Translate

Wednesday, September 14, 2016

Pasar Muara Panas Solok

Pasar Muara Panas Solok sebuah pasar yang terletak di Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok yang termasuk dalam wilayah Luhak Kubuang Tigo Baleh. Pasar ini terletak berdekatan dengan nagari tetangga seperti Koto Anau dan Kinari. Asal kata Muara Panas bukan berarti pertemuan antara sungai laut tetapi pertemuan sungai-sungai kecil yang bertemu ke sungai yang besar. Dapat dikatakan Muara Panas pertemuan beberapa anak sungai dibawah kaki Gunung Talang yang menuju ke lembah Solok atau ke Danau Diatas.


Aktifitas para penjual dan pembeli ternak di Pasar Muara Panas Solok. Photo by : http://hariansinggalang.co.id/




Sekilas Sejarah Pasar Muara Panas Solok.


Menurut sejarah, Pasar Muara Panas Solok terbentuk dari prakarsa nenek moyang nagari pada tahun 1891. Pada waktu itu sebagai sentra ternak terutama sapi, kambing, dan kerbau untuk wilayah terbatas pada Solok dan sekitarnya. Pada waktu itu hanya tersedia lapak kayu dengan bentuk seadaanya. Pasar ini ramai pada hari Senen saja yang masyarakat lokal menyebutnya "Pakan Sinayen".

Dengan berjalannya waktu, Pasar Muara Panas Solok berkembang sebagai pusat perdagangan ternak yang cukup besar di kota Solok dan menjadi salah satu sentra pasokan ternak di Sumatera Barat. Tidak hanya pasar ternak tetapi juga pasar untuk kebutuhan rumah tangga juga tersedia. Tetapi prinsip Pasar Muara Panas Solok tetap mempertahankan tiap hari senen adalah hari pasar untuk semua aktifitas. Tetapi ada beberapa toko yang buka setiap hari seperti toko pertanian, toko kebutuhan sehari-hari {bahan pokok}, ataupun penjahit. Tidak banyak tetapi cukup membantu kebutuhan penting masyarakat sekitar.

Pemerintah Kabupaten Solok juga telah memberi bantuan untuk memperluas atau revitalisasi Pasar Muara Panas Solok lebih baik dan tertata lagi dengan menambah beberapa los atau beberapa lokasi dibuat menjadi lebih permanen. Bagi pencinta kuliner tradisional tersedia juga disini seperti aneka kue basah, sate Padang, martabak kampung, kue putu, ataupun jajanan lainnya. Pasar Muara Panas buka dari pagi sampe sore pada hari senen sepanjang tahun.


Demografi Pasar Muara Panas Solok

Pasar Muara Panas Solok terletak di nagari Kinari Bukit Sundi yang sangat strategis sekali jika dilihat dari tempat berdirinya. Posisi yang sangat tepat sekali dan tidak jauh dari beberapa nagari yang berdekatan. Pasar Muara Panas ini terdiri berbagai tempat berdagang mulai dari ternak, bahan pangan, serta beberapa kios yang digunakan untuk membuka toko oleh masyarakat untuk berniaga. Kondisi yang cukup tersebar dengan perkiraan luas pasar +/- 2 Ha yang siap menampung penjual dan pembeli dengan berbagai tujuan ekonomi. 


Fasilitas Penting Penunjang Pasar Muara Panas Solok

Sebagai pelaku ekonomi tentu membutuhkan fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk kelancaran transaksi yang terjadi di Pasar Muara Panas. Saya melihat dengan berjalannya waktu pasar ini cukup mendapat perhatian berbagai pihak terutama perbankan nasional dan lokal untuk bersinergi menciptakan suasana yang kondusif sehingga transaksi ekonomi dapat terjadi baik pada waktu pasar. 

Masalah transportasi juga tersedia di sekitar Pasar Muara Panas Solok seperti angkutan desa, ojek motor, bahkan mobil pick-up juga ada jika dibutuhkan ada disini. Transportasi ini sangat vital sekali untuk membawa atau bongkar muat beberapa hasil panen atau ternak yang akan dijual di lokasi pasar. 


Perhatian Pemerintah Kota Kabupaten Solok

Pemerintah Kabupaten Kota Solok selalu memonitor Pasar Muara Panas ini untuk meningkatkan kapasitas pasar menjadi lebih baik dan tertata. Ada beberapa lokasi pedagang yang akan dibenahi seperti tempat penjualan seperti penjualan daging segar yang akan menjadi perhatian pihak terkait. Kenapa demikian, karena dengan terbentuknya lokasi yang lebih represntatif akan terbentuk pengunjung pasar lebih banyak yang secara langsung akan meningkatkan gairah ekonomi masyarakat serta pemasukan kas daerah dari sewa yang akan dibayar oleh penyewa.


Lokasi Pasar Muara Panas Solok.

Alamat: Kinari, Bukit Sundi, Solok, Sumatera Barat 27381, Indonesia



Fungsi pasar ini juga ada peran serta pasar penunjang seperti ternak hewan kualitas yang juga berlokasi yang berdampingan dengan pasar utama. Kegiatan pasar yang sama dibuka setiap seminggu sekali pada hari senin [pakan sineyen sebutan orang lokal] saja menjadi tempat yang sangat khusus diseluruh nagari sekitar untuk membeli segala kebutuhan harian dan kebutuhan lainnya. Ibarat pasar yang harus dibuka tiap hari tetapi di Pasar Muara Panas Solok hanya buka tiap hari senen saja. Untuk tiap hari tidak semua kios yang buka hanya beberapa saja.

Kondisi pasar yang cukup banyak pengunjung ini anda juga bisa menemukan beraneka ragam macam kuliner khas daerah yang masih dapat dimenui seperti lapek bugih, onde-onde sipuluik, dsb. Surganya kuliner masakan Padang juga tersedia dengan aneka gulai, sambal lado hijau, aneka lauk-pauk, dst. Memang lengkap satu lokasi yang masih berbentuk pasar tradisional ini menyediakan segala kebutuhan dimulai dari rumah tangga sampai pebisnis lokal khusus hewan ternak.

No comments:

Post a Comment