Translate

Monday, September 26, 2016

Tigo Lurah Solok

Tigo-Lurah-Solok merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Solok yang menjadi buah bibir di media sosial. Salah satu penghasil beras Solok berkualitas yang sangat baik mutunya juga mempunyai potensi alam yang cukup mumpuni. Memang lokasinya sebagian orang mengatakan sangat terisolir dan jauh dari keramaian kota termasuk akses keluar-masuk yang membutuhkan waktu dan tenaga. Tapi banyak orang tidak mengetahui dan menyadari begitu luar biasanya kemampuan yang akan tercipta jika dikelola secara baik dan benar.

Tugu Ayam Kukuak Balenggek Arosuka
    Poto oleh http:www.adekzaitul.co.vu/
Tigo-Lurah-Solok mempunyai lima nagari yaitu Batu Bajanjang, Rangkiang Luluih, Tanjung Balik Sumiso, Simanau, dan Garabak Data. Dengan dikelilingi oleh bukit barisan yang cukup hijau dan ketersedian air yang sangat berlimpah dari alam membuat hasil utama pertanian menjadi primadona pendapatan asli penduduk. Tetapi ada yang menarik dari Tigo-Lurah-Solok ini, mempunyai ayam asli yang sudah mulai diburu oleh para kolektor yaitu Ayam Kukuak Balenggek. Jenis ayam ini memang berasal dari Tigo Lurah Solok dan sudah banyak peminat dan dilirik serta ingin memiliki dengan niat untuk mengembangbiakan pelestarian Sangat unik dan menjadi ikon dari kota Kabupaten Solok Aro Suka dengan didirikannya Tuju Ayam Jantan Kukuak Balenggek.

Mayoritas pekerjaan penduduk Tigo-Lurah-Solok adalah seorang petani dan mendapat pengaliran air dari pegunungan yang sangat berlimpah. Kondisi tanah yang sangat subur menjadikan hasil buminya cukup baik kuliatasnya. Kecamatan Tigo Lurah Solok merupakan kecamatan yang terluas dari kecamatan lain yang ada di Kabupaten Solok.
   

Bagaimana cara ke Tigo Lurah Solok.


Menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Perjalanan dimulai dari nagari Sirukam kecamatan Payung Sekaki. Kondisi jalan  mayoritas digunakan oleh kendaraan berat proyek yang menambang biji besi. Tetapi perlu waspadai apabila mengunjungi Tigo Lurah Solok pada waktu musim hujan membutuhkan nyali yang besar dengan kondisi jalan yang penuh dengan kubangan dan kondisi jalan menantang nyali. Lama perjalanan ditempuh dengan waktu 2 jam dari nagari Sirukam ke nagari Rangkiang Luluih menuj Tigo Lurah. Perlu seorang guide penduduk lokal untuk dapat memandu perjalanan ini apabila anda pertama kali datang ke Tigo Lurah Solok.


Potensi Tigo Lurah Solok.


Selama ini banyak semua pihak menganggap Tigo Lurah merupakan salah satu daerah tertinggal dan masih perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Dengan geografis nagari yang cukup jauh dan membutuhkan waktu tempuh ini perlu studi yang lebih mendalam. Tetapi potensi alam yang ada di Tigo Lurah Solok ini sangat berpotensi untuk dikembangkan dan dapat mengangkat daerah ini dari daerah tertinggal menjadi daerah wisata. Kondisi alam yang masih alami dan mempunyai unggas asli Ayam Jantan Kukuak Balenggek dapat dikelola secara baik untuk membuka akses yang lebih baik.

Sebagai asal unggas yang sangat unik ini Tigo Lurah Solok dapat dijadikan destinasi wisata dan semua pihak bersinergi untuk membuat program khusus pengembangan, pelatihan, serta menjadi tempat pembibitan Ayam Kukuak Balenggek di lokasi ini. Inilah salah satu alternatif jawaban apabila pihak terkait berniat ingin meningkatkan potensi Tigo Lurah dan mengangkat daerah ini dari ketertinggalan. Semoga oretan tulisan ini dapat membuka cakrawala dan bermanfaat.

Sumber.
Wikipedia, Personal Blog, dan media sosial lainnya yang telah diolah. 



No comments:

Post a Comment