Translate

Saturday, September 24, 2016

Beras Pandan Wangi

Beras Pandan Wangi - Pandan wangi adalah jenis beras lokal dari Cianjur yang beraroma pandan. Jenis beras varietas local inilah yang termasuk beras super dengan rasa pulen, enak, dan harum pandan. Beras super yang mempunyai nama bagus dan dicari oleh konsumen sebagai bahan pokok yang harus tersedia di meja makan. Dengan banyaknya konsumen yang menginginkan beras berkualitas maka beras pandan wangi - pandan wangi diburu di beberapa pasar sehingga mempunyai harga diatas beras rata-rata.


Bentuk Bulir Beras Pandan Wangi dari Tanah Pasundan. Poto oleh : http://agenberasema.blogspot.co.id/

Sejarah Beras Pandan Wangi.


Sejarah awal beras pandan wangi ini masih belum ada pihak yang bisa menjelaskan dengan pasti. Menurut para petani, sekitar tahun 1970-an masyarakat lokal di Cianjur menemukan beras tumbuh liar dan apabila dimasak beraroma wangi. Setelah ditemukan ada seorang pedagang beras mencoba menjual hasil panen ini ke restoran di Jakarta dan ternyata disukai oleh konsumen. Pedagang ini berasal dari Warungkondang, Cianjur bernama H.Jalal. 

Seiring berjalannya waktu setelah memasuki satu dekade, pada tahun 1980, beras pandan wangi sudah sangat dikenal dengan aroma harum pandan, beraroma, dan enak menjadi primadona masyarakat kelas atas. Bahkan sudah mulai disukai oleh pejabat negara sekelas menteri serta sudah menjadi catatan penting oleh Pemkot Cianjur sebagai produk unggulan.


Memasuki tahun 2000, banyak oknum pedagang beras yang berlaku curang untuk mendapatkan untung cepat dengan melakukan kegiatan oplosan jenis beras pandan wangi. Tetapi petani yang menanam varietas ini tetap bertahan menanam beras pandan wangi tepatnya di Warungkondang dan Cibeber. Untuk menghentikan kegiatan ini yang dilakukan oleh oknum tadi, pejabat pemerintah kota memberikan solusi untuk mempertahankan beras pandanwangi ini dan menjaga kelangsungan hidupnya dengan membeli lahan sawah seluas 5000 Ha dan menjadikan sentra beras dan pariwisata. Dengan alasan, beras ini hanya bisa ditanam di Kabupaten Cianjur tersebar di beberapa kecamatan penting sentra beras seperti Cibeber, Cilaku, Cianjur, Kadupandak, Warungkondang, dan Gekbrong. Dengan varietas unggulan apabila ada petani ingin menanam jenis padi ini diluar dari lokasi yang disebutkan diatas akan mendapatkan hasil yang tidak sama sera kualitas hasil beras sangat berbeda. Hanya di kabupaten Cianjur lah beras ini dapat maksimal tumbuh dan sesuai dengan kriteria beras pandan wangi sebenarnya.

Beras pandan wangi yang ditanam oleh petani di daerah yang saya maksud diatas mempunyai hasil panen padi yang stabil bahkan kadang kala ada sedikit penurunan jika terjadi serangan hama atau faktor alam lainnya. Dengan keterbatasan jumlah yang ada di petani membuat para pedagang nakal untuk mengakali dengan cara melihat jenis varietas beras lain yang berasal dari daerah lain untuk dilakukan oplosan agar permintaan konsumen yang mereka inginkan beras pulen ini tetap terjaga. Dengan adanya phenomena seperti ini membuat kualitas beras yang diterima oleh konsumen tentu akan berbeda dengan beras asli yang harus mereka dapatkan. Kecurangan seperti inilah yang selalu dikawatirkan mengakibatkan kualitas yang sebenarnya hilang berjalannya waktu dan beras varietas lain ini menjadi laris manis di pasaran.

Dari Instansi pemerintahan sudah menyiapkan bibit unggul yang siap dilempar dipasaran agar petani mendapatkan sesuai dengan rekomendasi dari Departemen Pertanian. Tetapi sangat disayangakan varietas beras ini jika ditanam diluar daerah asalnya akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai baik dari segi aroma, kepulenan, rasa serta bentuk ciri lain tentu akan berbeda. Karena beras pandan wangi ini mempunyai karakteristik unik yang hanya cocok ditanam di daerah asalnya dan tentu harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Nah, dengan phenomena jumlah hasil panen dari petani hanya terbatas dan permintaan dari konsumen dari tahun ke tahun bertambah menjadikan beras beraroma pandan ini menjadi bisnis yang sangat menggiurkan bagi pelaku ekonomi bahan pokok. Untuk memenuhi permintaan beras pandan wangi ini tidak bisa tercukupi maka timbullah niat jahat dari oknum pedagang, penjual, agen, atau distributor untuk menipu konsumen dengan mengganti jenis varietas beras lain yang mirip dengan beras pandan wangi dan mereka menambah zat kimia aroma berbahaya untuk menjelaskan bahwa beras yang mereka jual memang berang jenis pandan wangi. Jadi konsumen harus berhati-hati untuk menyikapi kasus seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan untuk jangka panjang bahkan timbulnya penyakit kanker.


Berikut ilustrasi video dari usman suparman




Karakteristik Beras Pandan Wangi.


Beras pandan wangi mempunyai masa tanam cukup singkat antara 150-165 hari, tinggi tanaman padi 150-170 cm, di ketinggian 700-800 m DPL. Jika kita lihat dari gabah yang dihasilkan berbentuk bulat atau gemuk, tahan rontok, dan bermutu tinggi. Apabila dilakukan pengukuran terhadap 1000 butir bisa mencapai berat 300 gr. Beras kualitas tinggi ini mempunyai kadar amylase sekitar 20%, dan petani mempunyai potensi mendapatkan gabah padi sekitar 6-7 ton per ha.

Jika dilihat dari bentuk bulir beras yang ada di dalam kemasan terlihat beras pandan wangi berbentuk bulat panjang dan dilihat secara teliti terlihat titik kapur yang berwarna putih.

Butir-butir beras itu berbentuk bulat panjang dan kecenderungan bulat. Pada bagian tengah butir-butir beras itu terdapat titik kapur, yang berwarna keputihan.Ciri-ciri inilah yang harus anda lihat agar tidak tertipu oleh pedagang yang nakal.


Keunikan Beras Pandan Wangi.


Beras yang mempunyai karakteristik unik dengan mempunyai aroma khas pandan terus diteliti oleh instansi yang berwenang dengan keunikan aroma tadi. Apabila dimasak akan terasa enak dan pulen menjadikan beras primadona dikalangan menengah atas. Harganya sangat berbeda dapat dikatakan harga beras dua kali lipat dari beras jenis biasa yang ditemui dipasaran.

Bagaimana Mendapatkan Beras Pandan Wangi.


Beras kualitas super ini dapat anda temukan di toko beras di kota Cianjur atau kota besar di Jakarta dan Bandung. Berbagai ukuran berat beras tersedia mulai dari kemasan 5 kg, 10 kg, 20 kg, dan 30 kg. Anda bisa melihat dari karakteristik beras pandan wangi seperti berbentuk bulat panjang, pada bagian tengah bulir beras terdapat titik kapur, apabila anda cium akan mengeluarkan aroma wangi pandan.

Beras pandan wangi sudah mulai masuk kedalam penjualan secara online. Dengan teknologi informasi yang cukup pesat perkembangannya membuat para penjual, pedagang, agen, distributor beras pandan wangi mencoba untuk mendapatkan konsumen baru dari dunia maya. Memang cara ini sangat di apresiasi sekali oleh para konsumen yang sudah mulai tersebar di berbagai wilayah di nusantara yang masih ingin menikmati kualitas beras dari tanah Pasundan ini.

Banyak sekali merek yang beredar di pasaran jenis varietas beras pandan wangi. Dengan pilihan yang sangat banyak tentu konsumen mulai bingung untuk menentukan pilihan. Memang setiap merek yang ada mempunyai harga yang relatif sama bahkan cenderung sama karena beras ini sudah menjadi tolak ukur harga beras yang ada di Jawa Barat dan sekitarnya. Merek yang direkomendasikan biasanya merujuk kepada komentar positif yang diberikan oleh konsumen pada sosial media dengan konsumen setianya. Jadi, untuk anda yang ingin mencoba beras pandan wangi dengan aroma pandan ini bisa mencobanya berdasarkan rekomendasi dari konsumen lainnya.

Tips Membeli Beras Pandan Wangi.


1. Dengan banyaknya oknum yang berlaku curang dengan mencampurkan zat aroma pada beras membuat beras yang anda beli tentu akan mengakibatkan efek bahaya pada tubuh. Cari penjual yang jujur dengan pengalaman yang sudah lama menggeluti bisnis beras. Dapat secara online atau ke toko langganan anda dengan beberapa merek unggulan beras pandan wangi yang telah dipercaya oleh konsumen.

2. Beras pandan wangi mengeluarkan wangi harum pandan apabila sudah menjadi nasi, pulen, dan rasanya enak. Apabila anda membeli beras jenis ini tidak memperlihatkan hasil yang sudah umum, anda patut curiga bahwa beras yang anda beli di oplos atau dicampur dengan zat kimia berbahaya.

3. Jangan percaya harga beras pandan wangi dengan harga murah. Beras ini mempunyai harga diatas harga beras rata-rata yang ada di pasaran. Apabila anda melihat dan mendengar harga beras pandan wangi dengan harga murah patut dicurigai beras ini bukan beras asli yang anda inginkan.

4. Belilah beras tersebut di pedagang yang jujur menyediakan beras apapun jenisnya tidak hanya beras pandan wangi. Sekarang masih ada penjual atau agen yang menyediakan beras asli berkualitas baik yang tersedia untuk konsumen. Memang sekarang susah gampang menemukannya tetapi masih ada, dengan konsekwensinya tentu harganya diatas harga beras pandan wangi palsu yang telah dioplos oleh oknum yang berniat jahat untuk mengelabui konsumen.

4. Selalu mengetahui karakteristik khusus dan unik dari beras yang akan anda beli. Salah satu cara untuk mencegah dan menghindari kecurangan yang akan anda hadapi. Jadilah konsumen yang cerdas dan kritis untuk melihat beras kualitas super tinggi untuk konsumsi keluarga tercinta.



Sumber.
Wikipedia, Pemerintah Kota Cianjur, dan media lainnya.




No comments:

Post a Comment