi. Sajian nikmat ini tidak lengkap jika tidak ada semangkok nasi hangat, es teh manis, kerupuk, sambel serta jeruk nipis untuk penguat rasa sop.

26. Ketoprak.















Tidak harus bingung untuk membeli makanan ini. Hidangan yang sangat sederhana dengan legendanya bumbu kacang berpadu dengan ketupat, tahu goreng, tauge, bihun, serta kerupuk ini mampu masuk kedalam daftar makanan paling enak versi CNN. Dari hal sederhana dari makanan ini memberikan rasa kangen dengan kriuk nya kerupuk dengan isi ketoprak yang dijajakan oleh penjual keliling. Memang, untuk skala restoran masih sangat terbatas, tetapi hidangan ini dibuat pada saat ada pembeli ingin membeli langsung disiapkan. Sederhana dan mendunia.

27. Balado Terong.













Hidangan dengan warna yang sangat menarik untuk membantu sarapan pagi anda. Tentu sayuran ini bertema balado menyatu dengan sentuhan pedas, gurih, manis, dan meriah. Memang kreasi anak bangsa ini menjadi menu yang cukup takjub dan dihargai dilingkungan kuliner dunia. Bagaimana tidak dengan ide sederhana menjadikan makanan lezat ini tetap digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di nusantara dan dunia.

28. Lontong Sayur.















Termasuk makanan penomena untuk Indonesia. Tiap bangun tidur selalu terlintas untuk membeli lontong sayur sebagai menu sarapan. Bagaimana tidak, setiap sudut kota ada penjual panganan meleggenda ini. dengan campuran santan kelapa dengan berbagai jenis bumbu rempah pilihan tentu menjadi makanan lezat ini sudah menjadi menu wajib sarapan pagi di semua kota nusantara. Dilengkapi dengan variasi kuwah mulai dari kuning, putih, atau campuran diantaranya akan menggoyang nafsu makan untuk bermulai aktifitas. Teman baik untuk seporsi lontong sayur berupa gorengan bakwan, tahu, risoles, atau pun telor balado akan lengkap tersaji di meja dengan segelas teh tawar hangat.

29. Rendang.














Memang kota Padang menjadi referensi makanan dunia. Bumbu kari yang dimasak dengan beberapa bumbu lainnya menjadikan Rendang makanan yang paling dicari dirumah makan baik lokal atau internasional. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat makanan lezat ini tetapi hal itu akan terkalahkan dengan sepiring rendang dengan lembutnya tekstur daging sapi yang dihasilkan. Setiap sisi terasa bumbu gurih dengan berpadu dengan nasi putih hangat, menjadikan menu ini mahakarya budaya yang sudah diakui dunia untuk rasa.

30. Tahu Gejrot.













Makanan ringan berbalut rasa pedas cabe rawit sangat akrab dengan sore hari. Panganan berbahan tahu goreng ini mampu memikat para pecinta kuliner untuk memburu sepiring tahu gejrot dengan campuran kuwah coklat dengan rasa asam ini menemani suasa santai sore. Berbagai cara yang dilakukan penjual mulai menggunakan gerobak pikul bertumpukan bambu unik berisi bumbu ringkas dan tepat mulai dari bawang putih, garam, gula, cabe rawit mampu memperkuat rasa tahu goreng yang telah gurih menjadi hidangan cukup pedas bagi pecinta kuliner nusantara.

31. Sop Kambing.
















Indonesia sangat kaya dengan ide makanan yang disukai oleh penduduknya. Karya ini sudah menjadi tema dalam musim dingin membuat suatu hidangan dari bahan dasar. Daging kambing yang mempunyai ciri khas mampu tersedia diatas meja dengan hilangnya bau prengus danging yang sebagian orang risih untuk mencoba menu daging kambing. Kemampuan seorang juru masak mampu memberikan hasil yang diluar dugaan dengan metode masak yang ulet dengan paduan bumbu khusus. Seporsi sop kambing tentu dilengkapi dengan potongan tomat, seledri, jahe, daun jeruk, kemiri, daun bawang, serta acar ini. Tentu harus diingat dengan kandungan kolesterol tinggi akan menjadi tantangan anda untuk menyantap hidangan ini.


32. Siomay.















Sebagai menu versi Indonesia dim-sum, kue ikan ini dikukus yang awalnya dikenal debagai makanan dari negeri Cina bernama shaomai. Porsi yang cukup lengkap dari pare, kentang, telur, dan kubis ini dipadu dengan saus kacang dengan sedikit perasan jeruk. Mirip dengan gado-gado tetapi perbedaan dengan menu kue ikan kukus yang disajikan keliling ataupun di restoran. Variasi lain dari siomay adalah batagor (bakso tahu goreng).

33. Ikan Bakar.














Ikan bakar dengan menu polos dan sederhana ini dengan beberapa sentuhan dapat memberikan kualitas menu dengan tekstur daging bakar yang lembut. Tentu dengan tambahan bumbu barbeku dibakar diatas bara api ini mampu membuat makanan lezat bagi pecinta makanan laut. Penyajian dengan berbagai macam sambal asam manis dan dilengkapi dengan lalapan segar terhidang diatas meja.

34. Daun Pepaya.














Buah pepaya sangat populer di Asia, begitu juga dengan daun nya berasa pahit jika dijadikan sayur. Hidangan ini sangat digemari di Menado yang dominasi oleh daun-daun muda serta bunga pepaya di tumis dengan bumbu pedas. Makanan ini dipercaya sebagai obat dan membangkitkan selera makan.  


35. Otak-otak.














Seperti kue dibungkus di daun pisang, sebelum disajikan harus dibakar diatas arang. Memakannya harus pakai sambel kacang yang tercampur antara cabe dan kecap agar rasa ikan tenggiri terasa pada saat mengunyah kue ini. 

36. Bebek Goreng.














Menu bebek termasuk makanan lezat yang banyak disukai. Berbagai variasi dihasilkan dengan tampilan goreng dan berpadu dengan sambal. Jenis bebek yang digunakan tentu bebek sawah yang tekstur dagingnya padat serta rasa gurih. Makanan ini menjadi alternatif pengganti ayam yang telah mendapat perhatian di nusantara. Seperti di Bukittinggi ada Itik Lado Ijo, sedangakn di Bali ada Bebek Betutu. 

37. Gorengan.














Gorengan sangat banyak ditemui di sudut jalanan. Makanan yang sangat tradisional sekali paling produktif dan semua orang pasti bisa membuatnya. Banyak sekali variasi gorengan yang dijual seperti goreng pisang, tahu, tempe, ubi jalar, singkong, sayuran goreng, dan lainnya.  Makannya tentu harus ditemani dengan cabe rawit untuk setiap gigit gorengan. 

38. Indomie. 












Menu yang identik dengan Indonesia. Semua orang menyukai dan sangat mudah mendapatkannya. Disemua warung, dijajakan, ataupun di supermarket Indomie selalu ada. Hanya dengan menyeduhkan air panas mie sudah tersedia. Variasi lain juga ditemukan dengan menanmbahkan beberapa potong cabe rawit dengan tingkat level tertetu akan menjadi cara makan mie yang paling ekstrim ada di Indonesia. Dengan tren makan Mie juga menyerang penduduk dunia, Indomie termasuk makanan yang paling lezat masuk kedalam daftar makanan yang paling disenangi. 


Sumber: CNNGo






No comments:

Post a Comment