Translate

Sunday, September 18, 2016

Cara Menyimpan Beras

Cara menyimpan beras agar tahan lama akan menjadi topik pada kesempatan ini. Beras merupakan bahan pangan yang awet dan mempunyai daya tahan lama jika kita bandingkan dengan bahan pokok lainnya. Ada beberapa pengaruh lingkungan sekitar yang tidak sehat mengakibatkan kondisi beras menjadi lemah. Kita harus mengetahui bahwa penyimpanan beras yang tidak cermat akan berdampak pada beras yang tidak awet, cepat berbau apek, serta tidak sehat untuk dikonsumsi.

Fokus kita pada penyimpanan beras yang sembarangan akan membuat beras cepat berjamur dan berkutu. Kedua efek ini akan mempengaruhi kualitas beras secara langsung akan mengurangi nilai gizi yang seharusnya kita dapat malah tidak ada sama sekali. Kutu apabila sudah berada di dalam beras akan mengeluarkan enzim yang super aktif untuk melakukan hidrolisis zat karbohidrat, protein, dan lemak yang ada pada beras serta mempercepat beras menjadi busuk.

Berikut ada beberapa tahapan yang dapat anda lakukan di rumah, tata cara menyimpan beras yang baik dan memiliki dayan tahan yang lama serta tetap mempunyai kualitas yang baik. Tentu tips ini berdasarkan rekomendasi dari beberapa ahli dan ibu rumah tangga yang telah menerapkan di rumah pada beras yang mereka beli. 

1. Lokasi tempat simpan harus kering, bersih, tidak berkarat, dan harus tertutup rapat. Kegunaannya adalah menjaga kestabilan beras untuk tidak mudah cepat lembab. Apabila kestabilan beras kurang seperti cepat lembab akan cepat berkutu dan berjamur.

2. Suhu kamar yang tetap stabil. Jangan terlalu dingin dan terlalu panas. Selalu pantau suhu ruangan tetap stabil.

3. Siapkan belimbing wuluh kering atau daun asam jawa kering, masukan bersamaan dengan beras yang berguna supaya serangga tidak menghinggapi beras. Karena serangga tidak menyukai bau dari salah satu bahan tadi. 


4. Pastikan umur beras yang anda beli mempunyai masa. Belilah beras sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan terlalu lama masa penyimpanan akan mengundang kutu yang akan merusak performa beras.

5. Belilah beras yang mempunyai kualitas baik dari penjual beras. Mempunyai daya tahan terhadap jamur serta kutu. Kualitas ini didapat dari beras yang sangat baru dari aroma beras.

6. Selalu menjaga kebersihan disekitar tempat menyimpan beras. Jauhkan dari semut, kecoak, ataupun serangga lainnya. Tidak banyak jamur dan kutu tetapi juga serangga lain.
    
Masa umur beras dengan kualitas baik rata-rata 3 bulan. Untuk masa ini kita harus menjada beras untuk tidak cepat berkutu dan berjamur dengan beberapa tips diatas. Memang sekarang umur beras tidak berumur antara enam bulan atau setahun, mudah-mudahan cara ini dapat menjawab pertanyaan supaya mendapatkan beras tetap prima dengan cara menyimpan beras yang baik dan benar.    
    

No comments:

Post a Comment