Translate

Friday, September 30, 2016

Rumah Gadang Nagari Kinari Solok

Rumah Gadang Nagari Kinari Solok. Tepatnya di Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok tidak jauh dari Pasar Muara Panas memiliki pesona rumah gadang yang masih dipertahankan sampai sekarang. Rumah Gadang berarti rumah tradisional yang dimiliki oleh suatu suku atau kaum yang menempati rumah tersebut sebagai simbol suatu keberadaan kumunitas berbentuk Rumah Bagonjong {Rumah Baanjuang} Rumah Gadang inilah sekarang masih dipertahankan oleh suatu kaum sebagai simbol kehormatan yang ada di Nagari Kinari masih mempertahankan adat Minangkabau. 


Pesona Alam Nagari Kinari Solok. Poto oleh. Instagram @b.yavril


Simbol Rumah Gadang Nagari Kinari Solok sudah berusia ratusan tahun dan masih dipertahankan sampai sekarang oleh kaum seperti di daerah kapalo koto yang masih berjejer dengan kuat dan gagah masih digunakan sebagai tempat tinggal. Material yang digunakan untuk membangun Rumah Gadang ini terbuat dari kayu mulai dari lantai, dinding, kuda-kuda, dan kasau. Kesatuan unsur yang dibangun ini saling menyangga sehingga membentuk kerangka rumah terkuatkan oleh pasak yang menguatkan dan sama sekali tidak menggunakan paku. Dengan bangganya mereka mempertahankan Rumah Gadang Nagari Kinari ini selalu mereka gunakan seperti semua prosesi adat dimulai dari tagak gala, prosesi adat Minang Kabau, pemberian gelar adat, dan lain sebagainya.

Rumah Gadang Nagari Kinari Solok dengan Rangkiang. Poto oleh : http://senimantitik.wordpress.com/


Penduduk asli Nagari Kinari Solok bekerja sebagai petani yang menggarap sawah dan ladang. Buktinya sampai sekarang masih ada Rumah Gadang mempunyai rangkiang didepannya sebagai tempat penyimpanan hasil panen di Nagari Kinari.



Rumah Adat Nagari Kinari Solok sudah berumur ratusan tahun ini berarti sudah ada pada zaman Kolonial Belanda. Rumah yang sangat kokoh ini dapat melaporkan peristiwa saksi sejarah perkembangan Nagari Kinari yang sekarang masih dapat dilihat dan sangat berpotensi menjadi wisata Rumah Adat. 

Keindahan alam Nagari Kinari tidak hanya pada Rumah Adatnya saja. Tersedia cukup air yang mengaliri sawah diseluruh nagari menjadikan daerah ini sangat subur dan salah satu penghasil beras Solok yang cukup mumpuni. Hasil panen yang cukup baik menjadikan sebagai daerah lumbung padi untuk kawasan Kabupaten Solok. Saya sudah sering mendatangi Nagari Kinari ini untuk melihat keindahan Rumah Adat yang sangat indah sekali dan potensi alam yang sangat natural.

Liputan Antara-Sumbar Nagari Kinari Solok.





No comments:

Post a Comment